Buat Kemasan Lebih Cantik dengan 15 Jenis Pita Ini!

Buat Kemasan Lebih Cantik dengan 15 Jenis Pita Ini!

Ternyata, ada beragam jenis pita yang bisa dijadikan pilihan untuk menambah estetika kemasan produk atau hadiah kamu untuk orang tersayang. Selain fungsi mempercantik itu, pita juga menjadi material pendukung untuk pembuatan kerajinan tangan.

Namun, meskipun penggunaannya cukup umum, faktanya banyak yang tidak tahu pita memiliki berbagai variasi yang berbeda. Apa saja dan bagaimana karakteristiknya? Simak artikel berikut hingga selesai untuk mendapatkan penjelasan selengkapnya!

Jenis atau Macam-Macam Pita yang Banyak Digunakan

Ragam pita mempunyai karakteristik berbeda-beda, khususnya terkait tampilan dan elastisitasnya. Sehingga, penggunaannya tiap jenisnya pun tidak sama. Misalkan pita untuk farewell party, tentu berbeda dengan yang dipakai untuk acara lainnya. Supaya kamu lebih mudah mengenali pita yang diperlukan, berikut penjabaran selengkapnya:

1. Pita Satin

Jenis pita satin

Pertama ada pita satin yang terbuat dari bahan sutra dengan campuran serat sintetis. Ciri khas dari pita yang satu ini adalah permukaan yang mengkilap dan sangat halus ketika disentuh. Penggunaan dari pita yang satu ini paling banyak dibandingkan dengan jenis lainnya.

Kamu bisa memakainya untuk berbagai kebutuhan, antara lain: pita kado, penambahan aksen pada gaun, buket bunga, hingga aksesori souvenir pernikahan. Selain menambah estetika suatu barang atau kemasan, pita berbahan satin juga memberikan kesan mewah dan elegan.

Apalagi kalau kamu menghias hadiah dengan material soft box, dijamin tidak ada yang bisa mengalahkan keunggulan pita yang satu ini. Terlebih jika kamu memesan kemasannya di jasa cetak soft box dari Paperlicious.

2. Pita Taffeta

Jenis pita taffeta

Kalau pita yang memiliki karakteristik mirip dengan satin, ada taffeta yang juga terbuat dari serat sintetis. Dari segi mengkilap dan lembut permukaannya memang di bawah satin, namun untuk durabilitasnya, taffeta lebih andal.

Biasanya, jenis pita yang satu ini umum dipakai untuk material pendukung pakaian formal seperti gaun dan jas, tambahan dekorasi pernikahan, serta item aksesori fashion. Kalau untuk kebutuhan pengemasan, taffeta sangat sesuai untuk mempercantik hardbox seperti pr package alias hampers perusahaan.

Tidak perlu bingung kalau kamu ingin pesan hard box untuk keperluan hadiah pribadi maupun perusahaan. Gunakan saja layanan jasa pembuatan dan cetak hard box dari Paperlicious. Sebab, banyak terdapat pilihan material dan desain hardbox yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang kamu miliki.

3. Pita Picot Edge

Jenis pita picot edge

Berikutnya untuk hadiah kenang – kenangan yang memerlukan sentuhan elegan dan feminim sekaligus, kamu bisa memilih picot edge alias si tepi bergerigi. Pita ini memang mempunyai ciri khas tepian gerigi alias menyerupai renda. Selain itu, ia juga mempunyai elastisitas yang bagus.

Tidak heran jika kemudian material yang juga berfungsi sebagai pita hiasan ini juga dapat menjadi tambahan untuk material pakaian – mulai dari formal hingga non formal, dan juga untuk aksesoris pernikahan.

Baca Juga: Bingung Cari Desain Paper Bag Pernikahan? Cek Inspirasi Unik Ini

4. Pita Grosgrain

Jenis pita grosgrain

Kalau kamu membutuhkan pita hampers natal, maka rekomendasi yang paling cocok adalah grosgrain. Salah satu dari macam macam pita yang satu ini mempunyai karakteristik bergaris, berat, dan tebal. Grosgrain sendiri menjadi material paling bagus untuk penambahan desain berupa sablon. Hal itu membuatnya menjadi andalan untuk hampers, souvenir, hingga label pakaian. 

5. Pita Twill

Jenis pita twill

Selanjutnya ada jenis pita twill alias katun dengan karakteristik tekstur berserat dan kuat sehingga durabilitasnya pun tinggi. Material ini sendiri mempunyai beberapa pilihan gramasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Umumnya, pita twill dipilih untuk penambahan barang yang membutuhkan tambahan penyokong seperti tas, pakaian kerja, maupun prakarya.

6. Pita Brokat

Jenis pita brukat

Kalau soal estetika tingkat tinggi, tentu tidak ada yang mengalahkan pita hiasan berbahan brokat. Secara tampilan sendiri, brukat memiliki ciri khas jaring-jaring yang rumit namun tetap tampak indah dengan bahan baku kombinasi sutra dengan nilon. Biasanya menjadi pilihan untuk ornamen fashion – termasuk kebaya, hingga pita hiasan dekorasi pernikahan.

7. Pita Organza

Jenis pita organza

Jika membahas tentang macam-macam pita, tentu jenis yang satu ini tidak boleh sampai ketinggalan. Karakteristiknya sangat khas, karena sama-sama terbuat dari sutra seperti satin, namun tipis dan transparan meskipun tentu tetap halus. Penggunaan material pita ini biasanya untuk mempercantik bungkusan kado atau sentuhan elegan pada prakarya.

