Buat Sendiri Aja! Simak Nih, 6 Cara Membuat Paper Bag!

6 cara membuat paper bag sendiri

Paper bag, sebagai opsi packaging, telah menjadi pilihan populer di pasaran. Dibuat dari kertas, fungsi utamanya adalah membungkus belanjaan, produk, atau menyajikan souvenir. Keunggulannya tidak hanya terletak pada praktisitas, tetapi juga pada aspeknya sebagai kemasan ramah lingkungan dan daur ulang. Menariknya, kreativitas pun dapat diterapkan dengan membuat paper bag sendiri, memberikan sentuhan personal pada setiap kemasan.

Bagaimana cara membuat paper bag? Apa saja bahan membuat paper bag yang harus disiapkan? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Baca Juga: Apa itu Paper Bag? Packaging Stylish yang Jadi Alternatif Plastik!

Berbagai Macam Model Paper Bag

Model paper bag dengan tulisan thank you

Sebelum kita membahas cara membuat paper bag, kamu perlu tahu bahwa model paper bag itu berbeda-beda. Biasanya, disesuaikan dengan tujuan pemakaiannya. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Paper Bag dengan Pegangan Tangan
    Desain klasik dengan pegangan tangan memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam membawa berbagai jenis barang belanjaan. Pegangan ini umumnya terbuat dari bahan yang kuat dan nyaman di genggaman.
  • Paper Bag Berlipat
    Model ini tidak hanya fungsional dalam membawa barang, tetapi juga praktis karena dapat dilipat setelah digunakan. Ini sangat cocok untuk konsumen yang menghargai kemudahan penyimpanan dan keberlanjutan.
  • Paper Bag Tanpa Pegangan
    Desain sederhana tanpa pegangan membuat paper bag ini ringan dan cocok untuk kemasan produk yang tidak terlalu berat. Kelebihannya terletak pada kesederhanaan dan kemudahan dalam penyimpanan.
  • Paper Bag dengan Jendela Transparan
    Dilengkapi dengan jendela transparan, model ini memungkinkan konsumen melihat sebagian isi di dalamnya. Ideal untuk produk makanan yang ingin menarik perhatian dengan tampilan yang menggiurkan.
  • Paper Bag Model Kotak
    Dengan bentuk persegi atau persegi panjang dan dasar datar, paper bag ini memberikan kesan formal dan profesional. Cocok untuk kemasan produk yang bernilai lebih tinggi.
  • Paper Bag dengan Resleting
    Model ini memberikan keamanan tambahan dengan adanya resleting, menjaga isinya tetap aman dan terlindungi. Ideal untuk penggunaan berulang dan produk yang memerlukan penutupan yang rapat.
  • Paper Bag Lipat Atas
    Dilengkapi dengan lipatan atas, memberikan sentuhan estetika pada desain dan juga memberikan keamanan tambahan pada isi paper bag. Cocok untuk produk yang memerlukan perhatian ekstra.
  • Paper Bag Dengan Handle Berbentuk Oval atau Bulat
    Handle dengan bentuk oval atau bulat memberikan tampilan yang unik dan ergonomis. Menambahkan elemen desain yang menarik sambil memastikan kenyamanan dalam penggunaan.
  • Paper Bag Berdesain Terbuka
    Tanpa penutup atas, model ini memungkinkan produk terpajang dengan jelas. Cocok untuk produk yang ingin menonjolkan visualnya dan memudahkan konsumen melihat isi paper bag.
  • Paper Bag dengan Cetak atau Desain Khusus
    Dengan cetakan logo, gambar, atau pesan khusus, paper bag ini menjadi sarana branding yang efektif. Menonjolkan identitas merek atau acara dengan cara yang kreatif dan menarik.

Dengan mengetahui model-model paper bag di atas, kamu bisa mendapatkan gambaran paper bag seperti apa yang ingin kamu buat.

Alat dan Bahan untuk Membuat Paper Bag 

Alat dan bahan untuk membuat paper bag

Cara membuat paper bag simple yang pertama adalah dengan menyiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan ini bisa kamu dapatkan di toko ATK terdekat, bisa juga dipesan secara online.

1. Kertas atau Karton Jenis Tertentu

Pertama, siapkan bahan paper bag. Bahan membuat paper bag yang paling banyak digunakan adalah brown kraft paper. Kertas ini memiliki warna cokelat alami yang bisa memberikan sentuhan alami pada hasil akhir paper bag yang dibuat. Tapi kalau kamu ingin tampilan yang lebih mewah, ada beberapa jenis karton atau kertas lain yang bisa kamu pilih seperti blues white, ivory atau kertas duplex.

