Bingung Sama Ukuran Rice Bowl? Cek Ukuran Paper Bowl di Sini!

Bingung Sama Ukuran Rice Bowl? Cek Ukuran Paper Bowl di Sini!

Beberapa tahun ke belakang, bisnis rice bowl semakin banyak diminati. Dengan pasar yang semakin luas, peluang untuk membuka bisnis berkonsep rice bowl juga semakin besar. Makanan ini dianggap praktis dan mudah dibawa ke mana saja. Harganya pun sangat terjangkau. 

Seperti namanya rice bowl sendiri adalah makanan berbahan nasi yang disajikan dalam paper bowl yang praktis. Isiannya selain nasi biasanya adalah sayuran dan lauk seperti ayam, ikan atau udang. Seiring berjalannya waktu, makanan yang dijual dengan menggunakan paper bowl pun semakin beragam. Ada aneka camilan, mie ayam, bakso bahkan sampai ayam geprek.

Jika kamu tertarik membuka bisnis rice bowl atau menjual makanan tertentu dengan menggunakan kemasan praktis ini, kamu perlu tahu ukuran paper bowl yang cocok untuk produkmu. Pasalnya, ukuran paper bowl untuk mie ayam bisa jadi berbeda dengan ukuran paper bowl untuk ayam geprek. Yuk, simak informasi selengkapnya berikut cara memilih paper bowl yang cocok berikut ini!

Apa itu Paper Bowl dan Berapa Saja Ukurannya?

contoh kemasan makanan paper bowl

Paper bowl adalah mangkuk sekali pakai yang terbuat dari kertas ramah lingkungan. Biasanya, kertas yang dipakai untuk membuat paper bowl adalah foopak dan ivory. Jenis kertas ini sudah teruji dan terverifikasi sebagai bahan food grade yang aman untuk makanan. 

Digunakan untuk menyajikan makanan atau minuman, paper bowl tidak hanya praktis dan mudah dibawa ke mana-mana tapi juga merupakan alternatif berkelanjutan yang dapat digunakan untuk mengurangi dampak limbah plastik dalam penggunaan wadah makanan. Simak beragam pilihan ukuran paper bowl berikut ini!

Baca Juga: Mau Eco-Friendly? Ini Ide Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

UkuranDiameterTinggiKegunaan
370 ML9,7 cm7,7 cmSup, mie kuah, salad porsi sedang
500 ML11 cm7,6 cmSup, mie kuah, bubur porsi sedang
580 ML11 cm9,2 cmNasi, bakso, pasta, salad variasi bahan
650 ML12,5 cm6,5 cmMakanan ringan, salad, makanan penutup
800 ML13,2 cm8,2 cmNasi, hidangan panggang, sup porsi besar
1000 ML14,5 cm8,2 cmNasi kotak besar, hidangan berat panggang, sup porsi besar

Caption: Tabel ukuran paper bowl

1. Ukuran Paper Bowl 370 ML

Paper bowl berukuran 370 ml dengan diameter 9,7 cm dan tinggi 7,7 cm, cocok untuk sajian seperti sup, mie kuah, atau salad dengan porsi sedang. Dengan dimensinya yang ideal, paper bowl ini memberikan kedalaman yang tepat untuk hidangan yang membutuhkan wadah lebih dalam, menjadikannya pilihan yang praktis dan fungsional untuk berbagai jenis makanan.

2. Ukuran Paper Bowl 500 ML

Kalau kamu membutuhkan paper bowl yang sedikit lebih besar, kamu bisa menggunakan opsi 500 ml. Paper bowl berukuran 500 ml memiliki diameter 11 cm dan tinggi 7,6 cm, ideal untuk hidangan berkuah seperti sup, mie kuah, atau bubur dengan porsi sedang. Cocok untuk makanan ringan atau hidangan berat ringan, terutama untuk bakso atau mie ayam dengan porsi sedang. Ini juga opsi ukuran paper bowl untuk indomie yang sempurna.

