Biar Makin Laku, Yuk Gunakan Kemasan Keripik Pisang yang Unik!

Biar Makin Laku, Yuk Gunakan Kemasan Keripik Pisang yang Unik!

Keripik pisang merupakan salah satu camilan yang disukai oleh semua orang. Selain rasanya yang enak, produk keripik pisang juga sangat mudah ditemukan. Ini tentu menjadi peluang dan tantangan tersendiri bagi kamu yang ingin berbisnis keripik pisang.

Salah satu cara untuk memenangkan hati konsumen adalah dengan membuat kemasan makanan atau packaging produk yang menarik. Apalagi saat ini banyak brand berlomba-lomba membuat kemasan keripik pisang menarik. Lantas, bagaimana cara membuat kemasan keripik pisang yang unik dan eye catching? Yuk, simak referensinya dalam artikel ini!

5 Material yang Cocok untuk Kemasan Keripik Pisang 

5 Material yang Cocok untuk Kemasan Keripik Pisang 

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan sebelum membuat kemasan keripik pisang adalah material apa yang akan kamu pakai. Seperti yang kita tahu, material packaging makanan unik itu tidak boleh sekadar cantik saja, tapi harus aman bagi kesehatan. Beberapa opsinya antara lain:

1. Plastik PP atau PET

Plastik jenis Polypropylene (PP) atau Polyethylene Terephthalate (PET) cocok untuk kemasan makanan karena aman, kuat, tembus cahaya rendah dan anti lembab. Contoh kemasannya seperti plastic zipper bag atau kemasan plastik seal yang umum digunakan. Kedua bahan ini juga sudah disetujui oleh FDA (BPOM Amerika) sebagai material yang aman untuk makanan.

Baca Juga: Bingung Sama Simbol di Kemasan Makanan? Ini Lho Artinya!

2. Kertas Karton Tebal

Jika PP dan PET dapat digunakan sebagai kemasan primer (yang bersentuhan langsung dengan produknya), bahan karton biasanya dipakai sebagai kemasan sekunder. Selain memudahkan untuk menyimpan beberapa item sekaligus, jenis bahan karton tebal ini akan memudahkan saat distribusi keripik pisang ke toko-toko atau ke reseller.

3. Kraft Paper

Kraft paper atau kertas coklat bisa digunakan untuk kemasan keripik pisang karena cukup kuat dan memberi kesan natural. Kertas kraft juga bisa menjadi opsi packaging makanan ramah lingkungan. Namun untuk penggunaan kraft paper sebagai kemasan primer, sebaiknya pilih yang bagian dalamnya sudah dilapisi dengan polietilena yang aman untuk makanan, ya!

4. Flexible Pouch 

Flexible pouch dari bahan plastik juga cocok untuk kemasan keripik karena ringan dan tidak mudah sobek. Flexible pouch juga mudah dibawa sehingga sangat praktis bagi konsumen. Kemampuan pouch untuk melindungi makanan dari cahaya, kelembaban, dan oksigen juga membantu memperpanjang umur simpan produk. Contoh kemasannya seperti standing pouch atau doypack.

Baca Juga: Mau Pakai Kemasan Serba Bisa? Yuk Coba Kemasan Fleksibel!

5. Toples Kaca

Toples kaca akan membuat produk keripikmu jadi terlihat lebih premium. Namun perlu tambahan plastik penutup untuk menjaga renyahnya keripik. Namun untuk proses distribusi, produk keripik pisang yang dikemas dengan toples kaca membutuhkan pelindung tambahan agar wadahnya tidak mudah pecah.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Pakai! Ini Dia Ukuran Toples Kue Kering!

4 Tips dalam Membuat Desain Kemasan Keripik Pisang

Untuk membuat desain kemasan keripik pisang yang menarik, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan antara lain:

1. Gunakan Warna dan Font yang Eye Catching

Pilih warna cerah yang mencolok dan font yang mudah dibaca untuk menarik perhatian konsumen di rak. Kombinasi yang menarik dapat menciptakan daya tarik visual yang kuat.

2. Sertakan Foto atau Ilustrasi Produk yang Menarik Selera

Gambarkan keripik pisang dengan gambar yang menggugah selera, menunjukkan tekstur dan warna produk. Ini membantu konsumen membayangkan rasanya sebelum membeli.

3. Sertakan Label Informasi Nilai Gizi 

Jelaskan kandungan nutrisi produk dengan jelas. Informasi nilai gizi membantu konsumen membuat keputusan yang lebih sadar terkait kesehatan dan diet mereka. Ingin mencetak stiker dan label produk dengan desain yang menarik dan material yang tahan lama? Kamu bisa menghubungi Paperlicious!

Baca Juga: Apa itu Label Produk? Kenali Fungsi Label Agar Tidak Tertukar!

