6 Jenis Karton Untuk Kemasan Produk! Cocok Pakai Yang Mana?

Karton merupakan material yang penting dalam proses pengemasan produk. Kemasan karton berfungsi untuk melindungi barang-barang atau produk selama proses pengiriman, penyimpanan dan handling (penanganan). 

Karton kemasan dapat digunakan untuk berbagai hal mulai dari wadah makanan sampai barang-barang elektronik. Selain itu, karton kemasan juga kerap dipakai sebagai media branding dan untuk menerangkan informasi produk yang ada di dalamnya. Jenis karton box pun beragam baik dari segi bentuk maupun materialnya.

Jenis-jenis Karton untuk Kemasan, Ada Apa Saja?

Seperti yang sudah disebutkan, jenis karton box packaging ada bermacam-macam dari segi desain (bentuk) dan materialnya. Agar lebih memudahkan kamu dalam memilih, simak jenis-jenis material karton kemasan berikut ini!

1. Kertas Karton Duplex

Caption: Jenis karton box duplex

Duplex merupakan jenis kertas atau karton box yang terdiri dari dua lapis. Biasanya memiliki permukaan berlapis yang mengkilap sehingga kedap air. Karton dari bahan duplex banyak digunakan untuk membuat kemasan yang membutuhkan kekokohan tinggi dan ukuran kotak yang besar. 

Jenis karton duplex biasanya dijual dalam bentuk gulungan dan bisa dikategorikan menjadi dua jenis yakni:

  • Dilapisi (coated) pada satu sisi. Jenis kertas duplex ini biasanya beratnya 210 gsm.
  • Dilapisi (coated) pada kedua belah sisi. Karena kedua sisinya diberi lapisan, maka bobotnya lebih berat dibanding jenis yang pertama. Biasanya bisa mencapai 250 gsm.

Jenis karton duplex memiliki sejumlah kelebihan antara lain:

  • Menawarkan kekakuan dan daya tahan inggi yang bisa dipakai untuk membuat kemasan dengan berbagai ukuran mulai dari yang kecil sampai yang besar.
  • Kemasan kotak dari karton berbahan duplex akan memiliki warna cerah yang terlihat hidup. Cocok untuk membuat keseluruhan produk tampil mewah dan elegan.
  • Kertas karton duplex harganya lebih terjangkau dibanding kertas lain seperti ivory.

2. Kraft Paper atau Kertas Kraft

Paper kraft atau kertas kraft sangat populer digunakan dalam pembuatan berbagai jenis kemasan. Selain dipakai untuk membuat corrugated box, kraft juga banyak dipakai untuk pembuatan kemasan karton. Secara umum, kertas kraft terdiri dari 3 jenis yakni:

  • Coated Unbleached Kraft (CUK). Ini adalah versi paling dasar dari kertas kraft. Warnanya cokelat kayu alami karena tidak mengalami proses pemutihan atau penambahan bahan kimia lebih lanjut. CUK dibuat dengan 80% pulp kayu serat murni dengan ketahanan yang tinggi terhadap robek meski lapisannya tidak terlalu tebal.
  • Solid Bleached Kraft Paper (SBS). Meskipun kertas kraft tanpa proses kimia dianggap lebih alami, namun sebagian orang lebih suka menggunakan versi white kraft yang sudah diputihkan. Selain permukaannya lebih halus, warnanya yang lebih cerah membuat kualitas hasil akhir cetakan terlihat lebih menarik.
  • Coated Recycled Board (CRB). Seperti namanya, CRB adalah jenis kertas kraft hasil recycle atau daur ulang. Karena tidak dibuat dari serat murni, kualitas dan spesifikasinya tentu berada di bawah CUK dan SBS. Namun, kertas kraft daur ulang juga merupakan opsi kemasan murah yang ideal untuk produk yang tidak membutuhkan kemasan dengan daya tahan tinggi misalnya pembuatan kotak sereal.

3. Ivory Paper atau Kertas Ivory

Jenis karton untuk kemasan: ivory

Caption: Jenis karton box ivory

Ivory board atau kertas ivory merupakan salah satu jenis karton box yang banyak digunakan untuk aplikasi pengemasan dan pencetakan. Karton ini dibuat dari pulp kimia yang sudah mengalami proses pemutihan dan memiliki permukaan halus dan mengkilap di satu sisi, sementara sisi lainnya memiliki tampilan matte. Tingkat whiteness atau putihnya kertas ivory juga bervariasi.

