Masih Bingung Sama Baby Shower? Yuk Cek Tips Persiapannya!

Masih Bingung Sama Baby Shower? Yuk Cek Tips Persiapannya!

Kelahiran si kecil adalah sesuatu yang membahagiakan. Berbagai hal selalu berusaha dipersiapkan oleh para calon orang tua dan orang di sekitar mereka untuk menyambutnya. Salah satu momen penting yang banyak dirayakan saat ini adalah baby shower.

Seperti bridal shower, konsep baby shower sendiri sebenarnya berakar dari budaya barat. Namun, semakin banyak orang tua modern yang melaksanakannya untuk berbagi kebahagiaan. Bagi kamu yang tertarik atau berencana ingin mengadakan baby shower, simak tuntas dulu pengertian baby shower dan cara persiapannya dalam artikel ini.

Apa itu Perayaan Baby Shower?

Perayaan baby shower

Baby shower adalah acara perayaan yang diadakan sebelum kelahiran bayi, biasanya beberapa minggu atau bulan sebelumnya. Acara ini bertujuan untuk merayakan kedatangan anggota keluarga baru dengan mengumpulkan teman, keluarga, dan kerabat untuk memberikan hadiah, makanan, dan dukungan kepada calon orang tua. 

Dalam acara ini biasanya terdapat games baby shower dan aktivitas lain yang menyenangkan serta dekorasi yang menggemaskan sesuai tema bayi untuk menciptakan suasana yang meriah dan hangat.

Tradisi baby shower awalnya hanya diadakan untuk merayakan kehamilan anak pertama dan dihadiri oleh para wanita. Tujuannya adalah untuk merayakan peran baru yang akan dijalani oleh calon ibu, sambil berbagi pengalaman, pengetahuan, dan wejangan tentang menjadi seorang ibu kepada tamu yang diundang. Seiring dengan berjalannya waktu, para tamu pria juga kemudian diperkenankan untuk hadir di acara ini.

Apakah Baby Shower Sama dengan Acara 4 atau 7 Bulanan?

Apakah baby shower sama dengan acara 4 atau 7 bulanan

Meskipun baby shower aslinya berasal dari luar negeri, di Indonesia kita juga memiliki perayaan yang mirip. Tujuannya sama-sama untuk menyambut kelahiran anggota keluarga baru. Biasanya, acara ini disebut dengan 4 bulanan dan 7 bulanan. Ini adalah budaya yang asli berasal dari negeri kita.

Di Indonesia dan dalam agama Islam, acara syukuran empat bulanan menandai periode pemberian ruh kepada janin. Acara ini melibatkan pembacaan doa untuk ibu hamil dan janin, memohon kesehatan dan perlindungan dari hal-hal buruk.

Berbeda dengan baby shower, acara empat bulanan diselenggarakan oleh keluarga dekat. Biasanya diadakan di rumah dan mengundang keluarga besar, teman, serta tetangga untuk merayakan pemberian ruh kepada janin. Lalu bagaimana dengan acara 7 bulanan?

Acara 7 bulanan, atau yang dikenal sebagai mitoni, adalah tradisi budaya Jawa. Ini merupakan upacara selamatan tradisional yang dilakukan untuk bayi yang masih dalam kandungan ibu hamil selama tujuh bulan.

Mitoni adalah upacara tradisional selamatan bagi bayi dalam kandungan selama tujuh bulan. Mitoni berasal dari kata ‘am’ dan ‘pitu’, yang artinya tujuh dalam bahasa Jawa. Ini juga dianggap sebagai bagian dari serangkaian upacara siklus hidup.

Sama seperti empat bulanan, acara tujuh bulanan juga diselenggarakan oleh keluarga dekat sebagai bentuk dukungan dan doa bagi calon ibu dan bayinya. Acara ini melibatkan beberapa tahapan, seperti sungkeman, siraman, memecahkan telur, memutus janur sampai acara potong tumpeng.

Meskipun sekilas mirip, namun pada dasarnya acara baby shower dengan 4 bulanan atau 7 bulanan itu memiliki makna filosofis dan aspek yang berbeda. Kalau ingin melaksanakan kedua-duanya, kenapa tidak?

5 Tips Mempersiapkan Acara Baby Shower

Tips persiapan acara baby shower

Selain tradisi 4 bulanan dan 7 bulanan, baby shower juga bisa menjadi pilihan acara perayaan yang manis untuk menyambut kehadiran anggota keluarga baru. Dalam acara ini, kamu juga bisa memberikan kesempatan pada keluarga besar untuk ikut mempersiapkan kelahiran mulai dari memberikan hadiah seperti pakaian sampai persiapan lainnya untuk ibu yang akan bersalin. Ada beberapa tips yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menggelar acara ini. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

1. Tentukan Budget Acara Baby Shower

Ketika merencanakan acara baby shower, penting untuk menetapkan anggaran yang sesuai. Hindari boros karena masih ada kebutuhan lain yang perlu dipertimbangkan. Jika jumlah tamu undangan sedikit, kamu bisa mengalokasikan dananya dengan menghabiskan lebih banyak untuk dekorasi, makanan, dan detail lainnya. 