4. Cantumkan Tanggal Kedaluwarsa

Pastikan mencantumkan tanggal kedaluwarsa dengan jelas untuk menjamin keamanan konsumen dan membangun kepercayaan terhadap kualitas produk kamu. Kamu bisa mencantumkan tanggal kedaluwarsa langsung di kemasan atau menuliskannya di stiker atau label kemasan.

5 Contoh Desain Kemasan Keripik Pisang yang Menarik

Jika kamu bingung memilih desain kemasan keripik pisang seperti apa yang cocok dengan produkmu, kamu bisa menggunakan beberapa contoh desain berikut ini sebagai referensi.

1. Flexible Pouch dengan Desain yang Lucu

Desain keripik pisang yang menarik: flexible pouch

Credit: Jessica Suwandi di Behance

Sebagai opsi camilan, keripik pisang identik dengan waktu santai. Kamu bisa mendesain kemasan dengan grafis yang lucu dan maskot yang menggemaskan seperti contoh di atas.

Kemasan keripik ini memiliki desain yang praktis dan fungsional. Dengan bentuk pouch fleksibel, kemasan ini ringan dan mudah dibawa. Fitur zip lock di bagian atas memudahkan konsumen untuk membuka dan menutup kemasan dengan mudah, menjaga kesegaran keripik. Desainnya memadukan kepraktisan dengan kemudahan penggunaan.

Sebagai opsi tambahan, kamu juga bisa membuat paper bag dengan desain serupa untuk konsumen yang ingin membeli dalam jumlah banyak. Gaya yang catchy ini bikin keripikmu cocok jadi oleh-oleh.

2. Flexible Pouch dengan Warna Hitam dan Kuning yang Klasik

Desain keripik pisang yang menarik: flexible pouch hitam kuning yang klasik

Credit: Basamo Studios di Behance

Buah pisang identik dengan warna hitam dan putih. Kedua warna ini juga kerap jadi pilihan para produsen saat akan membuat kemasan. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama – tentu saja dengan pendekatan yang berbeda.

Kemasan keripik pisang ini misalnya, menampilkan kombinasi warna kuning dan hitam yang mencolok, menciptakan identitas visual yang kuat dengan buah pisang. Desainnya memancarkan kesan segar dan ceria, sementara warna hitam menonjolkan elemen elegan. Dengan menggunakan pouch fleksibel, kemasan ini memadukan daya tarik visual dengan kepraktisan dalam penyimpanan.

3. Keripik Pisang dengan Kemasan Kotak

Desain keripik pisang yang menarik: kemasan kotak

Credit: Juceli Cavalcante di Behance

Meskipun karton biasanya hanya dijadikan kemasan sekunder, tapi bukan berarti kamu tidak bisa berkreasi dengannya. Kemasan keripik pisang ini menarik perhatian dengan bentuk kotak berwarna kuning yang ceria. Gambar monyet menambah sentuhan lucu dan menggemaskan, menciptakan keterkaitan dengan asal-usul buah pisang. 

Jendela transparan di permukaan kotak memberikan konsumen kesempatan untuk melihat isi keripik, meningkatkan daya tarik visual dan kejelasan produk. Desain ini menyatukan elemen praktis dan estetika yang menyenangkan. Gunakan kemasan plastik transparan sebagai packaging primer di dalam agar produk tidak langsung kontak dengan kemasan kotaknya.

4. Kemasan Keripik Pisang dari Toples Kaca yang Mewah

Desain keripik pisang yang menarik: toples kaca yang mewah

Credit: Image Creator dari Microsoft Bing

Kemasan keripik pisang ini memberikan sentuhan klasik dan mewah dengan toples kaca, menampilkan kesan tradisional. Tutup kaleng menambah daya tahan dan menjaga kesegaran. Dengan tulisan sederhana “banana chips” di permukaannya, desainnya simpel dan langsung, menonjolkan keaslian produk. Kemasan ini menggabungkan elemen estetika dan fungsionalitas yang timeless.

5. Kemasan Keripik Pisang Berupa Standing Pouch Transparan

Desain keripik pisang yang menarik: standing pouch transparan

Credit: Nastya Lukina di Behance

Kemasan keripik pisang ini mengusung gaya yang modern dengan standing pouch transparan, memungkinkan konsumen melihat produk secara langsung. Informasi produk dan merek disampaikan melalui stiker-stiker unik dan lucu yang ditempelkan di permukaan pouch, memberikan sentuhan kreatif dan ceria. Desainnya memadukan kejelasan produk dengan elemen hiburan, menciptakan kemasan yang menarik dan unik.

Baca Juga: Bingung Vinyl atau Chromo? Yuk, Pilih Bahan Stikermu!

Itu dia berbagai inspirasi desain kemasan keripik pisang yang menarik dan bisa kamu tiru. Temukan keindahan dalam setiap kemasan bersama Paperlicious. Dengan jasa cetak packaging kami, buatlah produk kamu tampil menonjol dengan pouch, paper bag hingga flexible packaging berkualitas tinggi!

Write a comment