Beda Lho Sama Cardboard, Yuk Kenalan dengan Corrugated Box!

Beda Lho Sama Cardboard, Yuk Kenalan dengan Corrugated Box!

Kalau kamu pernah mencari tahu mengenai jenis-jenis kemasan produk, kamu tentu tidak merasa asing dengan corrugated box. Corrugated box adalah salah satu pilihan kemasan sekunder yang banyak digunakan untuk pengiriman produk. Karena daya tahannya, penggunaan corrugated box akan melindungi produk yang dikirimkan sampai ke tujuan.

Apa itu corrugated box? Apa bahan corrugated box dan bagian-bagiannya? Apa pula perbedaan corrugated box dengan cardboard box? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel ini.

Apa itu Corrugated Box?

Apa itu corrugated box?

Corrugated box merupakan tipe karton yang terdiri dari lapisan-lapisan kertas kraft. Adanya lapisan-lapisan ini membuat corrugated box menjadi lebih kuat dan tahan terhadap berbagai tekanan ekstra. Ini memberikan perlindungan optimal bagi barang-barang yang tersimpan di dalamnya. Kita lebih mengenal corrugated box dengan istilah kardus.

Corrugated box banyak digunakan sebagai pilihan metode pengemasan paket yang aman. Bagi para produsen produk, corrugated box adalah opsi kemasan sekunder yang akan membantu melindungi produk selama proses pengiriman.

Baca juga: Beda Lho Sama Cardboard, Yuk Kenalan dengan Corrugated Box!

Bagian-Bagian Corrugated Box 

Bagian-bagian dari corrugated box

Bagian corrugated box terdiri dari beberapa komponen. Komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut:

1. Liner

Lapisan kertas ini merupakan bagian luar dan dalam dari corrugated board yang akan dibentuk menjadi corrugated box. Lapisan luar berfungsi sebagai permukaan pelindung dan memberikan kekuatan struktural, sementara lapisan dalam memberikan perlindungan tambahan.

2. Flute

Flute atau fluting adalah profil gelombang yang terbentuk oleh lapisan kraft medium. Flute tidak hanya memberikan fleksibilitas, tetapi juga berperan dalam memberikan insulasi termal dan melindungi isi corrugated box dari guncangan dan getaran selama pengiriman.

Dikenal juga dengan sebutan medium saja, flute memberikan kekuatan dan daya tahan terhadap tekanan, menjadikan corrugated board kokoh dan mampu melindungi barang-barang di dalamnya.

3. Creasing

Corrugated box memiliki creasing, garis tekuk untuk memudahkan perakitan. Creasing memastikan kotak dapat dilipat rapi, membentuk wadah kokoh dan mempermudah proses perakitan. Dengan panduan yang jelas dari creasing, corrugated box menjadi fungsional, efisien, dan tetap kuat selama penggunaan atau pengiriman.

4. Flap 

Flap pada corrugated box adalah bagian yang meliputi sisi atas dan bawah kotak, yang dapat dilipat untuk menutup dan membuka wadah. Flap berkontribusi pada keamanan barang di dalamnya dan memfasilitasi proses bongkar muat. Selain itu, flap juga menjadi area ideal untuk perekatan atau penutupan kotak, menjadikannya penting dalam menjaga keutuhan isi corrugated box.

5. Slot

Slot adalah garis potongan pada bagian atas dan bawah flap (sayap) corrugated box, memisahkan flap panjang dan flap lebar. Pemahaman terhadap penggunaan slot ini sangat penting untuk menilai sejauh mana kardus dapat menahan beban produk yang akan dikirimkan kepada konsumen, menentukan tingkat ketahanannya.

Jenis-Jenis Corrugated Box 

3 jenis corrugated box

Berdasarkan jumlah lapisan liner, medium dan flute-nya, corrugated box terbagi ke dalam beberapa jenis yakni:

1. Single Wall

Corrugated board single wall seperti namanya memiliki 1 buah flute yang diapit oleh 2 lembar liner. Ini adalah jenis yang paling umum dan cocok untuk pengemasan ringan.

2. Double Wall 

Jenis kardus ini lebih kokoh karena terdiri dari 2 lapisan flute disatukan dengan 3 lembar liner. Untuk mendukung beban yang lebih berat, kamu bisa menggunakan jenis kardus ini.

3. Triple Wall 

Jenis triple wall adalah corrugated box terkuat dengan 3 buah flute yang disatukan dengan 4 lembar liner. Cocok untuk pengiriman barang yang berat atau lokasi yang jauh.

