Apa Itu Impraboard? Yuk, Kenalan dengan Material Satu Ini!

Apa Itu Impraboard? Yuk, Kenalan dengan Material Satu Ini!

Banyak yang belum tahu bahwa impraboard adalah salah satu rekomendasi material terbaik untuk kebutuhan pengemasan, display, dan banyak lagi. Impraboard sendiri memiliki sebutan lain, yaitu infraboard. Mengapa disebut demikian? Apa saja fungsi dari bahan baku packaging ini? Simak sampai akhir artikel untuk mendapatkan jawabannya!

Mengenal Apa itu Impraboard?

Bila kamu bekerja di industri kemasan dan display promosi, kamu mungkin tidak asing dengan impraboard. Secara teknis, impraborad adalah corrugated box alias lembaran plastik bergelombang dengan bahan polipropilena sebagai bahan baku utama.

Material ini merupakan hasil ekstrusi canggih dan modern dari Eropa yang memiliki tekstur ringan dan berongga, namun tetap kuat untuk kebutuhan pengemasan. Bagaimana mungkin? Karena impraboard terdiri dua lapisan yang terhubung. 

Deskripsi tepat untuk menyebut infraboard adalah kardus berbahan plastik. Sehingga, elastisitas dan volumenya yang ringan menyerupai plastik, sedangkan untuk tampilan serta kekuatannya seperti kardus. Jadi penasaran bukan dengan kegunaan dari bahan anti mainstream ini?

5 Fungsi Impraboard Sekaligus Keunggulannya

fungsi impraboard dan keunggulannya

Buat kamu yang penasaran dengan kegunaan impraboard, berikut ini adalah 5 fungsi utama yang sekaligus menjadi kelebihan material tersebut:

1. Kemasan Produk Makanan

Fungsi yang pertama dari impraboard adalah sebagai material kemasan produk makanan. Apakah semua jenis makanan bisa dikemas menggunakan bahan impraboard? Bisa, namun fokusnya ada pada camilan dengan masa ketahanan produk yang relatif lama, seperti: kripik, biskuit, dan cokelat.

Kemasan produk memakai impraboard akan membuat makanan yang kamu jual lebih tahan lama dan tetap dalam keadaan segar (tidak melempem). Selain itu, impraboard juga mempunyai daya tampung besar namun tetap ringan ketika dibawa kemana saja.

2. Point of Purchase Display dan Signage Promosi

Point of Purchase (POP) display material pemasaran yang ditempatkan pada titik-titik strategis dengan tujuan menarik minat konsumen dan mengubah detail penjualannya. Misalkan semula tidak berniat membeli, setelah tampak POP display bisa memborong. Sebab itu, POP wajib memiliki desain yang menarik.

Begitu pula dengan signage promosi. Perbedaannya, signage merupakan material promosi yang menempel pada papan iklan (reklame), sedangkan POP display berada di dalam ruangan atau persis di samping produk yang ditawarkan. Namun, keduanya sama-sama menggunakan papan impraboard sebagai bahan utama.

Pemilihan impraboard untuk material membuatnya kokoh ketika penambahan dan pembentukan desain sehingga bisa menghasilkan media promosi sesuai keinginan. Selain itu, berkat karakteristiknya yang ringan, kamu bisa leluasa memindahkan POP display maupun signage tanpa khawatir berat maupun rusak.

3. Miniatur Desain Arsitektur

Selain untuk kebutuhan pengemasan produk dan display promosi, fungsi lain impraboard adalah sebagai material pembuatan untuk miniatur desain arsitektur. Tindakan ini bisa memudahkan kamu yang berprofesi sebagai arsitek untuk memvisualisasikan proyek di depan klien.

Dibandingkan dengan memvisualisasikan melalui desain komputer, tampilan miniatur menggunakan impraboard lebih realistis. Umumnya, kegunaan impraboard untuk miniatur diterapkan dalam proyek konstruksi perumahan, perusahaan, atau sarana publik. 

