10 Contoh Giveaway yang Menarik di Instagram, Dijamin Rame, Deh!

Gambar yang menunjukkan contoh giveaway menarik di Instagram, seperti giveaway produk, voucher belanja, atau hadiah lainnya.

Tidak sedikit contoh giveaway yang menarik di Instagram sebagai acuan ketika mengadakan event serupa untuk produkmu. Acara pemberian cuma-cuma untuk followers ini sangat efektif untuk kebutuhan membangun awareness publik. Terlebih untuk produk baru yang belum lama diluncurkan. Sedangkan untuk produk lama, bagus untuk branding dan membangun ikatan emosional dengan konsumen.


Apa yang Harus Dipersiapkan Ketika Mengadakan Giveaway?

Sebelum membahas tentang contoh giveaway di Instagram, poin yang lebih penting dulu adalah persiapan sebelum menggelar event tersebut. Ah, hanya acara bagi-bagi hadiah kenang-kenangan yang berkesan secara online, masa harus dirancang secara matang? Wajib! Supaya bukan hanya merchandise yang didapat yang diingat followers, tapi sensasi dari mengikuti acara itu sendiri.

1. Tentukan Tujuan Giveaway Dilakukan

Suatu tindakan tentunya tidak mungkin dilakukan tanpa tujuan, bukan? Begitu pula dengan berbagai contoh giveaway Instagram. Di balik penyelenggaraan acara yang sering dipandang sebelah mata ini, rupanya banyak tujuan yang bisa dicapai lewat pelaksanaannya:

  • Melakukan promosi (marketing) produk dengan biaya lebih terjangkau. Memanfaatkan Instagram, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya internet dan menyediakan gawai untuk memasarkan produk.
  • Meningkatkan brand awareness dan peluang kolaborasi, terutama bagi produk-produk baru. 
  • Mendapatkan insight demografi pasar, karena Instagram menyediakan informasi lengkap siapa yang berpartisipasi dalam giveaway tersebut sekaligus pemetaan latar belakang.
  • Melebarkan peminat, apalagi kalau kamu memilih cetak custom box yang tepat sebagai wadah giveaway dan juga kemasan produk. Sekaligus bisa meningkatkan loyalitas pelanggan, sih.

Baca juga: Jangan Main-Main, Ikuti Syarat Kemasan Produk Sebelum Jualan!

2. Bikin Aturan yang Jelas

Langkah persiapan kedua seperti berbagai contoh giveaway yang menarik di Instagram adalah membuat aturan yang jelas. Maksudnya, informasi lengkap tentang pelaksanaan giveaway tersebut yang mencakup:

  • Orang yang boleh berpartisipasi dan yang tidak.
  • Periode pelaksanaan.
  • Persyaratan mengikuti giveaway.
  • Prosedur pelaksanaan.
  • Hadiah yang didapatkan.

Hal-hal tersebut harus jelas dalam unggahan perihal giveaway supaya calon peserta semakin termotivasi untuk ikut. Juga memberikan keyakinan bahwa kamu tidak menggelar giveaway abal-abal. Sebab, percuma kalau cuma menggoda visual mereka melalui cetak gift box dan kemasan produk yang cantik kalau aturannya tidak jelas. Calon peserta akan malas duluan mengikutinya.

3. Jangan Lupa Siapin Juga Hadiahnya

Hadiah yang akan diberikan dalam giveaway menjadi prioritas utama dari sebatas kotak pembungkusnya. Gift box adalah elemen untuk membangkitkan ketertarikan peminat, namun bukan unsur utama yang pasti membuat mereka ikut serta dalam acara. Tetap, pertimbangan utamanya pasti hadiah apa yang bisa didapatkan. Contohnya, kamu memiliki produk kosmetik yang baru diluncurkan.

Kamu bisa memberikan sample produk, atau bahkan beberapa paket rangkaian kosmetik untuk followers. Tawaran yang sangat menggiurkan, khususnya bagi kaum hawa. Sempurnakan dengan cetak kemasan kosmetik yang cantik dan eye catching di Paperlicious untuk membuat semangat calon peserta berkobar. Tidak lupa kemasan pembungkus, baik paper bag maupun kotak hard box-nya.

4. Kamu Bisa Promosiin / Iklan Giveaway Kamu

Langkah terakhir persiapan ini adalah mempromosikan atau mengiklankan giveaway yang kamu gelar. Dari akun kamu, bisa membuat berbagai versi unggahan, mulai dari stories, feed, dan reels. Pastikan konten yang kamu buat untuk mempromosikan unik dan menarik. Tentu tidak ketinggalan disertai dengan caption yang bersifat call to action supaya followers bereaksi.