Spesifikasi kertas karton ivory adalah sebagai berikut:

  • Jika dilihat dari beratnya, karton ivory memiliki gramatur yang bervariasi antara 230-350 g/m2.
  • Ketebalan kertas karton ivory juga bervariasi antara 0,25 sampai 0,5 mm.
  • Kertas ivory ada yang dilapisi dengan beragam material termasuk dengan clay, kaolin atau kalsium karbonat. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas permukaan dan kemampuan cetak kertasnya.

Karton ivory banyak digunakan untuk pembuatan kemasan seperti pembuatan karton lipat, kemasan kosmetik dan kemasan obat-obatan (produk-produk farmasi). Kertas karton ini juga digunakan untuk pencetakan produk yang membutuhkan tampilan mewah seperti sampul buku, kartu ucapan dan kartu nama.

4. Yellow Board

Yellow board seperti warnanya memiliki permukaan berwarna kuning. Karton ini cukup tebal dan biasanya digunakan untuk alas jenis buku nota, pembuatan rangka kartu undangan, tag atau untuk bahan penyangga sampul buku hard cover. Yellow card umumnya tidak dapat dicetak offset. Jadi kalau ingin membuat logo atau tulisan di atas permukaannya, harus dilapisi dengan art paper atau ditempeli stiker.

Berdasarkan ketebalannya, ada 2 jenis yellow board yakni YB 30 dan YB 40. Kamu bisa memilih tingkat ketebalan karton sesuai dengan kebutuhan.

5. Grey Cardboard

Caption: Jenis karton box greyboard

Selain karton kuning, ada juga yang karton yang memiliki permukaan warna abu-abu yang disebut dengan grey cardboard. Karton ini memiliki permukaan halus, tingkat kekakuan yang bagus, tidak mudah rusak, tertekuk dan tidak mudah dipisahkan lapisan-lapisannya.

Grey cardboard juga digunakan untuk berbagai kebutuhan pengemasan, pembuatan buku hard cover, kotak penyimpanan dan masih banyak lagi. Semakin tinggi ketebalan karton, semakin baik daya tahannya dalam menahan beban.

6. Corrugated Paperboard

Jenis karton box kemasan lainnya yang sering kita temukan sehari-hari adalah corrugated paperboard atau corrugated fiberboard. Karton ini memiliki lapisan tebal yang terdiri dari lembaran bergelombang bergalur (disebut medium) dan satu atau dua papan linear datar (disebut liner). Lapisan ini direkatkan dengan lem khusus untuk mendapatkan daya tahan yang baik. Kita lebih mengenal corrugated paperboard dengan istilah corrugated box atau kardus.

Berdasarkan lapisan ‘dinding’-nya, corrugated paperboard terbagi atas beberapa jenis yakni:

  • Single face. Seperti namanya, karton ini terdiri dari satu lapisan liner dan satu lapisan medium. Corrugated paperboard jenis ini banyak digunakan untuk aplikasi perlindungan sementara atau pelapis.
  • Single wall. Terdiri dari satu lapisan medium dan dua lapisan liner. Jenis corrugated ini paling banyak dipakai untuk pengemasan dan pengiriman.
  • Double wall. Jenis corrugated paperboard ini terdiri dari dua lapisan medium yang diapit oleh tiga lapisan liner. Lebih kuat dibandingkan single wall dan cocok untuk mengemas dan mengirimkan barang dengan ukuran yang besar dan berat.
  • Triple wall. Terdiri dari tiga lapisan medium yang diapit oleh empat lapisan liner. Jenis karton ini digunakan untuk mengemas barang-barang yang sangat berat atau keika perlindungan ekstra dibutuhkan (misalnya untuk mengirimkan barang jarak jauh).

Jadi dapat disimpulkan bahwa jumlah lapisan pada corrugated paperboard berpengaruh pada daya tahan dan kekuatannya terhadap berbagai kondisi pengiriman. Kamu bisa memilih jenis karton yang tepat tergantung jenis barang, ukuran dan bobot produk yang dikemas serta tingkat perlindungan yang dibutuhkan.

Lihat Produk: Cetak Corrugated Box

Itulah berbagai opsi jenis karton box packaging yang bisa kamu pertimbangkan sebagai pilihan untuk pengemasan produkmu. Selain mempertimbangkan harga, pertimbangkan pula daya tahan dan tampilan akhir yang dibutuhkan. 

Masih bingung memutuskan? Hubungi Paperlicious sekarang juga untuk mengkonsultasikan kebutuhan kemasan cardboard-mu. Paperlicious menyediakan jasa pembuatan box dengan berbagai jenis material yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Related Posts

Write a comment