Pemilihan warna kemasan makanan menjadi aspek penting. Anda tak boleh memilih warna secara serampangan dan bakal membuat tampilan produk tidak menarik di mata konsumen. Oleh karena itu, dalam pemilihan warna kemasan yang menarik, Anda perlu terlebih dahulu memahami maknanya.
Pentingnya Warna dalam Kemasan Produk
Penggunaan warna yang tepat termasuk salah satu kriteria kemasan produk yang baik. Apalagi, unsur warna pada kemasan menjadi komponen penting dalam strategi branding sebuah produk. Oleh karena itu, pilih warna jangan hanya menjiplak contoh kemasan makanan ringan yang disukai, tetapi sesuaikan dengan branding.
Penggunaan warna yang cocok untuk kemasan makanan berkaitan erat dengan psikologi warna. Dalam ilmu psikologi, sebuah warna dapat mempengaruhi perilaku dan bahkan pengambilan keputusan. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan warna yang dapat mendorong keinginan konsumen untuk membeli produk.
Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas layanan cetak kemasan. Pastikan untuk menggunakan layanan cetak kemasan yang mampu memberikan hasil berkualitas. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh hasil cetak warna kemasan sesuai ekspektasi.
Untuk solusi terbaiknya, Anda bisa menggunakan jasa cetak kemasan dari Paperlicious. Di Paperlicious, Anda dapat melakukan pemesanan kemasan custom secara leluasa. Anda juga dapat berkreasi dengan memilih berbagai warna sesuai dengan kebutuhan. Hasil cetak warna kemasan juga akan terlihat bagus dan sesuai keinginan.
Warna Kemasan Produk Makanan yang Menarik
Biar Anda tidak salah dalam menentukan pilihan warna yang cocok untuk kemasan makanan, pertimbangkan untuk menggunakan corak yang menarik sebagai berikut:
1. Warna Kemasan yang Menarik Merah
Opsi pertama, Anda bisa menggunakan warna yang menarik pembeli berupa warna merah. Merah merupakan jenis warna yang mempunyai kesan sangat kuat. Selain itu, pemilihan warna merah juga membuat kemasan terlihat begitu dominan dan menonjol.
Selain itu, Anda bakal menjumpai banyak contoh kemasan snack yang menarik berwarna merah yang menimbulkan kesan terlihat lebih besar. Bahkan, penggunaan warna merah juga dapat mendorong keinginan pembeli untuk mencoba produk makanan yang ada di dalam kemasan.
2. Warna Kemasan yang Menarik Biru
Berikutnya, Anda bisa menggunakan berbagai jenis kemasan plastik dengan warna biru. Pemilihan warna biru yang identik dengan langit atau laut dapat menimbulkan kesan yang segar. Selain itu, biru juga menjadi representasi dari rasa percaya dan ketenangan.
Dengan arti seperti itu, biru termasuk warna yang cocok untuk kemasan makanan. Sebagai contoh, Anda bakal sering menjumpai penggunaan warna biru untuk produk makanan yang memiliki rasa mint, produk dengan rasa seafood, serta produk suplemen.
Baca juga: Perbedaan Kemasan Primer Sekunder dan Tersier, Apa Saja?
3. Warna Kemasan yang Menarik Hijau
Pertimbangan selanjutnya dalam memilih warna kemasan yang menarik adalah hijau. Hijau mempunyai asosiasi yang begitu erat dengan suasana alami, tenang, dan sekaligus memunculkan kesegaran. Selain itu, hijau juga dapat Anda asosiasikan dengan kesehatan dan kemurahan hati.
Dengan arti seperti itu, tak heran kalau hijau sering menjadi pilihan warna untuk kemasan obat herbal. Selain itu, Anda bisa pula mempertimbangkan penggunaannya sebagai representasi dari varian rasa produk makanan. Misalnya, Anda menggunakannya untuk produk dengan rasa green tea atau rumput laut.
4. Warna Kemasan yang Menarik Orange
Jika ingin warna kemasan makanan yang terlihat mencolok, bisa mempertimbangkan warna oranye. Warna ini merupakan representasi dari kreativitas, antusiasme, dan semangat muda. Pemilihannya pun kerap digunakan untuk menunjukkan ekspresi kegembiraan dan kebahagiaan.
Dalam produk makanan, Anda dapat memanfaatkan warna oranye yang mencolok sebagai sarana untuk menarik perhatian konsumen. Lalu, jenis makanan seperti apa yang cocok?
Anda bisa menggunakannya untuk produk makanan yang menyasar segmen pembeli anak muda. Selain itu, bisa pula memakai warna oranye sebagai representasi varian rasa jeruk.
5. Warna Kemasan yang Menarik Kuning
Corak kemasan yang tidak kalah mencoloknya adalah dengan menggunakan warna kuning. Pemilihan warna kuning akan membuat Anda bisa dengan mudah memenuhi salah satu kriteria dalam membuat kemasan produk yang menarik.
Kuning merupakan warna yang merepresentasikan sikap positif, optimis, ceria, serta bahagia. Selain itu, pemakaian warna kuning juga dapat memperlihatkan nuansa yang penuh kehangatan dan menyenangkan.
Pemilihan warna kuning pun sangat cocok untuk berbagai produk makanan ringan. Selain itu, Anda dapat memanfaatkannya untuk produk lain seperti biskuit, makanan anak-anak, maupun produk makanan dengan varian keju.
6. Warna Kemasan yang Menarik Putih
Terakhir, Anda bisa mempertimbangkan pilihan pada warna kemasan putih. Pemilihan warna putih memberikan keleluasaan Anda untuk mengombinasikannya dengan warna lain, termasuk di antaranya adalah kuning, oranye, biru, maupun hitam.
Selain itu, putih juga mempunyai psikologi warna yang menarik. Penggunaan warna putih merepresentasikan kebersihan dan higienitas. Selain itu, putih juga menjadi simbol dari kerendahan hati, kebaikan, serta kepolosan.
Jika Anda menggunakannya untuk warna kemasan makanan, ada banyak pilihan produk yang bisa menggunakan warna putih. Misalnya, Anda dapat memanfaatkannya untuk kemasan produk olahan susu.
Nah, sekarang Anda sudah bisa memahami arti dari setiap warna pada kemasan, kan? Dengan pemahaman arti tersebut, Anda jadi tidak boleh sembarangan dalam memilih warna pada kemasan.
Pastikan warna yang Anda gunakan benar-benar merepresentasikan citra brand yang tengah Anda bangun. Dengan begitu, pemilihan warna tersebut dapat membuat brand bisnis terbangun secara positif.