Selain bahan utamanya, kamu juga perlu menyiapkan tali paper bag. Selain berguna sebagai pegangan untuk membawa paper bag, tali ini juga bisa menjadi elemen dekoratif dan memberikan kekuatan tambahan pada paper bag. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis tali mulai dari tali kertas, tali dari kain atau tali dari plastik.

2. Lem

Lem berguna untuk merekatkan kertas dari paper bag. Pilihlah lem yang cocok untuk bahan kertas (bisa menggunakan lem PVA atau lem stik). Oleskan lem secara merata ke bagian kertas yang akan direkatkan agar hasilnya kuat dan tahan lama.

3. Gunting

Untuk memudahkan kamu memotong pola paper bag, gunakan gunting yang tajam. Jika tidak ada gunting, kamu bisa memakai cutter

4. Cetakan atau Stensil

Sebenarnya, kamu bisa membuat sendiri desain paper bag sesuai dengan bentuk dan ukuran paper bag yang kamu inginkan. Tapi agar lebih mudah, kamu bisa memakai cetakan atau stensil. Cetakan ini akan memudahkan kamu menjaga konsistensi pola pada setiap paper bag yang dibuat. Ini sangat berguna, terutama jika jumlah paper bag yang akan dibuat cukup banyak.

5. Alat Tulis

Kamu akan membutuhkan alat tulis seperti pensil, penggaris dan penghapus untuk menggambar pola paper bag pada bahannya.

Disimak ya! 6 Cara Membuat Paper Bag ini!

Credit: Ria Official di YouTube [cara membuat paper bag]

Setelah kamu menyiapkan semua bahan, saatnya mulai membuat paper bag. Cara membuat paper bag berikut ini bisa membantumu menyelesaikan pembuatan paper bag-mu!

1. Persiapkan Pola di Atas Kertas

Mulailah langkah pembuatan dengan memilih pola paper bag. Tentukan ukuran dan bentuk yang kamu inginkan. Gambar pola pada permukaan kertas bahan dengan teliti untuk memastikan dimensi yang akurat, mempertimbangkan detail seperti lipatan dan ukuran pegangan.

2. Gunting Kertas Sesuai Pola

Pemotongan kertas adalah tahap kunci. Gunakan alat pemotong yang tepat atau gunting dengan presisi, pastikan tepi yang rapi, dan perhatikan detail seperti sudut-sudut untuk hasil yang bersih.

3. Lipat dan Rekatkan Sisi-sisi Kertas dengan Cermat

Setelah pemotongan kertas selesai dilakukan, langkah berikutnya adalah mulai membentuk kertas menjadi paper bag. Ikuti instruksi lipatan dengan teliti. Pastikan setiap lipatan dilakukan dengan presisi, dan rekatkan sisi-sisi kertas dengan rapat. Hal ini penting untuk kekokohan dan estetika paper bag.

4. Beri Lem pada Bagian Dasar Paper Bag

Oleskan lem pada bagian dasar sebelum menyatukan bagian-bagian. Pastikan pemakaian lem merata untuk mencegah kertas melipat atau terlepas. Keberhasilan tahap ini memberikan akan memberikan fondasi yang kuat pada paper bag buatanmu.

Pada bagian bawah paper bag, kamu bisa menambahkan karton dan mengelemnya agar dasar paper bag lebih kuat dan kokoh.

5. Hias Sesuai Kreativitasmu

Kalau kamu bosan dengan desain yang terlalu polos, kamu bisa menambahkan hiasan sesuai dengan kreativitasmu. Tambahkan dekorasi pada permukaan paper bag. Bisa menggunakan pita, pensil warna, stiker, stempel atau elemen dekoratif lainnya. Selain memberikan sentuhan unik dan personal, tambahan hiasan ini akan membuat tampilan paper bag jadi lebih menarik.

Lihat Produk: Wrapping Paper

6. Finishing Paper Bag

Inspeksi akhir sangat penting. Pastikan semua elemen terpasang dengan baik, periksa kekuatan keseluruhan tas untuk menanggung beban yang diantisipasi. Pastikan bahwa paper bag mencerminkan standar kualitas yang diinginkan sebelum digunakan atau didistribusikan.

Itu dia cara mudah membuat paper bag lengkap dengan bahan, alat dan langkah-langkah pembuatannya. Kalau kamu merasa membuat paper bag sendiri itu sulit dan merepotkan, kamu bisa menyerahkan prosesnya pada Paperlicious. Di Paperlicious, kamu bisa memilih sendiri desain dan bahan paper bag yang kamu inginkan. Hubungi kami sekarang juga untuk cetak paper bag!

Related Posts

Write a comment