Anda sudah mengenal apa itu kemasan produk yang keberadaannya memiliki peran dalam melindungi serta membuat produk jadi lebih menarik. Selain itu, pastikan Anda tahu apa saja kriteria kemasan yang baik. Penerapannya berlaku secara umum, baik untuk jenis kemasan plastik, kardus, maupun bahan lainnya.
Apa Syarat Kemasan Produk yang Baik?
Lalu, apa syarat kemasan produk yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan pengemasan produk? Ada 8 faktor kemasan produk yang baik dan perlu menjadi perhatian Anda dalam perancangan packaging adalah:
1. Biaya yang Dikeluarkan Murah
Aspek pertama dalam kriteria kemasan produk yang harus menjadi perhatian adalah biaya. Pertimbangkan untuk memilih jenis kemasan makanan maupun produk lain dengan biaya yang rendah. Tujuannya adalah agar biaya kemasan tidak terlalu membebani harga pasaran produk.
Kunci utamanya adalah memastikan kalau keberadaan packaging dapat memenuhi tujuan pengemasan produk secara menyeluruh. Dengan begitu, kemasan yang Anda buat mampu memberi perlindungan pada produk dan membuatnya terlihat menarik di mata konsumen.
2. Tidak ada Kandungan Berbahaya
Jika mempunyai produk berupa makanan, maka pertimbangkan aspek keamanan produk. Salah satunya adalah dengan menghindari pemakaian kandungan bahan yang berbahaya pada kemasan. Oleh karena itu, utamakan pilihan pada kemasan food grade yang penggunaannya memang ditujukan untuk makanan dan minuman.
Berkaitan dengan desainnya, Anda bisa menggunakan referensi dari berbagai contoh kemasan makanan ringan di pasaran. Selanjutnya, Anda pun tinggal menentukan bentuk maupun bahan kemasan sesuai dengan kebutuhan.
Ada banyak pilihan jenis kemasan food grade yang bisa Anda pertimbangkan untuk penggunaan kemasan makanan. Anda bisa memilih kemasan dengan bahan plastik, kertas atau karton, kaca, bahan laminasi, maupun logam yang tahan karat.
Baca juga: 7 Jenis Kemasan Plastik Botol, Tebak Biasanya Kamu Pakai yang Mana?
3. Cocok dengan Produk yang Dikemas
Kriteria kemasan produk yang baik selanjutnya adalah kesesuaian dengan produk di dalamnya. Anda perlu memastikan kesesuaian kemasan dengan konsep atau tema produk yang ada di dalamnya. Kesesuaian ini sangat penting agar keberadaan kemasan dapat mendukung strategi pemasaran produk.
Untuk bisa memilih jenis kemasan yang sesuai dengan karakteristik produk, Anda perlu mengetahui seluk-beluknya secara mendetail. Termasuk di antaranya adalah target pemasaran, lokasi pemasaran, proses distribusi, dan lain sebagainya.
Baca juga: Ini Contoh Marketing Mix 4P Produk Makanan yang Bisa Kamu ATM!
4. Ada Jaminan Sanitasi dan Persyaratan Kesehatan
Anda mungkin sudah merancang kemasan produk dengan tanpa ada kandungan bahan berbahaya di dalamnya. Namun, itu saja belum cukup. Berkaitan dengan kriteria kemasan produk makanan, Anda perlu memperhatikan pula persyaratan terkait sanitasi.
Persyaratan sanitasi berkaitan dengan komitmen dalam menjaga kebersihan serta higienitas selama proses produksi dan pengemasan. Dengan begitu, kemasan tersebut memenuhi standar kesehatan yang ada dan tidak menimbulkan efek samping bagi konsumen.
5. Kemasan yang Fungsional
Kriteria kemasan produk yang berikutnya adalah terkait fungsionalitasnya. Kemasan yang Anda pilih harus mampu menjalankan fungsi kemasan secara optimal. Fungsi tersebut cukup beragam, tidak hanya berkaitan dengan proses penyimpanan, tetapi juga pengirimannya sampai ke tangan konsumen.
