Wajib Tahu! Ini Dia Contoh Seserahan Pernikahan Updated [2024]

Wajib Tahu! Ini Dia Contoh Seserahan Pernikahan Updated [2024]

Bagi kamu yang berencana menikah dalam waktu dekat, ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan. Selain menyewa gedung dan memilih wedding organizer, perlengkapan seserahan juga perlu dipilih dengan baik. Pasalnya, seserahan merupakan bagian penting dalam pernikahan yang menjadi simbol tanggung jawab calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita.

Lalu, isi seserahan pernikahan apa saja? Biasanya berupa keperluan dari calon mempelai wanita termasuk pakaian dan kosmetik. Biasanya, ini akan dibawa dan diserahkan oleh keluarga calon mempelai pria saat acara lamaran dan pernikahan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih jauh tentang barang seserahan dan contoh seserahan pernikahan yang bisa kamu pertimbangkan. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Apa itu Seserahan Pernikahan? Apa Perbedaan Seserahan dan Hantaran?

Apa itu seserahan pernikahan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), seserahan berasal dari kata ‘antaran’ yang merujuk pada uang pemberian dari pihak laki-laki. Secara etimologi, seserahan berasal dari kata “serah” yang berarti menyerahkan, ditambah imbuhan “-an”, menjadi seserahan, yang umumnya diserahkan menjelang akad pernikahan.

Secara umum, seserahan merupakan hadiah dari pihak laki-laki kepada perempuan, melambangkan kesanggupan dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan mempelai wanita. Seserahan juga simbol kesejahteraan bagi kedua mempelai di masa depan.

Selain istilah seserahan, kamu juga mungkin pernah mendengar hantaran. Lalu, apa beda antara seserahan dengan hantaran? Hantaran merupakan istilah seserahan yang lebih umum digunakan di negara jiran, Malaysia. Makna dan maksud pemberiannya sama saja, yakni sebagai tanda terima kasih atas restu pernikahan yang diberikan oleh pihak calon mempelai wanita.

Tips untuk Memilih Seserahan Pernikahan 

5 tips untuk memilih seserahan pernikahan

Sebelum membuat daftar barang seserahan pernikahan yang kamu butuhkan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pasalnya, budaya di negara kita cenderung berbeda-beda. Memahami adat dan tradisi calon pasangan akan membantumu memilih seserahan yang cocok. Simak tipsnya berikut ini!

1. Pahami Tradisi dan Adat Lokal Calon Pasangan

Sebelum memilih seserahan pernikahan, penting untuk memahami tradisi dan adat lokal calon pasangan. Kenali norma dan kebiasaan dalam komunitas mereka, seperti kain batik dan suruh ayu dalam adat Jawa, atau aneka kueh/buah dalam adat Sunda. Sesuaikan pilihan seserahan dengan nilai-nilai budaya yang dijunjung.

2. Pertimbangkan Kebutuhan dan Kepentingan Pasangan

Saat memilih seserahan pernikahan, pertimbangkan kebutuhan dan kepentingan calon pasangan. Pilih barang-barang yang sesuai untuk kehidupan sehari-hari si dia, memastikan kado memberikan manfaat dan kesenangan dalam perjalanan pernikahan kalian.

Baca Juga: Ga Mau Kasih Bunga? Ini Dia Kado Wisuda yang Bermanfaat!

3. Pilih Barang dengan Kualitas yang Baik 

Karena pernikahan adalah momen penting yang hanya akan berlangsung sekali seumur hidup, pilihlah barang-barang dengan kualitas terbaik sebagai bagian dari seserahanmu. Jangan tergoda dengan harga murah yang pada akhirnya bisa membahayakan pasanganmu.

4. Bungkus Seserahan dengan Packaging Cantik 

Kemasan menarik dan rapi tidak hanya meningkatkan nilai estetika, tetapi juga memberikan kesan positif, menambah keindahan dan keceriaan pada momen istimewa tersebut.

Baca Juga: Buat Kemasan Lebih Cantik dengan 15 Jenis Pita Ini!

5. Sesuaikan dengan Budget 

Meski harus memilih barang berkualitas terbaik, bukan berarti budget tidak perlu dipikirkan. Pilih hadiah yang cocok dengan anggaranmu, memberikan kesan istimewa tanpa menguras finansial. Kebijakan ini penting untuk keseimbangan keuangan yang lebih baik. Jika perlu, komunikasikan terlebih dahulu dengan pasangan.

