Bisnis makanan menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Apalagi, kalau Anda mampu mengembangkannya secara luas dan menjadi sebuah bisnis franchise. Kalau mampu menjalankannya dengan baik, bisnis tersebut bisa menjadi salah satu franchise makanan terlaris di Indonesia.
Sebagai gambaran, bisnis franchise makanan di Indonesia berkembang sangat pesat. Ada banyak brand yang berkembang pesat dan menjadi franchise makanan dan minuman terlaris. Dari sekian banyak merek, terdapat 10 brand franchise yang sangat laris dan banyak diburu pelanggan, yakni:
1. Franchise Makanan Ayam Sabana
Pertama, Anda bisa menjumpai produk ayam goreng dengan brand Sabana. Bisnis ini sudah berjalan sejak tahun 2006 dan memiliki mitra yang tersebar di berbagai kota di Pulau Jawa dan Sumatera. Dengan jaringan yang begitu luas, tak heran kalau Sabana menjadi salah satu franchise terlaris di Indonesia.
Sabana secara khusus menyasar segmen menengah ke bawah. Dengan harga yang murah, Sabana menjanjikan ayam goreng nikmat, tak kalah dibandingkan dengan produk serupa yang harganya lebih mahal. Sebagai pelengkap, mereka pun menerapkan syarat serta kriteria kemasan yang baik secara tepat.
2. Franchise Makanan Bakso Benhil
Bakso menjadi salah satu jenis makanan favorit orang Indonesia. Oleh karena itu, tak heran kalau Bakso Benhil dapat menjelma menjadi salah satu franchise makanan terlaris. Apalagi, bisnis franchise makanan ini sudah berdiri sejak tahun 2011 dan mempunyai puluhan mitra di berbagai kota di tanah air.
Kelebihan dari franchise Bakso Benhil adalah kemudahan bagi setiap orang yang ingin bergabung menjadi mitra. Apalagi, modal yang perlu disiapkan untuk menjadi mitra Bakso Benhil relatif murah. Ditambah lagi, resep bakso serta mie ayam yang mereka miliki, terkenal dengan cita rasanya yang enak.
Baca juga: 5 Contoh Branding Produk Makanan, Bisa Jadi Inspirasi Untuk Bisnismu
3. Franchise Makanan Kebab Baba Rafi
Dengan menggunakan jenis kemasan makanan yang sederhana, Baba Rafi kini berkembang menjadi franchise kebab terpopuler di Indonesia. Berdiri pada tahun 2003 di Kota Surabaya, Baba Rafi saat ini menjadi salah satu franchise terlaris sepanjang masa. Tak cuma di dalam negeri, tetapi juga pasar mancanegara.
Jumlah mitra yang telah bergabung dengan Baba Rafi pun sangat banyak. Secara keseluruhan, Baba Rafi punya sebanyak lebih dari 1.300 outlet di berbagai kota di Indonesia. Sebagai tambahan, mereka juga memiliki sekitar 68 mitra yang tersebar di 9 negara, termasuk di antaranya adalah Belanda, Malaysia, dan Filipina.
Kesuksesan Baba Rafi sebagai salah satu franchise makanan terpopuler menjadi inspirasi menarik bagi banyak pelaku UMKM di Indonesia. Dengan strategi branding yang jitu, Baba Rafi dapat berkembang begitu pesat. Padahal, mereka memulai bisnis ini berawal dari gerobak biasa.
Anda pun bisa mendapatkan kesuksesan serupa. Kuncinya, Anda perlu mengadopsi strategi branding yang tepat sejak awal memulai bisnis. Selain menyiapkan nama brand, logo, jangan lupa pula untuk merancang desain kemasan yang tepat. Apalagi, jika Anda memiliki produk berupa makanan.
Cari tahu apa syarat kemasan produk makanan yang wajib Anda ketahui. Selain itu, pahami pula tujuan pengemasan produk. Dari situ, Anda dapat merancang desain kemasan yang unik dan membuat produk terlihat lebih menarik di mata pelanggan.
Untuk solusi cetak kemasan, Anda dapat mempercayakannya kepada Paperlicious. Di Paperlicious, Anda bisa memperoleh jaminan hasil cetak kemasan yang berkualitas. Pilihan bahan yang dapat Anda gunakan juga beragam, termasuk bahan food grade yang cocok untuk produk makanan.
