Jangan Main-Main, Ikuti Syarat Kemasan Produk Sebelum Jualan!

Jangan Main-Main, Ikuti Syarat Kemasan Produk Sebelum Jualan!

Apa pun produk yang kamu jual, kemasan memiliki peran yang sangat krusial. Kemasan itu seperti wajah produk yang dilihat pertama kali sebelum isi produknya. Kemasan yang menarik dapat menarik perhatian konsumen, membuat produk lebih mudah dikenali, dan memberikan kesan positif.

Kemasan produk memiliki berbagai fungsi dan syarat, tergantung pada jenis produk yang akan dikemas. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang apa syarat kemasan produk termasuk syarat kemasan produk makanan. Simak sampai tuntas agar tidak salah pilih, ya!

Pengertian dan Fungsi Kemasan Produk

Pengertian dan Fungsi Kemasan Produk

Kemasan produk merujuk pada bungkus atau wadah fisik yang digunakan untuk melindungi, mengemas, dan mempresentasikan suatu produk. Ini mencakup semua materi atau teknologi yang digunakan untuk membungkus, melindungi, dan menampilkan produk tersebut. 

Kemasan produk dapat berupa berbagai jenis, mulai dari kotak karton, botol plastik, kantong kertas, hingga blister pack. Desain kemasan juga dapat mencakup elemen-elemen grafis, label, dan informasi tambahan yang membantu mengidentifikasi merek dan memberikan informasi produk yang diperlukan. Kemasan memiliki berbagai fungsi antara lain:

  • Melindungi produk dari kerusakan
    Kemasan berperan sebagai perisai, melindungi produk dari guncangan, kelembaban, dan potensi kerusakan selama distribusi dan penyimpanan.
  • Memudahkan penyimpanan dan transportasi
    Desain kemasan yang dibuat dengan mempertimbangkan efisiensi ruang dan kestabilan akan memudahkan proses penyimpanan dan distribusi produk
  • Memberikan informasi mengenai produk
    Kemasan menyampaikan informasi krusial seperti instruksi penggunaan, bahan, dan tanggal kedaluwarsa, membantu konsumen membuat keputusan yang informasional.
  • Meningkatkan daya tarik produk
    Desain kemasan yang menarik memikat perhatian konsumen, menciptakan kesan positif, dan membedakan produk dari pesaing, mendukung strategi marketing.

Kenapa Kita Harus Mematuhi Syarat Kemasan Produk? 

Syarat kemasan produk yang baik adalah sesuatu yang wajib dipatuhi. Mematuhi syarat kemasan produk penting karena memastikan keamanan, kualitas, dan informasi yang akurat bagi konsumen. 

Syarat-syarat ini tidak hanya melibatkan kepatuhan terhadap peraturan pemerintah, tetapi juga menjamin keberlanjutan bisnis dan citra merek. Kemasan yang memenuhi standar juga meminimalkan risiko hukum dan meningkatkan kepercayaan konsumen, membuktikan bahwa produk diproduksi dan dikemas dengan standar tertinggi.

Jadi, Apa Syarat Kemasan Produk yang Baik Itu? 

Sebelum memulai bisnis, penting bagi semua pengusaha untuk mengetahui apa syarat kemasan produk. Secara umum, persyaratan yang wajib dipenuhi adalah sebagai berikut:

1. Aman, Kuat, dan Tidak Membahayakan Kesehatan Konsumen

Syarat kemasan produk: aman, kuat, tidak membahayakan konsumen

Kemasan harus dirancang untuk melindungi produk tanpa membahayakan kesehatan. Bahan yang aman dan kokoh mencegah kontaminasi dan kerusakan selama distribusi, memastikan produk sampai pada konsumen dalam kondisi yang baik.

Syarat kemasan produk setengah jadi dan makanan misalnya, sudah ditentukan langsung oleh pemerintah. Aturan ini tertuang dalam Undang-undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan, mulai dari Pasal 82. 

Dalam aturan tersebut dikatakan bahwa pelaku usaha yang memproduksi bahan makanan (baik makanan yang siap santap ataupun setengah jadi), wajib menggunakan kemasan pangan yang aman dan tidak membahayakan kesehatan manusia. Kemasan juga tidak boleh melepaskan limbah yang berbahaya ke lingkungan. 

2. Mudah Dikenali dan Dipahami oleh Konsumen

Desain kemasan harus intuitif dan mencolok agar konsumen dapat dengan mudah mengidentifikasi produk dan memahami informasi yang disampaikan, mendukung pengalaman konsumen yang positif.

Desain kemasan yang berkaitan dengan informasi produk sebaiknya dibuat dengan jelas dan dengan ukuran yang cukup besar. Ini untuk memudahkan konsumen dalam memahami informasi terkait produk yang mereka beli.

