Souvenir dan merchandise menjadi istilah yang sudah sering Anda dengar. Meski begitu, banyak orang yang tidak paham perbedaan souvenir dan merchandise. Padahal, keduanya mempunyai perbedaan dalam banyak hal, lho!
Biar Anda bisa mengetahui perbedaan di antara keduanya, simak penjelasannya sebagai berikut, yuk!
Sering Dilihat di Pernikahan, Ini Dia Souvenir!
Anda sering menjumpai ide souvenir pernikahan yang berupa kipas, mug, ataupun maupun sendok dan garpu unik. Kesamaan semua jenis benda tersebut ada satu, yakni sama-sama Anda dapatkan dalam momen khusus, dalam hal ini pernikahan.
Souvenir sendiri merupakan jenis benda atau produk yang hanya bisa Anda dapatkan ataupun beli saat berada pada sebuah momen atau lingkungan tertentu. Selain souvenir pernikahan, Anda bisa pula menjumpai souvenir khas daerah tertentu yang kerap menjadi oleh-oleh.
Biasanya Didapat Ketika Event? Apa Itu Merchandise?
Sementara itu, merchandise merupakan benda yang biasanya Anda dapatkan secara cuma-cuma pada sebuah event. Keberadaannya kerap berkaitan erat dengan aktivitas promosi yang dilakukan oleh pihak tertentu.
Anda bisa menjumpai berbagai jenis benda yang bisa digunakan untuk merchandise, seperti baju, aksesori, kalender, alat tulis, dan banyak lagi yang lain. Biasanya, Anda akan menjumpai adanya logo, nama merek, atau pesan khusus di dalamnya. .
Perbedaan Utama dari Souvenir dan Merchandise
Setelah mengetahui definisi dari souvenir merchandise, lalu apa saja perbedaan di antara keduanya? Beberapa faktor yang membuat beda souvenir dan merchandise di antaranya adalah:
1. Fungsi dan Penggunaannya
Perbedaan souvenir dan merchandise yang pertama terletak pada fungsinya. Merchandise merupakan jenis barang yang digunakan untuk keperluan promosi. Pemakaiannya pun berkaitan erat dengan upaya sebuah perusahaan dalam mengenalkan brand dan menciptakan brand image.
Lain halnya dengan souvenir. Keberadaan souvenir mempunyai fungsi sebagai pengingat atau kenang-kenangan akan momen tertentu. Oleh karena itu, souvenir kerap memiliki desain yang bersifat personal sehingga memudahkan seseorang untuk mengingat kenangan tertentu.
Oleh karena itu, Anda bakal menjumpai kalau ide souvenir perpisahan bakal beda jika dibandingkan ketika mencari ide merchandise promosi. Hal ini tidak lepas dari perbedaan fungsi yang melekat pada keduanya.
2. Apa Tujuan Pembuatannya?
Selanjutnya, Anda juga dapat mengenal beda souvenir dan merchandise pada tujuan pembuatannya. Merchandise dibuat dengan tujuan untuk mengenalkan brand dari sebuah perusahaan secara luas, khususnya ditujukan pada target pasar yang potensial.
Pembuatan merchandise juga mempunyai tujuan lain berupa menarik perhatian konsumen. Harapannya, agar perusahaan dapat mempertahankan pelanggan untuk tetap setia menggunakan produknya. Di waktu yang sama, keberadaan merchandise tersebut juga bisa menjadi nilai plus produk dibanding kompetitor.
Sementara itu, tujuan dari pembuatan souvenir adalah sebagai representasi sesuatu. Misalnya, Anda mencari ide souvenir kantor, maka jenis barang yang dipilih adalah benda yang merepresentasikan situasi di dalam kantor. Dengan begitu, orang yang menerimanya bakal lebih mudah mengingat kenangan saat di kantor.
Biar tujuannya dapat tercapai, Anda perlu membuat souvenir dan merchandise dengan tampilan yang bagus dan terbuat dari bahan berkualitas. Anda bisa mendapatkannya dalam berbagai desain dan bentuk dengan menggunakan layanan dari Paperlicious.
Paperlicious menyediakan layanan cetak merchandise dan souvenir secara custom sesuai kebutuhan. Anda pun dapat menentukan pilihan jenis bahan dan desain sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
Baca juga: Mau Kumpul dengan Orang Kantor? Yuk Coba Gathering Kantor!
3. Isi dan Perwujudan Barangnya
Anda juga bakal menjumpai beda souvenir dan merchandise pada wujud barang keduanya. Souvenir mempunyai sentuhan personal serta keunikan di dalamnya. Contohnya, pemilihan souvenir perpisahan sekolah berupa buku kenangan ataupun souvenir khas Jepang seperti kimono, yukata, atau boneka daruma.
Sementara itu, merchandise kerap Anda temukan memiliki pilihan barang yang sifatnya umum tanpa ada ciri khas atau kekhususan di dalamnya. Beberapa jenis barang yang kerap digunakan untuk merchandise di antaranya adalah bolpoin, tote bag, atau gantungan kunci.
4. Nilai Ekonomi dari Barang yang Diberikan
Faktor pembeda berikutnya bisa pula dilihat dari nilai ekonomi pada barang yang dipilih. Souvenir umumnya mempunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan merchandise. Oleh karena itu, pembuatan souvenir biasanya dilakukan dengan jumlah lebih sedikit dibandingkan merchandise.
5. Target Audience yang Dicapai
Perbedaan souvenir dan merchandise yang terakhir adalah dari target audiens. Souvenir memiliki target audiens yang terbatas. Misalnya, souvenir pernikahan ditujukan hanya untuk tamu undangan.
Lain halnya dengan merchandise. Pembagian merchandise biasanya mempunyai lingkup yang jauh lebih luas. Hal tersebut pun selaras dengan tujuan dari pembuatan merchandise yang berkaitan dengan branding bisnis perusahaan.
Nah, sekarang Anda sudah mengetahui faktor yang menjadi perbedaan antara souvenir dan merchandise, kan? Meskipun keduanya mirip, tetapi ada beberapa hal yang membedakannya. Jangan salah lagi, ya!