Bukan Cuma Hadiah, Ini Fungsi PR Package untuk Promosi Brand!

Bukan Cuma Hadiah, Ini Fungsi PR Package untuk Promosi Brand!

Kalau kamu mengikuti selebgram atau influencer di media sosial, kamu mungkin pernah memerhatikan mereka mendapatkan kiriman hadiah berupa produk dari sebuah brand. Sekilas, itu mungkin sering dipahami sebagai endorse. Tapi, ternyata kiriman itu tidak selalu ditujukan untuk kerja sama melainkan hanya pemberian biasa. Hadiah seperti ini bisa saja merupakan bagian dari PR package

Pengiriman PR package box biasanya akan semakin sering kita saksikan ketika momen-momen perayaan hari besar seperti Imlek, hari kasih sayang, atau event yang diselenggarakan oleh brand terkait. Biasanya kita menyebut kiriman itu sebagai hampers. Isinya pun bermacam-macam, tergantung tema perayaan atau event-nya.

Meski sekilas terlihat seperti hadiah biasa, PR package ternyata memiliki fungsi dan tujuan lain.
Mau tahu? Yuk, kita bahas selengkapnya dalam artikel ini!

Apa yang Dimaksud dengan PR Package?

Apa itu pr package?

PR package adalah istilah yang sudah tidak asing bagi para influencer marketer. Dengan semakin banyaknya brand yang menggunakan jasa influencer untuk promosi, PR package pun menjadi semakin populer. Apa sebenarnya PR package ini?

PR package adalah singkatan dari public relation package. Ini merupakan kotak berisi hadiah atau perlengkapan yang dikurasi dengan cermat kemudian dikirimkan kepada influencer. Tujuannya adalah untuk menciptakan asosiasi brand yang positif sekaligus menghasilkan eksposur bagi brand yang mengirimkannya.

PR package biasanya berisi produk pilihan atau layanan yang disediakan oleh brand pengirimnya. Dilengkapi dengan materi promosi tambahan dan sentuhan yang personal bagi si penerima.

Tujuan dan Fungsi PR Package

2 tujuan dan fungsi pr package

Lebih dari sekadar hadiah, PR package dibuat dengan fungsi dan tujuan tersendiri. Tujuan ini tidak hanya bermanfaat bagi influencer yang menerimanya, tapi juga bagi brand yang mengirimkannya.

1. Manfaat PR Package bagi Influencer yang Menerimanya

Bagi influencer, menerima PR package yang dirancang dengan baik tidak hanya menarik tapi juga memberikan mereka bahan konten yang bisa dibagikan kepada audiens mereka. Ini juga memungkinkan mereka memberikan feedback dan rekomendasi yang autentik dan informatif.

Tak hanya itu, PR package biasanya disertai dengan item yang eksklusif atau produk edisi terbatas. Ini akan membuat influencer tersebut merasakan eksklusivitas yang dapat diinformasikan kepada followers-nya.

2. Manfaat PR Package bagi Perusahaan yang Mengirimkannya

Bagi brand dan perusahaan, PR package adalah alat pemasaran yang strategis yang bisa membantu menjangkau audiens yang lebih luas secara lebih efektif. Dengan memilih influencer yang tepat dan kredibel, PR package dapat membantu meningkatkan brand awareness, eksposur merek dan mendorong engagement lewat konten yang dibuat oleh influencer.

Sifat PR package yang dipersonalisasi akan memperkuat hubungan antara brand dengan influencer. Ini dapat dijadikan cara untuk membangun hubungan dan kolaborasi jangka panjang yang tentu akan saling menguntungkan satu sama lain.

Aspek-aspek Penting dalam Pembuatan PR Package

3 aspek penting dalam pr package

PR package didesain dengan cermat dan dikurasi dengan baik untuk menciptakan impresi bagi influencer dan followers-nya. Semua item yang disertakan di dalamnya bertujuan untuk mempromosikan brand sekaligus membangun hubungan yang kuat dengan influencer dan audiens mereka. Hubungan ini secara tidak langsung akan ‘menggiring’ pengikut sang influencer untuk menjadi pengikut brand yang mengirimkan PR package.

Ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam mendesain PR package. Apa saja?