3. Ukuran Paper Bowl 580 ML

Paper bowl berukuran 580 ML dengan diameter 11 cm dan tinggi 9,2 cm cocok untuk hidangan berisi seperti nasi dengan lauk, pasta, atau salad dengan berbagai bahan. Ideal untuk hidangan dengan porsi sedang atau makanan berat, ukuran ini adalah ukuran paper bowl untuk rice bowl yang paling banyak digunakan, memberikan kenyamanan dalam menikmati hidangan beraneka rasa. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai ukuran paper bowl untuk bakso.

4. Ukuran Paper Bowl 650 ML

Paper bowl berukuran 650 mL dengan diameter 12,5 cm dan tinggi 6,5 cm, ideal untuk makanan ringan, salad, atau makanan penutup. Cocok untuk menu yang memerlukan wadah dangkal atau lebar, khususnya cocok untuk menyajikan bubur ayam dengan sempurna.

5. Ukuran Paper Bowl 800 ML

Bingung mencari ukuran paper bowl dalam porsi besar? Kamu bisa menggunakan opsi ini.

Paper bowl berukuran 800 ML dengan diameter 13,2 cm dan tinggi 8,2 cm, cocok untuk hidangan berat seperti nasi dengan lauk, hidangan panggang, atau sup berporsi besar. Ideal untuk hidangan yang memerlukan ruang ekstra, ukuran ini sempurna untuk ayam geprek dan nasi yang lezat.

6. Ukuran Paper Bowl 1000 ML

Paper bowl berukuran 1000 mL dengan diameter 14,5 cm dan tinggi 8,2 cm adalah pilihan ideal untuk makanan berat atau berkuah dengan porsi super besar. Cocok digunakan untuk nasi kotak besar, hidangan panggang berat, atau sup porsi besar.

Tips Memilih Ukuran Paper Bowl yang Tepat 

Tips memilih ukuran paper bowl yang tepat

Memilih paper bowl dan ukurannya perlu mempertimbangkan berbagai aspek. Ini penting agar makanan yang kamu jual tetap memiliki tampilan menarik dan memberikan keuntungan yang memadai untuk bisnismu. Simak tips memilih ukuran paper bowl yang tepat dalam ulasan berikut ini!

1. Pertimbangkan Jenis Makanan yang Akan Disajikan

Hal pertama yang harus kamu pikirkan tentu saja jenis makanan apa yang ingin dikemas dengan kemasan makanan paper bowl. Hidangan berkuah atau berat mungkin memerlukan ukuran lebih besar, sementara hidangan ringan atau penutup dapat disajikan dengan ukuran yang lebih kecil agar proporsional.

2. Pertimbangkan Porsi dan Volume Makanan

Perkirakan jumlah orang yang akan menikmati hidangan tersebut. Semakin banyak orang, semakin besar pula ukuran paper bowl yang dibutuhkan. Untuk single serving, paper bowl dengan 500ml mungkin sudah cukup. Sedangkan untuk family serving, kamu mungkin memerlukan paper bowl yang lebih besar dengan ukuran ukuran 800 – 1000ml.

3. Jangan Lupakan Ruang Cadangan di Paper Bowl 

Saat memilih ukuran paper bowl, hindari yang terlalu pas agar makanan tidak tumpah. Pilih ukuran yang mampu memberikan ruang cadangan yang cukup untuk menghindari potensi kebocoran atau tumpahan. Ini memastikan kenyamanan dalam menyajikan makanan tanpa risiko kehilangan integritas struktural wadah dan memastikan kepuasan pengguna.

Itulah berbagai informasi penting terkait ukuran paper bowl yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin membuka bisnis rice bowl yang sukses, pilihlah ukuran paper bowl yang tepat sesuai dengan jenis dan porsi makanan. Pastikan untuk memberikan ruang cadangan yang cukup agar penyajian tetap rapi dan menarik. Dengan begitu, kamu siap memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi semua pelangganmu.

Agar tampilannya lebih menarik, kamu bisa memesan berbagai kemasan produk di Paperlicious. Selain paper bowl, kami juga siap membantumu membuat desain packaging makanan unik  dan mencetak paper bag sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Dengan kemasan yang menarik, akan semakin banyak pelanggan yang datang untuk membeli. Jangan ragu lagi, hubungi Paperlicious sekarang juga!

Write a comment