4. Pelapis Lantai (Floor Covering)

Masih berkaitan dengan arsitektur, fungsi impraboard berikutnya adalah sebagai lapisan penutup lantai di lokasi konstruksi. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, impraboard memiliki karakteristik bahan yang ringan. Ketika menjadi lapisan pelindung konstruksi, material tersebut jadi mudah dipindahkan, dibersihkan dan tidak gampang rusak.

5. Kandang Hewan Berukuran Kecil

Terakhir, impraboard adalah bahan yang cocok untuk pembuatan kandang hewan berukuran kecil. Sebab, papan impraboard cukup kokoh untuk menahan beban hewan peliharaan kamu. Selain itu, material ini juga tidak beracun dan mudah prosedur pembersihannya, sehingga aman untuk makhluk hidup.

Bagaimana Perbandingan Impraboard, Kardus, dan Yellow Board?

Melalui penjabaran di atas, tentu kamu sudah cukup memahami apa itu impraboard dan beberapa fungsi utamanya. Namun, biasanya masih banyak yang tetap kebingungan dalam membedakan antara impraboard, kardus, dan yellow board.

Tidak sedikit yang kemudian menganggap ketiga jenis bahan itu sama, hanya saja desainnya berbeda. Padahal, masing-masing mempunyai keunggulan, kelemahan, berikut cara penggunaan yang berbeda. Sederhananya sebagai berikut:

  1. Impraboard adalah material yang paling mahal dibandingkan dengan kardus maupun yellow board. Sebab teknik pengolahannya lebih modern dan canggih.
  2. Impraboard adalah material yang paling tahan air (waterproof) dan tidak mudah rusak meskipun menghadapi cuaca ekstrem. Sedangkan dua material lain relatif gampang mengalami kerusakan dan rembes.
  3. Bahan yang paling ramah lingkungan atau eco-friendly adalah yellow board dan kardus. Impraboard memang bisa didaur ulang, namun tidak tergolong material ramah lingkungan.
  4. Terkait fleksibilitas pemotongan dan pengemasan, ketiga bahan tersebut memiliki kualitas yang setara – tidak ada yang lebih unggul maupun lemah.

Supaya bisa memahami perbedaan ketiga material tersebut secara lebih detail, kamu bisa menyimak tabel perbandingan di bawah ini:

PerbandinganImpraboardYellow BoardKardus
Bahan BakuPolipropilenaSerat KayuSerat Kayu
HargaMahalRelatifTermurah
Ketebalan3mm – 10mm2mm – 4mmMenyesuaikan
Bobot MaterialRinganRingan – SedangSedang – Berat
Tahan TerhadapAir, cuaca, dan benturanCuaca dan benturanRentan terhadap air, cuaca, dan benturan
Proses PemotonganMudahMudahMudah
PenggunaanPengemasan, POP Display & Signage, miniatur proyek arsitektur, pelapis lantai, dan kandang hewan miniPapan tulis, proyek konstruksi, signage promosiPengemasan

Caption: Perbandingan Impraboard, Kardus, dan Yellow Board

Lalu, Harus Pilih Material yang Mana? 

Setelah memahami tentang kegunaan impraboard berikut perbedaan dengan kedua material lain, tentu kamu menjadi lebih mudah menentukan pilihanmu, bukan? Jika menginginkan yang memiliki ketahanan terhadap air, cuaca, maupun benturan, tentu impraboard merupakan pilihan terbaik.

Namun jika dana terbatas atau sekali pakai, kamu bisa memilih kardus. Sedangkan yang berada di antara keduanya, yellow board menjadi pilihan yang cocok. Tetapi jangan lupa, bahwa selain menyesuaikan dengan kebutuhan, kamu perlu memilih vendor terpercaya untuk pemesanan material-material itu.

Supaya kamu tidak sampai menyesal, percayakan pada Paperlicious untuk jasa pembuatan box sesuai keinginan atau kebutuhan kamu. Yuk, cek websitenya sekarang dan lakukan pemesanan!

Related Posts

Write a comment