4 Manfaat Menggunakan Corrugated Box

4 manfaat corrugated box

Corrugated box memiliki banyak manfaat dalam pengemasan. Baik sebagai kemasan primer maupun kemasan sekunder. Beberapa keuntungan menggunakan corrugated box adalah:

1. Bisa Custom Ukuran dan Desain Sesuai Kebutuhan

Corrugated box memberikan fleksibilitas luar biasa dengan kemampuan untuk disesuaikan dalam ukuran dan desain. Dengan kemampuan produksi yang beragam, corrugated box dapat diadaptasi untuk memenuhi kebutuhan pengemasan produk, pengiriman hingga promosi. Fleksibilitas ini menjadikannya pilihan ideal untuk berbagai aplikasi bisnis.

2. Bahannya Kuat dan Kokoh 

Corrugated box memberikan manfaat utama dengan kekuatan dan ketahanannya yang luar biasa. Dengan kemampuan menahan bebanyang tinggi, kotak ini ideal untuk mengemas produk berat seperti elektronik hingga furnitur dan pengiriman paket ke luar kota. Keunggulan bahan yang kuat membuatnya pilihan yang andal dan efisien dalam melindungi berbagai jenis barang.

3. Terbuat dari Bahan Ramah Lingkungan 

Corrugated box bukan hanya sekadar wadah, tapi juga solusi ramah lingkungan. Terbuat dari bahan dapat didaur ulang hingga tujuh kali, menjadikannya pilihan utama bagi brand yang peduli pada lingkungan dan ingin tampil sebagai pelopor packaging eco-friendly.

Baca Juga: Cara Mengurangi Sampah Plastik Biar Cuaca Gak Makin Panas!

4. Memberikan Unboxing Experience untuk Pembeli 

Menggunakan corrugated box tidak hanya sekadar sebagai kemasan, tetapi juga menciptakan unboxing experience (pengalaman membuka kemasan produk) yang tak terlupakan bagi pembeli. Dengan desain kreatif, pengalaman ini meningkatkan kepuasan konsumen, menciptakan persepsi positif terhadap produk, dan memperkuat loyalitas terhadap brand.

Perbedaan Corrugated Box dengan Cardboard Box

5 perbedaan corrugated box dan cardboard box

Karena sama-sama digunakan sebagai material packaging, banyak yang menganggap corrugated box dan cardboard box itu sama. Namun, dari segi bahan, struktur dan harga, ada sejumlah perbedaan corrugated box dan cardboard box. Apa saja?

1. Perbedaan Bahan

Perbedaan mendasar antara corrugated box dan cardboard box terletak pada bahan dasarnya. Corrugated box menggunakan kertas bergelombang, sementara cardboard box dibuat dari kertas tebal yang tidak bergelombang. Ini memengaruhi kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan kemasan, sesuai dengan kebutuhan spesifik pengemasan produk.

2. Perbedaan Struktur 

Corrugated box berbeda dari cardboard box karena strukturnya yang lebih kompleks, terdiri dari tiga lapisan: lapisan liner, lapisan flute, dan lapisan liner lagi. Sementara itu, cardboard box hanya memiliki satu lapisan kertas tebal, membuat corrugated box lebih kuat dan tahan lama.

3. Kekuatan Wadah 

Corrugated box unggul dalam kekuatan dibanding cardboard box karena struktur berlapisnya. Ini membuatnya lebih tahan terhadap tekanan dan memberikan perlindungan optimal untuk barang yang dikemas di dalamnya.

4. Fleksibilitas

Corrugated box memiliki fleksibilitas lebih dibanding cardboard box, memungkinkan penyesuaian mudah dengan bentuk dan ukuran produk, memberikan solusi kemasan yang lebih adaptif dan efisien.

Baca Juga: Mau Pakai Kemasan Serba Bisa? Yuk Coba Kemasan Fleksibel!

5. Harga

Karena jumlah lapisan dan daya tahannya, corrugated box biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibanding cardboard box. Ini bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang ingin membuat kemasan dengan bujet tertentu.

Setelah membaca penjelasan tentang apa itu corrugated box, kamu tentu jadi paham kalau material ini sangat penting dalam industri pengemasan (packaging). Tidak hanya untuk packaging pengiriman produk jarak jauh, kamu juga bisa berkreasi membuat packaging untuk PR package sampai kotak hampers.

Mau pesan dan cetak corrugated box untuk berbagai kebutuhan? Di Paperlicious, kami menyediakan solusi lengkap untuk kamu. Tidak hanya corrugated box, kami juga melayani cetak stiker dan label, cetak paper bag, hingga pembuatan packaging makanan kreatif. Hubungi kami sekarang juga!

Related Posts

Write a comment