Yellow Board? Apaan Tuh? Yuk, Kenali Bahan Packaging Satu Ini!

Yellow Board? Apaan Tuh? Yuk, Kenali Bahan Packaging Satu Ini!

Kertas karton merupakan salah satu material yang sangat populer digunakan sebagai kemasan produk. Kertas karton terdiri dari berbagai macam jenis dan digunakan untuk beragam kebutuhan pengemasan mulai dari kemasan primer sampai kemasan sekunder. Salah satu jenis karton tersebut adalah yellow board atau karton kuning.

Apa itu karton yellow board? Apa saja jenis-jenis yellow board? Apa saja kelebihan dan berapa perkiraan harganya? Mari kita bahas secara lengkap dalam artikel ini!

Apa itu Yellow Board?

Apa itu yellow board?

Yellow board atau karton kuning dalam dunia pengemasan merujuk pada jenis kertas yang digunakan untuk mengemas produk. Yellow board umumnya tebal dan kuat. Seperti namanya, warna karton ini kuning atau kecokelatan yang umumnya berasal dari serat kayu alami tanpa proses pemutihan yang berlebihan.

Yellow board sering digunakan untuk membuat beragam jenis kerajinan, pembuatan hard cover buku, kotak untuk souvenir pernikahan, kotak untuk PR package hingga rigid box.

Di industri packaging, karton kuning adalah pilihan yang banyak dipakai untuk kebutuhan pembuatan kotak kemasan kosmetik, sepatu, produk elektronik, furniture sampai packaging makanan (biasanya kemasan sekunder yang tidak kontak langsung dengan makanan yang ada di dalamnya).

Jenis Karton Yellow Board

3 jenis karton yellow board

Meski yellow board digambarkan sebagai karton yang tebal, namun sebenarnya ada beberapa tingkat ketebalan atau gramasi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Ketika membeli toko, untuk menyebutkan tingkat ketebalan karton kuning biasanya menggunakan kode YB 30 dan YB 40. Berdasarkan gramasinya, jenis yellow board adalah sebagai berikut: 

1. 150 Gram

Karton yellow board 150 gram adalah varian tipis yang ideal untuk kemasan ringan. Dengan bobot yang ringan, memberikan kepraktisan dalam pembuatan kotak dan kemasan produk. Cocok digunakan untuk kemasan yang membutuhkan daya tahan yang cukup untuk produk-produk ringan.

2. 200 Gram

Karton yellow board 200 gram adalah jenis karton sedang yang umumnya digunakan untuk kemasan makanan. Dengan ketebalan yang memadai, karton ini memberikan perlindungan yang baik bagi produk, menjaga keutuhan dan presentasi makanan dengan tampilan profesional.

3. 250 Gram

Karton yellow board dengan berat 250 gram adalah pilihan ideal untuk kemasan berat. Dengan kekakuan dan ketahanannya, karton ini memberikan keamanan ekstra untuk produk berat, menjadikannya solusi yang kuat dan handal. Cocok digunakan untuk kemasan yang memerlukan daya tahan tinggi dan perlindungan maksimal.

Keunggulan Bahan Karton Yellow Board 

4 keunggulan bahan karton yellow board

Karton kuning bersama dengan jenis karton lainnya seperti corrugated board dan kertas duplex merupakan pilihan favorit dalam industri pengemasan. Ada beberapa keunggulan bahan yellow board yang membuatnya layak menjadi pilihanmu. Apa saja?

1. Kuat dan Tahan Lama 

Yellow board unggul karena kekuatannya yang luar biasa, memberikan kemasan yang tahan lama. Dengan daya tahan yang tinggi, bahan ini mampu melindungi produk dari kerusakan dan memberikan kehandalan dalam jangka waktu yang panjang, menjadikannya pilihan utama untuk kemasan yang membutuhkan kekuatan ekstra.

2. Bahan Ramah Lingkungan 

Yellow board memiliki keunggulan sebagai bahan ramah lingkungan karena umumnya dibuat dari serat kayu alami tanpa pemutihan berlebihan. Proses produksinya lebih berkelanjutan dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. 

Pilihan ini mendukung praktik kemasan yang bertanggung jawab dan membantu mengurangi jejak karbon. Sehingga, yellow board menjadi alternatif yang ramah lingkungan untuk kebutuhan kemasan.