8. Pita Tulle

Jenis pita tulle

Banyak yang salah mengenali pita yang satu ini dengan organza karena sama-sama tipis dan transparan. Padahal, tulle terdiri dari kombinasi berbagai bahan seperti sutra, nilon, dan rayon. Hal tersebut membuatnya memiliki tekstur berlubang-lubang pada permukaannya, namun justru menambah estetika yang dimiliki.

Mayoritas penggunaan pita tulle atau tile adalah untuk proyek pembuatan gaun, kerudung, dan kostum balet. Pita ini memang lebih cocok untuk kebutuhan-kebutuhan tersebut dibandingkan untuk hiasan pengemasan barang atau produk.

9. Pita Beludru

Jenis pita beludru

Jika kamu mencari pita mirip dengan tulle tapi lebih tebal, beludru atau velvet menjadi pilihan yang tepat. Teksturnya menyerupai tumpukan bulu yang sangat halus meskipun cukup tebal. Penggunaan pita beludru biasanya berfokus pada material pendukung untuk busana formal, aksesori fashion – seperti bandana, hiasan interior, dan alas bagian dalam kotak kado.

10. Pita Sutra

Jenis pita sutra

Jenis pita yang satu ini sering membuat bingung dengan varian satin. Jika satin merupakan kombinasi sutra dengan bahan lain, pita dengan nama lain silk ini 100% menggunakan sutra alami. Tidak heran bila permukaannya luar biasa halus dan memancarkan kemewahan.

Kamu bisa mengaplikasikannya sebagai pita kado, bahan tambahan pembuatan gaun, maupun kebutuhan-kebutuhan lain yang menonjolkan keanggunan dan karakter kelas atas. Namun, perlu diingat bahwa tampilan yang memukau dari pita sutra seiring dengan bandrol harganya yang sangat mahal.

11. Pita Metalik

Jenis pita metalik

Ada atau tidak pita yang memberi kesan meriah hanya dengan sekali pandang? Pita metalik jawabannya, karena memiliki sentuhan glitter yang bling-bling. Cocok sekali sebagai tambahan untuk dekorasi acara natal, pesta secara general, kemasan kado untuk perayaan, sampai ornament pendukung kerajinan tangan kreatif.

12. Pita Poly

Jenis pita poly

Nama lain dari pita yang satu ini adalah curling craft ribbon karena memang mayoritas penggunanya mengatur tampilannya menjadi keriting. Pita ini terbuat dari poliester yang terkenal dengan karakteristik ringan namun kuat sehingga tidak mudah rusak. Fungsi utamanya tentu saja untuk mempercantik kemasan, mulai dari kado sampai kemasan kue kering.

13. Pita Jute atau Burlap

Jenis pita jute atau burlap

Pasti variasi pita yang satu ini kurang begitu familiar, kecuali jika kamu bekerja di industri pengemasan dan kreatif lainnya. Ada pita jute atau burlap alias goni. Teksturnya berserat kasar dengan warna coklat muda alami. Penggunaan pita ini akan memberikan sentuhan klasik atau vintage.

Kamu bisa memakai pita burlap untuk kebutuhan dekorasi dan ornamen tambahan kerajinan tangan – terutama yang berbahan dasar kayu. Durabilitas pita yang satu ini tidak perlu diragukan karena terjamin awet dan tahan lama.

14. Pita Acetate

Jenis pita acetate

Berikutnya ada pita acetate yang terbuat dari keluarga plastik sehingga memiliki tekstur mengkilap. Keunggulan dari pita yang satu ini adalah elastisitas dan daya tahannya. Biasanya, pita acetate lebih sering dilengkapi dengan perekat untuk difungsikan sebagai selotip sehingga dapat membantu untuk memperkuat dekorasi maupun hiasan.

15. Pita Petersham

Jenis pita petersham

Terakhir, ada pita hiasan yang penggunaannya cenderung berfokus pada dunia mode, yaitu pita petersham. Tekstur dan kombinasi bahannya sangat mirip dengan grosgrain sehingga kadang sulit untuk orang awam membedakannya. Petersham memiliki ciri permukaan bergaris, tebal, elastis, dan fleksibel.

Perbedaan dengan grosgrain adalah petersham dapat dikombinasikan dengan besi sehingga kemampuan penopangnya lebih baik karena ‘sang kembaran’ tidak bisa. Sesuai yang telah disebutkan, pita petersham sangat umum digunakan sebagai material tambahan dalam dunia mode, baik pakaian maupun aksesori.

Memilih Variasi Pita Sesuai Kebutuhanmu

Banyak sekali bukan jenis pita yang kamu tersedia sebagai pilihan? Mulai dari material hingga karakteristiknya berbeda. Sebab itu pula, kesesuaian penggunaannya pun tidak bisa sama. Tergantung pada kamu membutuhkan pita tersebut untuk mempercantik kemasan, bahan tambahan item fashion, mempercantik interior atau yang lainnya.

Jika kamu membutuhkan pita untuk kemasan kado, maka selain perlu memilih variasi yang tepat, kamu juga harus menyesuaikan jenis gift box yang pas. Paperlicious jadi tempat yang tepat karena menawarkan berbagai kotak kado berkualitas. Lebih sempurna lagi kalau kamu memesan berikut jasa cetak paper bagnya. Yuk, belanja sekarang! 

Write a comment