Selain itu, tidak ada salahnya meminta tolong kenalan, rekan kerja, dan keluarga untuk membuat skala jangkauan lebih luas. Inilah yang biasa dilakukan dari beragam contoh giveaway yang menarik di Instagram. Selain orang-orang di sekitar yang aktif menggunakan Instagram, menyebarkannya lewat platform sosial media lainnya juga efektif untuk memperluas skala peminat.

Ini Dia Contoh Giveaway yang Menarik di Instagram

Contoh giveaway Instagram biasanya mengandung unsur-unsur berikut:

Like, Comment, and Share

Pertama, ajak followers untuk memberikan tanda suka, meninggalkan komentar, serta membagikan postingan sebagai syarat mengikuti giveaway tersebut. Efek dari tindakan ini jika dilakukan beramai-ramai yang besar. Unggahanmu akan jadi top post di explore Instagram dan otomatis engagement dan insight mengalami peningkatan drastis. Promosi, spreading awareness, sekaligus branding sudah dijamin sukses.

Game TTS

Berikutnya, kamu bisa membuat game TTS yang pasti memancing nostalgia lama dan besar peminatnya. Usahakan soal dan jawaban dari permainan tersebut memiliki kaitan erat dengan produk atau merek kamu. Jadi, tidak hanya asah otak dan bersenang-senang, tapi sekaligus membuat followers yang ikut dalam game lebih mengenal produk dan merek kamu.

Bikin Konten Menarik Tentang Brand

Contoh giveaway yang menarik di Instagram lainnya yang menyertakan tantangan untuk membuat konten menarik perihal brand atau produk kamu. Memanfaatkan kreativitas pengguna sosial media dalam membuat konten-konten unik dan menarik, kamu bisa menarik lebih banyak peminat melalui karya partisipan. Namun, tetapkan aturan konten tidak boleh menyertakan hal-hal sensitif seperti SARA, ya.

Tebak Kata

Kalau mau game yang lebih simple tapi tetap seru, coba menggelar tebak kata. Jadi, hilangkan beberapa huruf dari kata tersebut dan berikan petunjuk bagi peserta. Tentunya, berkaitan erat dengan produk atau brand milik kamu. Sekalian menguji sejauh mana pengetahuan followers yang mengikuti giveaway tentang hal itu, bukan? Metode riset mudah.

Adu Pantun Antar Peserta

Berikutnya, kamu bisa menggelar adu pantun antar peserta. Selain memancing kreativitas dan perbendaharaan kata partisipan, adu pantun juga jarang dilakukan. Padahal, banyak sekali yang berbakat main pantun di luar sana tapi tidak mendapatkan wadah. Supaya tidak kacau, tentukan satu kata wajib dalam setiap pantun. Usahakan yang ada hubungan dengan produk.

Mention Teman Sebanyak-banyaknya

Unsur lainnya, kamu bisa menyertakan persyaratan untuk mention teman di sosial media peserta sebanyak mungkin. Hal ini bisa membuat orang yang semula tidak tahu tentang giveaway jadi mengetahuinya dan mungkin berminat juga bergabung sehingga bisa mention lebih banyak lagi orang. Keuntungan lainnya, menjadi ajang promosi gratis juga untuk merek kamu.

Jawab Pertanyaan Random

Apakah pertanyaan atau game harus selalu berkorelasi dengan produk? Jawabannya tidak, kalau kamu memang menginginkannya suasana yang lain agar tidak timbul kebosanan. Apalagi ketika kamu sudah cukup sering menggelar giveaway. Mencari suasana berbeda dengan melontarkan pertanyaan random, bisa menjadi alternatif supaya event bagi-bagi tidak membuat peserta merasa monoton dan membosankan.

Banyak bukan contoh giveaway yang menarik di Instagram? Mengimplementasikannya dalam giveaway yang kamu lakukan seperti mengerjakan TTS, menantang membuat konten menarik, dan adu pantun pasti akan membuat event-mu ramai peminat. Di sisi lain, bisa jadi ajang promosi yang efektif, murah, dan aman. Sosial media tidak pernah gagal dengan magic-nya, bukan?

Supaya giveaway atau event yang lain lancar, pastikan untuk memilih kemasan yang tepat. Baik itu soft box, hard box, maupun aneka tas – termasuk cetak paper bag. Di mana lagi kalau bukan Paperlicious? Percetakan custom termurah di Jakarta dengan jaminan kualitas terbaik. Hubungi layanan pelanggan dan melakukan pemesanan sekarang juga, yuk!

Write a comment