4. Rocket Chicken
Selain Sabana, ada pula franchise ayam goreng yang juga terkenal dan mempunyai jaringan luas di Indonesia. Namanya adalah Rocket Chicken. Memulai bisnis pertamanya pada tahun 2010 di Semarang, Rocket Chicken tercatat sudah ada lebih dari 1.000 gerai di berbagai kota di Indonesia pada 2022.
Rocket Chicken menawarkan sistem waralaba yang relatif terjangkau. Keberadaannya pun menjadi alternatif bagi para pelaku usaha yang ingin menjalankan bisnis makanan cepat saji seperti McDonald. Karena harganya yang cukup terjangkau tersebut, tidak heran kalau banyak pelaku usaha yang tertarik dengan Rocket Chicken.
Baca juga: Biar Laris dan Menggugah, Gini Caranya Foto Produk Makanan!
5. Es Teh Indonesia
Berikutnya ada nama Es Teh Indonesia. Franchise terlaris ini menawarkan produk berupa es teh yang disajikan dengan berbagai pilihan rasa. Secara keseluruhan, Anda bisa menjumpai adanya 22 varian rasa yang unik. Menariknya lagi, keberadaan Nagita Slavina sebagai CEO membuat brand Es Teh Indonesia punya exposure yang tinggi.
Hanya saja, Es Teh Indonesia memberlakukan sistem kemitraan dengan harga yang relatif cukup tinggi. Anda perlu menyiapkan uang sekitar 120 juta rupiah untuk bisa menjadi salah satu mitra. Meski begitu, usaha ini menawarkan potensi untung yang begitu besar, mencapai 20-30 juta per bulan.
6. Kuch2hotahu
Berikutnya, ada pula brand Kuch2hotahu yang sudah berdiri sejak tahun 2011. Dengan desain kemasan makanan ringan yang praktis dan sederhana, Kuch2hotahu mampu mengembangkan diri menjadi salah satu waralaba terpopuler di Indonesia.
Kuch2hotahu merupakan waralaba dengan produk yang sederhana, berupa tahu crispy kekinian. Namun, inovasi yang terus mereka lakukan, membuat Kuch2hotahu berkembang menjadi salah satu franchise makanan ringan terlaris di Indonesia.
7. Simhae Korean BBQ
Berikutnya, ada pula franchise makanan dan minuman terlaris yang ada pada brand Simhae Korean BBQ. Franchise ini merupakan bisnis restoran all you can eat ala Korea Selatan yang populer. Mereka mempunyai berbagai cabang di berbagai kota, seperti Jakarta dan Medan.
Dengan konsep makan sepuasnya, tak heran kalau Simhae Korean BBQ menjadi pilihan tempat makan favorit banyak orang. Apalagi, pilihan menu yang tersedia sangat menarik, termasuk di antaranya adalah daging wagyu yang terasa lumer di mulut.
8. Franchise Makanan Mie Gacoan
Jika berkunjung ke berbagai kota di Indonesia, kamu bakal sering menemukan franchise makanan terlaris yang satu ini, yakni Mie Gacoan. Bahkan, area parkiran tempat makan seolah tidak pernah sepi.
Waralaba ini terbilang masih baru, berdiri tahun 2016 di Kota Malang. Namun, keunikan rasa dan harga makanan yang murah, membuat Mie Gacoan begitu populer di kalangan anak muda. Alhasil, Mie Gacoan terkenal sebagai salah satu waralaba makanan yang sangat laris.
9. Es Teler 77
Ada pula nama Es Teler 77 yang merupakan salah satu franchise terlaris sepanjang masa. Es Teler 77 sudah berdiri sejak tahun 1982. Total, mereka sudah punya sebanyak 200 outlet di berbagai lokasi. Tak cuma di dalam negeri, tetapi juga beberapa di antaranya ada di Malaysia, Singapura, dan Australia.
Baca juga: 6 Jenis Ukuran Paper Cup Paling Sering Digunakan Penjual Minuman
10. Jajanan Korea Gildak
Terakhir, ada franchise Gildak Indonesia. Franchise yang satu ini merupakan waralaba yang menjual makanan ala Korea dengan harga yang murah meriah dan bersertifikat halal. Meski terbilang masih baru, Gildak Indonesia sudah berkembang cukup pesat dan mempunyai lebih dari 100 outlet di berbagai tempat di Indonesia.
Nah, itulah 10 franchise makanan terlaris yang menarik untuk Anda ketahui. Tak menutup kemungkinan, brand Anda bisa pula mengikuti jejak kesuksesan brand-brand tersebut. Yuk, bersama majukan UMKM Indonesia!