1. Desain Kemasan yang Mengundang Antisipasi

Kemasan yang dibuat dengan cermat, dipadukan dengan elemen yang dipersonalisasi akan membangun antisipasi dan rasa penasaran dari influencer yang menerimanya. Rasa penasaran dan antisipasi ini akan mendorong mereka berbagi pengalaman membuka kotaknya dengan audiens mereka. Secara umum, ada beberapa alasan mengapa PR package adalah aspek yang penting:

  • Impresi. Kemasan adalah hal yang pertama kali akan dilihat oleh penerima PR package. Desain yang menarik dan profesional akan memberikan kesan positif dan terasosiasi dengan brand pengirim.
  • Branding. Kemasan adalah ekstensi dari identitas brand. Desain, warna dan elemen-elemen pada kemasan harus konsisten dengan citra brand agar bisa membangun dan memperkuat brand recognition.
  • Memberikan nilai tambah. Kemasan yang kreatif dan eksklusif bisa meningkatkan persepsi terhadap nilai produk. Ini bisa menciptakan rasa eksklusivitas dan keistimewaan yang berpengaruh pada persepsi audiens terhadap kualitas produk.

Baca Juga: Yuk, Gunakan Packaging Makanan Unik Biar Orderan Makin Naik!

2. Menampilkan Produk atau Layanan dengan Cara Terbaik

Dengan memberikan pilihan penawaran yang komprehensif kepada influencer, bisnis bisa memastikan bahwa influencer tersebut punya pemahaman holistik tentang nilai atau value dari brand mereka. Hal ini akan membantu influencer mengkomunikasikan nilai jual yang unik tersebut kepada audiensnya dengan cara yang autentik dan efektif.

Cara packing paket yang baik dan benar juga penting agar produk sampai dengan penampilan prima. Gunakan bahan kemasan yang kuat dan rapi, serta lindungi produk dengan pelindung tambahan jika perlu. Jangan lupa sertakan informasi identitas pengirim dan penerima dengan jelas. Dengan begitu, pr package yang kamu kirim akan sampai dalam kondisi terbaik.

3. Membangun Hubungan yang Baik antara Brand dengan Influencer

Melalui proses pengemasan yang dipersonalisasi dan disesuaikan dengan masing-masing influencer, brand menunjukkan apresiasi dan komitmen mereka kepada influencer yang menerimanya. Sikap ini lebih dari sekadar kolaborasi yang sifatnya transaksional. Ini adalah cara yang ampuh untuk membangun landasan kepercayaan, kesetiaan dan saling menghormati satu sama lain.

Apa Saja Konten dalam PR Package?

6 jenis konten atau barang dalam pr package

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan PR package untuk menjalin kerja sama dengan para influencer, ada beberapa konten yang bisa disertakan. Apa saja?

1. Produk Utama

Produk yang ingin dipromosikan tentu harus jadi bagian utama dari PR package. Kamu bisa memilih satu atau beberapa item yang kamu anggap bisa menarik minat audiens.

2. Sampel Produk Tambahan

Kamu bisa memasukkan beberapa produk tambahan atau varian untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dan lebih lengkap bagi penerima PR package.

3. Materi Promosi

Untuk memudahkan influencer dalam memahami produkmu dan mengkomunikasikannya dengan audiens, jangan lupa sertakan materi promosi berupa leaflet, brosur atau pamflet yang menjelaskan mengenai manfaat, fitur, cara pemakaian dan nilai tambah produk.

Lihat Produk: Cetak Stiker dan Label

4. Media Kit

Media kit mencakup informasi pers, daftar harga, bahan foto dan beragam konten lain yang akan memudahkan influencer untuk menulis atau membicarakan produkmu.

5. Diskon atau Kupon

Jika kamu sedang mengadakan promo khusus atau diskon terbatas, jangan lupa untuk menyertakannya dalam PR package box yang kamu kirimkan. Ini akan mendorong penerima PR package untuk mencoba dan memberikan feed back pada brand-mu.

6. Gimmick atau Merchandise

Untuk membuat PR package-mu jadi lebih menarik, jangan lupa tambahkan beragam gimmick pendukung mulai dari t-shirt, pin, mug, hand tag, stiker, kartu ucapan, tumbler atau merchandise kecil lainnya yang bisa meningkatkan daya tarik PR package yang kamu buat.

PR package adalah salah satu opsi pemasaran yang semakin banyak digunakan saat ini. Terlebih bagi brand yang sedang giat-giatnya melakukan kegiatan pemasaran lewat bantuan influencer. Ingin membuat PR package yang menarik dan berkesan? Paperlicious sebagai penyedia jasa pembuatan hardbox untuk berbagai kebutuhan termasuk PR package box. Hubungi Paperlicious sekarang juga untuk mencari tahu layanan lengkap yang kamu sediakan!

Write a comment