Baca Juga: Mau Eco-Friendly? Ini Ide Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

3. Harga Terjangkau 

Yellow board menonjolkan keunggulan harga terjangkau, menjadikannya pilihan ekonomis untuk kemasan. Meskipun ekonomis, yellow board tetap menawarkan kekuatan dan ketahanan yang dibutuhkan untuk melindungi produk. Harga yang bersahabat membuatnya ideal bagi bisnis yang ingin efisien tanpa mengorbankan kualitas kemasan.

Sebagai perkiraan, kamu bisa menyimak daftar harga karton yellow board berdasarkan ukurannya berikut ini!

Ukuran Yellow BoardHarga per Lembar
Yellow Board 40 (10,5 cm x 14,6 cm x 1,5 mm)Rp550 
Yellow Board 40 (11 cm x 15,5 cm x 1,5 mm)Rp750 
Yellow Board 40 (16 cm x 16 cm x 1,15 mm)Rp1.100 
Yellow Board 40 (21 cm x 33 cm x 1,5 mm)Rp4.725 
Yellow Board 40 (63 cm x 75 cm x 1,5 mm)Rp11.000 
Yellow Board 30 (16 cm x 16 cm x 2 mm)Rp1.250 
Yellow Board 30 (21 cm x 30 cm x 2 mm)Rp1.295 
Yellow Board 30 (21,5 cm x 33 cm x 2 mm)Rp1.950 
Yellow Board 30 (25 cm x 25 cm x 2 mm)Rp2.000 
Yellow Board 30 (16 cm x 45 cm x 2 mm)Rp2.000 
Yellow Board 30 (21 cm x 30 cm x 2 mm)Rp2.200 
Yellow Board 30 (63 cm x 75 cm x 2 mm)Rp16.600 

Caption: Daftar harga karton yellow board

Perlu diketahui bahwa harga yang tertera di atas sifatnya hanya perkiraan. Harga di setiap toko atau distributor bisa berbeda satu sama lain.

4. Mudah Dibentuk dan Dicetak 

Yellow board memiliki keunggulan dalam kemudahan pembentukan dan pencetakan. Sifatnya yang mudah dibentuk memungkinkan desain kemasan yang kreatif dan sesuai kebutuhan. Kemampuannya untuk dicetak dengan baik mempermudah penambahan elemen grafis dan informasi produk, memberikan hasil akhir yang menarik secara visual. 

Tips Memilih Yellow Board 

3 tips memilih karton yellow board

Setelah mengetahui apa itu yellow board, kamu mungkin penasaran bagaimana cara memilih yellow board yang sesuai dengan kebutuhan bisnis atau pengemasanmu. Simak beberapa tipsnya berikut ini!

1. Pertimbangkan Ketebalan Yellow Board 

Saat memilih yellow board, pertimbangkan ketebalan yang sesuai. Ketebalan memengaruhi kekuatan dan daya tahan. Pilih yellow board dengan gramasi tinggi untuk kekuatan maksimal, mencegah sobek atau penyok pada kemasan, menjaga produk tetap aman dan terlindungi.

2. Pilih Jenis Finishing Sesuai Keperluan 

Saat memilih yellow board, pertimbangkan jenis finishing yang sesuai. Pilih doff untuk tampilan alami, atau glossy untuk sentuhan elegan dan mengkilap. Sesuaikan dengan kebutuhan kemasan untuk hasil akhir yang menarik dan sesuai dengan keinginanmu.

Baca Juga: Bingung Pilih Emboss atau Deboss? Cek Perbedaannya di Sini!

3. Perhatikan Kerapatan Serat Karton 

Saat memilih yellow board, perhatikan kerapatan serat karton. Pastikan seratnya rapat dan tidak berongga untuk kekuatan dan daya tahan maksimal. Kerapatan yang baik memastikan yellow board tetap kuat dan tahan lama, ideal untuk kemasan yang memerlukan integritas struktural yang tinggi.

Itu dia berbagai informasi penting mengenai apa itu yellow board, jenis, kelebihan hingga perkiraan harga per lembarnya. 

Ingin membuat kemasan dengan menggunakan bahan yellow board atau material karton lainnya? Di Paperlicious, kamu bisa menemukan jawabannya. Kami tidak hanya akan membantu kamu memilih material saja, tapi juga membantu desain kotak sesuai dengan kebutuhan pengemasanmu. 

Butuh pembuatan cetak stiker atau cetak paper bag? Kami juga siap melayani! Tunggu apalagi, hubungi Paperlicious sekarang juga!

Write a comment