Bosan Pakai Toples? Ini Dia Ide Kemasan Kue Kering Kekinian!

Kue kering merupakan produk yang laris manis saat hari besar tiba. Mulai dari momen Lebaran, Imlek, sampai acara Natal, banyak orang membeli kue kering. Tidak hanya untuk disajikan di rumah, tapi juga dikirimkan kepada orang-orang terdekat sebagai hampers Lebaran atau hampers Natal.

Bagi kamu yang memiliki bisnis kue kering, memiliki produk dengan kemasan kue kering kekinian itu perlu. Sebab dengan kemasan makanan unik, daya jual produkmu juga akan ikut meningkat.

Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara memilih kemasan kue kering unik sebagai opsi pengganti toples kue kering yang sudah terlalu mainstream sekaligus referensinya. Yuk, simak sampai tuntas!

5 Tips Memilih Kemasan Kue Kering 

5 tips memilih kemasan kue kering

Memilih kemasan seperti apa yang akan kamu gunakan untuk berbagai macam kue kering yang kamu produksi adalah langkah krusial. Selain cantik, pastikan kemasannya berfungsi dengan baik menjaga kesegaran dan tekstur kuenya. Simak tipsnya!

1. Pilih Bahan yang Tidak Tembus Cahaya 

Pilihlah bahan kemasan yang tidak tembus cahaya, seperti kaleng, toples, atau plastik opaque, untuk mencegah paparan cahaya yang dapat membuat kue cepat mengeras. Dengan menggunakan kemasan yang sesuai, kamu bisa memastikan bahwa kue kering tetap lezat dan renyah hingga sampai ke tangan pelanggan.

2. Gunakan Bahan Kedap Udara 

Bahan kedap udara memang kunci utama agar kue kering tetap renyah dan lezat. Selain itu, kemasan yang rapat juga bisa melindungi kue dari serangan udara dan kelembaban yang bisa merusak tekstur dan rasa kue. Dengan langkah ini, kue keringmu akan tetap fresh lebih lama.

3. Hindari Bahan yang Berbahaya 

Penting untuk memilih kemasan kue kering yang aman dan bebas bahan berbahaya seperti plastik BPA. Pilihlah bahan kemasan seperti PET atau PP untuk menjaga keamanan makanan. Kemasan yang aman tidak hanya melindungi kualitas kue, tetapi juga kesehatan konsumen.

Baca Juga: Jangan Main-Main, Ikuti Syarat Kemasan Produk Sebelum Jualan!

4. Sesuaikan Ukuran Kemasan dengan Isinya 

Tips memilih pembungkus produk kue kering yang berikutnya adalah memastikan kesesuaian ukurannya. Kemasan ideal tidak boleh terlalu longgar, yang dapat menyebabkan kue kering bergeser, atau terlalu penuh yang bisa merusak tekstur kue. Kemasan yang pas menjaga keutuhan kue kering saat transit dan memastikan pengalaman konsumen yang optimal.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Pakai! Ini Dia Ukuran Toples Kue Kering!

5. Pilih Desain Kemasan yang Menarik 

Tips memilih ide kemasan kue kering yang terakhir adalah memastikan desain kemasannya menarik. Pilihlah warna cerah dan mencolok untuk menarik perhatian konsumen, sementara desain kemasan kue kering cantik akan memberikan sentuhan estetis yang membuat kemasan terlihat lebih menarik secara visual. Desain yang atraktif dapat meningkatkan daya tarik produk kamu di pasaran.

Baca Juga: Siap Jualan? Ayo Bikin Label Makanan Sendiri di Canva!

7 Ide Kemasan Kue Kering yang Kekinian

Setelah mengetahui tips membuat kemasan kue kering lucu, kamu tentu penasaran kemasan seperti apa yang kira-kira menarik untuk digunakan pada produkmu. Simak beberapa contoh kemasan kue kering berikut ini dan jadikan sebagai referensi!

1. Kemasan Kue Kering Menyerupai Kotak Susu

Ide kemasan kue kering: kemasan mirip kue kotak susu

Credit: Lavernia & Cienfuegos di Behance

Kemasan kue kering ini memiliki bentuk menyerupai kotak susu dengan desain yang inovatif. Terbuat dari bahan paper kraft food grade, kemasan ini memiliki aspek ramah lingkungan. Bagian transparan di sisi kemasan berfungsi sebagai jendela, memperlihatkan dengan jelas kelezatan kue kering di dalamnya, memberikan konsumen gambaran langsung tentang produk yang menarik dan mengundang selera.

Agar ide kemasan kue kering ini terlihat semakin menarik, kamu bisa menambahkan elemen lain seperti logo tokomu yang menggemaskan atau tulisan-tulisan dengan menggunakan stiker.