Kemasan fungsional merupakan kemasan yang setiap bagiannya mempunyai manfaat. Jadi, Anda tidak merancangnya secara serampangan tanpa ada fungsi sama sekali. Untuk bisa mendapatkan kemasan yang fungsional, Anda bisa memilih untuk memakai produk kemasan yang ada di pasaran atau memesannya secara custom.
Untuk kebutuhan kemasan produk secara custom, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di Paperlicious. Paperlicious menyediakan layanan cetak kemasan produk dalam berbagai bentuk dan desain sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya produk makanan, Anda bisa pula melakukan pemesanan untuk produk lainnya.
Selain itu, Paperlicious juga menyediakan berbagai pilihan bahan yang bisa Anda gunakan untuk pembuatan kemasan. Anda bisa memilih bahan yang relatif murah seperti karton dan plastik, atau bisa pula mempertimbangkan pilihan bahan yang elegan seperti hardbox atau mika.
Sebagai pelengkap, jangan lupa untuk mencantumkan informasi produk secara lengkap pada kemasan. Cantumkan berbagai simbol pada kemasan. Keberadaan simbol sangatlah penting, karena arti simbol pada kemasan makanan berguna sebagai informasi terkait produk yang ada di dalam kemasan.
Baca juga: 3 Jenis Plastik Mika Cari Tau Dulu Ya Sebelum Membelinya!
6. Kemasan Dapat Didaur Ulang
Dalam penggunaan kemasan produk, Anda memang dapat menentukan jenis bahan sesuai kebutuhan. Hanya saja, jangan memilih bahan secara sembarangan. Utamakan pemilihan bahan yang bisa didaur ulang. Pemilihan bahan yang bisa didaur ulang menjadi salah satu kriteria kemasan yang baik dan sangat penting.
Pemilihan bahan kemasan yang dapat didaur ulang sangat penting sebagai upaya dalam menjaga kelangsungan lingkungan. Pemakaiannya menjadi wujud kontribusi usaha Anda dalam mengurangi risiko kerusakan lingkungan. Bahkan, Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai bagian dari branding bisnis.
7. Dapat Mengeluarkan “Isi” Produk dengan Mudah
Kriteria kemasan yang baik selanjutnya adalah memberi kemudahan konsumen ketika ingin mengetahui isi dari kemasan tersebut. Jangan sampai konsumen mengalami kesulitan ketika ingin membuka. Bahkan, sampai mengakibatkan isi produk berceceran saat dibuka.
Kalau perlu, kemasan yang Anda desain dapat memberikan pengalaman unboxing yang seru. Dengan begitu, konsumen akan merasakan kepuasan tersendiri saat membuka kemasan tersebut. Apalagi, bagi Anda yang menjual produk unik dan ditujukan untuk segmen menengah ke atas.
8. Menjamin Ukuran, Berat dan Bentuk yang Harus Sesuai
Banyak pertanyaan tentang kemasan produk berkaitan dengan bentuk, berat maupun ukurannya. Anda memang dapat berkreasi secara bebas untuk menentukan bentuk maupun ukuran dari sebuah kemasan produk. Namun, pastikan kalau bentuk, berat serta ukuran kemasan tersebut sesuai dengan produk yang ada di dalamnya.
Pemakaian ukuran, berat, ataupun bentuk yang sesuai memberikan banyak manfaat. Anda bisa menghemat biaya pembuatan kemasan. Selain itu, proses pengiriman serta penyimpanan produk juga menjadi lebih efektif dan efisien. Konsumen juga tidak akan mengalami kesulitan dalam membawa kemasan tersebut.
Baca juga: LENGKAP! Ini Dia Berbagai Ukuran Box Kue Untuk Jualan Kuemu
Nah, itulah 8 kriteria aspek penting yang perlu menjadi pertimbangan saat merancang kemasan berbagai produk. Dengan desain kemasan yang memenuhi kriteria tersebut, keberadaannya bisa membuat produk Anda terlihat lebih menarik di mata pelanggan. Semoga bermanfaat, ya.