Namun, jika tamu undangan lebih banyak, perlu memperhitungkan pengeluaran secara bijaksana dan fokus pada aspek-aspek yang paling penting. Fleksibilitas dalam mengatur anggaran akan membantu kamu menyelenggarakan acara yang menyenangkan tanpa melebihi batas yang telah ditentukan.

2. Tentukan Waktu, Tempat, dan Tamu yang Akan Diundang

Tips berikutnya yang tidak kalah penting untuk dipikirkan adalah menentukan waktu yang cocok, lokasi yang nyaman, dan daftar tamu yang akan diundang untuk acara baby shower. Pilih tanggal yang sesuai dengan jadwal calon ibu, serta tempat yang sesuai dengan jumlah tamu dan suasana yang diinginkan. 

Acara ini sebaiknya tidak diadakan terlalu dekat dengan waktu kelahiran. Idealnya adalah sekitar bulan ke-7 kehamilan. Di waktu ini, kehamilan sudah terbilang stabil namun calon ibu masih cukup leluasa untuk beraktivitas. Calon orang tua juga masih bisa memikirkan barang-barang apa saja yang perlu dipersiapkan untuk kelahiran sembari mengatur bujet dan waktu acara.

3. Buat Rundown Acara

Meskipun acara ini mungkin hanya melibatkan orang-orang terdekat atau jumlah tamu yang sedikit, kamu juga perlu menyiapkan rundown acara. Membuat rundown acara baby shower penting untuk memastikan bahwa semua elemen acara, seperti games, makanan, dan aktivitas, berjalan lancar dan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Ini membantu mengatur urutan kegiatan sehingga tamu dapat menikmati acara secara menyeluruh dan calon orang tua tetap nyaman dengan perayaan yang ada.

4. Persiapkan Dekorasi, Games, dan Makanan yang Sesuai dengan Tema Baby Shower

Memilih tema yang tepat untuk baby shower sangat penting agar acara terasa koheren. Tema yang dipilih akan mempengaruhi dekorasi, games, makanan, dan aktivitas lain agar sesuai satu sama lain. Hal ini menciptakan pengalaman menyenangkan dan berkesan bagi tamu serta calon orang tua. Beberapa contoh persiapannya:

  • Games. Persiapkan berbagai permainan seru sesuai dengan tema yang dipilih. Beberapa diantaranya seperti “Tebak Foto Bayi”, “Tebak Lagu” atau “Tebak Harga Peralatan Bayi” untuk menghibur tamu.
  • Dekorasi. Hias lokasi baby shower dengan dekorasi kreatif sesuai tema, misalnya balon, bunga, dan banner berwarna-warni ceria untuk tema warna-warni. Dekorasi yang rapi dan menarik akan mempercantik suasana.
  • Aktivitas Kreatif. Ajak tamu untuk membuat souvenir DIY, seperti seperti bandana atau kaos kaki bayi sebagai kenang-kenangan. Aktivitas ini akan melibatkan tamu sekaligus memberikan hadiah unik buatan sendiri.
  • Makanan Tematik. Sajikan makanan ringan yang sesuai tema seperti cupcakes dengan hiasan bayi, marshmallow stroller pops, atau cookies bertema bayi untuk menambah keseruan acara. 

6. Siapkan Goodie Bag Sebagai Tanda Terima Kasih

Siapkan goodie bag yang berisi berbagai macam hadiah kecil atau pernak-pernik lucu sebagai tanda terima kasih kepada tamu yang hadir. Isi goodie bag atau hampers dapat berupa cokelat, permen, atau souvenir kecil lainnya yang sesuai dengan tema baby shower. Hal ini tidak hanya menunjukkan apresiasi kepada tamu, tetapi juga membuat mereka merasa spesial dan diingatkan akan momen yang menyenangkan bersama calon ibu.

Baca Juga: Jangan Buang Kardus Bekas! Yuk Manfaatkan Jadi Hampers Box!

Agar tampilan souvenir semakin menarik, kemas dengan menggunakan jasa cetak paper bag dari Paperlicious. Sertakan juga stiker cantik dan hias dengan pita. Acara yang menyenangkan dipadu dengan souvenir yang berkesan akan membuat acara baby shower-mu jadi momen yang tidak terlupakan. Tak hanya untukmu sebagai calon orang tua, tapi juga bagi seluruh tamu yang datang.

Write a comment