Apa Saja Isi dan Contoh Seserahan Pernikahan?

Setelah mempertimbangkan berbagai hal di atas, masih bingung dengan ide seserahan apa yang bisa kamu pilih? Yuk, langsung simak rekomendasinya berikut ini!

1. Prayer Set dari Howel and Co

Selain terkenal dengan souvenir pernikahan handuk mereka, Howel and Co juga punya opsi Prayer Set yang menarik dan cantik dijadikan seserahan. Paket berisi sajadah dan mukena ini bisa kamu beli di sini dengan harga mulai dari Rp500 ribuan.

2. Set Anting dari Tulola Designs

Set anting adalah salah satu contoh seserahan pernikahan

Barang lain yang juga perlu dimasukkan ke dalam seserahan adalah perhiasan. Set anting yang mewah dan elegan dari Tulola Designs ini adalah salah satu opsi yang bisa kamu pertimbangkan. Anting dengan material gold dips ini tersedia dalam jumlah terbatas yang menjadikannya pilihan unik. Harganya hanya Rp1.990.000 saja dan kamu bisa langsung pesan set anting di situs resminya, shoptula.com.

3. Handuk Couple dari Howel and Co

Hampir semua pasangan yang akan menikah tentu setuju bahwa handuk adalah perlengkapan seserahan yang sangat penting. Howel and Co menyediakan banyak pilihan handuk couple, salah satunya adalah Selena Couple Towel ini. Sepasang handuk lembut dengan kemasan kotak premium ini dibanderol mulai dari Rp270 ribuan saja. Lakukan pemesanan langsung di akun resmi Shopee Howel and Co di sini.

4. Basic Skincare Set dari Beauty of Joseon 

Skincare set adalah salah satu contoh seserahan pernikahan

Bingung memilih brand skincare dan kosmetik untuk seserahan? Set skincare dari Beauty of Joseon ini bisa jadi pilihan. Brand satu ini sedang sangat hits saat ini dengan berbagai pilihan produk yang terinspirasi dari kecantikan wanita-wanita Korea zaman dahulu. Paketnya bisa dibeli dengan harga Rp589 ribuan. Beli set skincare dan cek beragam paket lainnya di akun resmi Shopee Beauty of Joseon.

5. Full Makeup Set dari PinkFlash

Bagi seorang wanita, makeup tentu merupakan bagian terpenting dalam beragam perayaan, terlebih dalam pesta pernikahan dan lamaran. Kalau kamu bingung memilih satu per satu item makeup untuk seserahan, kamu bisa membeli langsung full makeup set yang cantik dari PinkFlash ini. Dengan harga Rp299.900, kamu sudah mendapatkan eyebrow pencil, maskara, face palette, lipstick, lip gloss dan masih banyak lagi. Cek selengkapnya di sini.

Baca Juga: 9 Jenis Kemasan untuk Produk Kosmetik, Jangan Sampai Tertukar!

6. Set Body Care dari The Body Shop

Bodycare set dari The Body Shop adalah salah satu contoh seserahan pernikahan

Dengan kisaran harga mulai dari Rp340.000 – Rp389.000, set body care dari The Body Shop yang dikemas cantik ini bisa melengkapi set seserahanmu. Kesan mewah dan mahal akan langsung terpancar dari paket hantaran yang kamu bawa. Cek di sini untuk pembelian.

7. Heels Cantik dari XES

Desain cantik dan elegan menjadikan heels cantik dari XES ini sebagai item tambahan yang sempurna dalam paket seserahanmu. Kamu bisa membelinya di sini dengan harga Rp180 ribuan saja.

9. Handbag dari Elizabeth 

Kalau sudah menyiapkan heels, jangan lupa lengkapi juga seserahanmu dengan tasnya. Handbag dari Elizabeth ini bisa melengkapi penampilan calon pengantin wanita dan membuatnya semaki elegan. Dengan harga Rp400 ribuan, kamu bisa membelinya di sini

Itu dia berbagai contoh seserahan pernikahan yang bisa kamu jadikan referensi. Selain mempersiapkan seserahan, persiapan souvenir untuk para tamu undahan juga tidak boleh dilewatkan. Temukan berbagai pilihan kado pernikahan murah yang menarik dan bermanfaat sebagai souvenir di hari istimewamu.

Agar souvenir lebih menarik, kemas dengan menggunakan paper bag pernikahan yang didesain dan dibuat langsung di Paperlicious. Hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan cetak paper bag pernikahanmu di Paperlicious sekarang juga!

Write a comment