3. Memuat Informasi yang Benar dan Lengkap

Syarat kemasan produk: memuat informasi yang benar dan lengkap

Kemasan harus menyediakan informasi yang akurat, termasuk instruksi penggunaan, bahan-bahan, dan tanggal kedaluwarsa. Ini membantu konsumen membuat keputusan yang informasional dan membangun kepercayaan terhadap bisnismu.

4. Ramah Lingkungan

Syarat kemasan produk: ramah lingkungan

Kemasan harus dibuat dan didesain dengan mempertimbangkan dampak lingkungan. Caranya adalah dengan menggunakan bahan ramah lingkungan dan mengurangi limbah. Ini adalah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dan menarik konsumen yang peduli terhadap lingkungan. Oleh sebab itu, kamu direkomendasikan untuk memilih opsi kemasan eco-friendly, khususnya kemasan makanan ramah lingkungan.

Untuk membuat kemasan yang sesuai dengan syarat-syarat di atas, kamu perlu memilih produsen tepercaya. Paperlicious menyediakan jasa pembuatan kemasan berupa soft box, hard box, paper bag hingga packaging makanan unik yang bisa kamu desain dan pilih bahannya sendiri. Jangan lupa tambahkan elemen dekoratif dan informatif pada kemasan produk kamu dengan menggunakan bahan stiker yang bagus dari Paperlicious.

Tips Penting dalam Pembuatan Kemasan Produk

Tips dalam membuat kemasan produk

Setelah mengetahui apa syarat kemasan produk, kamu perlu tahu langkah-langkah apa saja yang dibutuhkan untuk membuat desain kemasan yang fungsional, menarik dan memenuhi syarat. Simak selengkapnya dalam tips berikut ini!

1. Kenali Target Pasar

Tidak hanya produk, kemasan juga perlu dibuat dengan mempertimbangkan target pasar yang ingin kamu tuju. Dengan menciptakan desain kemasan sesuai preferensi dan kebutuhan konsumen potensial, daya tarik produkmu akan meningkat di mata mereka. Ini bisa meningkatkan peluang pembelian.

2. Buat Kemasan yang Fungsional dan Estetik

Desain kemasan tidak hanya sekadar melindungi produk di dalamnya. Desain juga harus memadukan estetika yang menarik dengan fungsionalitas. Ini demi memastikan pengalaman pengguna yang baik dan memberikan nilai tambah pada produk yang dijual.

3. Berikan Informasi yang Jelas

Sediakan informasi yang jelas dan lengkap di kemasan kamu. Ini akan membantu mendukung keputusan pembelian konsumen sekaligus membangun kepercayaan mereka terhadap produkmu.

4. Ketahui Regulasi yang Berlaku

Setiap produk memiliki standar pengemasan yang berbeda-beda. Syarat kemasan produk internasional tentu berbeda dengan produk yang akan dipasarkan di dalam negeri. Dengan memahami regulasi pemerintah terkait keamanan produk dan kemasan, ini menunjukkan kepatuhanmu pada peraturan yang berlaku. Ini juga akan membantu meningkatkan kepercayaan konsumen.

5. Pilih Kemasan yang Ramah Lingkungan

Sampah kemasan masih menjadi problem di berbagai belahan dunia, terutama kemasan yang sulit didaur ulang seperti plastik. Untuk meminimalisasi dampak lingkungan akibat limbah kemasan, pengusaha disarankan untuk menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Ini bukan hanya sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap keberlangsungan (sustainability), tapi juga meningkatkan reputasi brand di mata publik.

Baca Juga: Cara Mengurangi Sampah Plastik Biar Cuaca Gak Makin Panas!

6. Kemasan Harus Inovatif Namun Tetap Fungsional

Desain kemasan yang inovatif harus tetap memprioritaskan fungsionalitas, memberikan nilai tambah tanpa mengorbankan kemudahan penggunaan dan penyimpanan.

7. Konsistensi Merek

Mempertahankan konsistensi merek melalui desain kemasan menguatkan citra merek, membantu konsumen mengidentifikasi dan memercayai produk seiring waktu.

Baca Juga: Siap Jualan? Ayo Bikin Label Makanan Sendiri di Canva!

8. Lakukan Pengujian Kepada Konsumen

Melakukan uji pasar dan survei adalah langkah kritis untuk menggali lebih dalam ke dalam preferensi, kebutuhan, dan reaksi konsumen terhadap kemasan produk. Memanfaatkan umpan balik langsung dari konsumen memungkinkan penyesuaian desain kemasan agar lebih sesuai dengan harapan pasar, menciptakan kemasan yang tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga memenuhi ekspektasi konsumen.

Itu dia berbagai informasi penting mengenai apa syarat kemasan yang harus kamu penuhi sebelum memutuskan untuk meluncurkan sebuah produk. Pastikan kamu mematuhi aturan yang berlaku untuk menghindari kerugian di kemudian hari, ya!

Write a comment