Lihat Produk: Mika Gable

2. Kemasan Sekunder Kue Kering Model Flip Top yang Minimalis

Ide kemasan kue kering: kemasan flip top minimalis

Credit: Jieni Kao di Behance

Kalau kamu membutuhkan kemasan sekunder untuk kue kering yang dikemas individual dengan plastik, ide kemasan kue kering ini sangat menarik untuk dicoba.

Kotak kue kering dengan desain flip top ini memberikan sentuhan yang elegan sekaligus fungsional. Terbuat dari bahan karton atau corrugated board, kemasan ini akan memberikan kekuatan dan keamanan pada kue. Desainnya yang bersih dan minimalis dengan warna putih menciptakan kesan kebersihan dan keanggunan. Secara keseluruhan, kotak ini tidak hanya menyajikan kue dengan baik, tetapi juga memancarkan estetika yang modern dan simpel.

Lihat Produk: Hardbox Custom

3. Kemasan Kue Kering Elegan dengan Desain Seperti Laci

Ide kemasan kue kering: kemasan dengan desain seperti laci

Credit: Malak Said di Behance

Kemasan kue kering ini memiliki desain unik berbentuk seperti laci, terdiri dari dua bagian utama: wadah dan penutup. Dibuat dari bahan kertas ivory yang memberikan sentuhan mewah, dengan permukaan glossy yang menambah kilauan elegan. Penggunaan warna-warna minimalis pada kemasan memberikan kesan yang bersih dan modern, menambah daya tarik produk secara keseluruhan.

Lihat Produk: Sleeve Box

4. Kemasan Kue Kering Berupa Flexible Pouch

Ide kemasan kue kering: kemasan berupa flexible pouch

Credit: Vaneeza Amanat di Behance

Kemasan kue kering ini dirancang dalam bentuk flexible pouch yang terbuat dari bahan plastik, memberikan kemudahan penggunaan dan fleksibilitas dalam penyimpanan. Memikat mata, gambar kue kering yang tercetak dengan ukuran besar di permukaan kemasan menonjol, menciptakan daya tarik visual yang menggoda dan memberikan gambaran jelas tentang kelezatan isi produk di dalamnya.

Baca Juga: Mau Pakai Kemasan Fleksibel? Ini Dia Contoh Kemasannya!

5. Kemasan Kue Single Pack dari Kertas

Ide kemasan kue kering: kemasan single pack dari kertas

Credit: Soumya Argawal di Behance

Kemasan ini memiliki bentuk mirip amplop yang ideal untuk membungkus cookies satuan. Dibuat dari kertas greaseproof, kemasan ini dapat menjaga kelembutan kue. Di bagian luar, terhias dengan tulisan dan doodle yang menggemaskan, menambah sentuhan visual yang menarik. Untuk ‘pengunci’ di kemasan, kamu bisa menggunakan stiker yang unik atau lucu. Ini tidak hanya praktis tapi menambah daya tarik kemasan secara keseluruhan. Kemasan ini sangat cocok untuk mengemas soft cookies dengan apik.

6. Kemasan Kue Kering Berupa Standing Pouch dengan Zip Lock

Ide kemasan kue kering: kemasan standing pouch dengan zip lock

Credit: Anh Thie di Pinterest

Kemasan kue kering ini memiliki bentuk standing pouch dengan zip lock yang memudahkan akses dan menjaga kesegaran. Terbuat dari plastik, bagian depan transparan memperlihatkan isinya, sementara bagian belakang berwarna cokelat muda memberikan sentuhan elegan. Stiker dengan logo ditempelkan secara strategis di bagian transparan, menambah daya tarik visual dan memperkuat identitas merek.

Lihat Produk: Pouch

7. Kemasan Kue Kering Berbentuk Gable Box

Ide kemasan kue kering: kemasan bentuk gable box

Credit: Alishba Munir di Behance

Jika kamu memiliki beberapa varian kue kering yang ingin dikemas menjadi satu sebagai hampers, kemasan dengan bentuk gable box ini bisa jadi wadah yang menarik sekaligus elegan. Kamu bisa memilih warna sesuai dengan tema. Misalnya merah dan hijau untuk momen acara Natal atau warna hijau dan corak ketupat untuk moment Lebaran.

Gunakan karton berukuran tebal dengan finishing doff untuk memberikan kesan yang mewah sekaligus estetik. Gunakan teknik desain seperti embossing atau debossing untuk tulisan atau logo di permukaan kotak akan sangat berpengaruh pada keindahan kemasan secara keseluruhan. Jadi, pastikan kamu menyerahkan proses desainnya pada pihak yang sudah berpengalaman, ya!

Sudah dapat ide kemasan kue kering yang akan kamu gunakan untuk mengemas produkmu? Jangan ragu untuk menghubungi Paperlicious sekarang juga! Kami siap membantu kamu menentukan desain, memilih bahan dan tentu saja memproduksi kemasan kue kering sesuai dengan preferensi dan kebutuhan bisnismu.

Write a comment