Apa Itu Tote Bag? Ini Info Jenis Tote Bag dan Variasi Ukurannya!

Apa Itu Tote Bag? Ini Info Jenis Tote Bag dan Variasi Ukurannya!

Tas merupakan salah satu item fashion yang tidak bisa kita lepaskan dari keseharian. Tidak hanya memiliki fungsi untuk menyimpan barang-barang, tas juga bisa mendukung gaya dan penampilan kita agar jadi lebih keren. Di antara sekian banyak opsi model tas, tote bag adalah salah satu varian yang serba guna, simpel dan bisa digunakan di berbagai kesempatan.

Apa itu tote bag? Apa yang membedakan antara tote bag dengan paper bag? Apa pula manfaat dan jenis-jenis tote bag? Mari kita bahas dalam artikel ini!




Apa itu Tote Bag? dan Bagaimana Sejarahnya?

Apa itu tote bag

Tote bag adalah sebuah tas berukuran besar dengan bukaan lebar dan pegangan atau handle yang sejajar. Banyak orang memilih tote bag karena tas satu ini memiliki perpaduan yang sempurna antara fungsionalitas dan gaya. Tas jinjing ini mudah dibawa, dihias sesuai selera dan dipadupadankan dengan berbagai gaya pakaian. Tak hanya itu, tote bag juga bersifat universal, bisa digunakan baik oleh pria maupun wanita.

Dengan tote bag, kamu bisa membawa dompet, laptop, buku bahkan baju olahraga. Dengan fungsi tote bag yang beragam, tas ini adalah pilihan sempurna bagi siapa saja yang sibuk tapi tetap ingin tampil penuh gaya.

Sejarah tote bag dapat ditelusuri kembali ke abad ke-17. Pada waktu itu tote bag muncul sebagai tas dari kanvas yang banyak digunakan untuk membawa barang-barang yang besar dan berat. Awalnya, tote bag digunakan oleh pelaut dan nelayan untuk membawa perlengkapan mereka, namun seiring berjalannya waktu, popularitasnya merambah ke kalangan yang lebih luas. 

Pada tahun 1940-an, tote bag mulai populer sebagai barang promosi, digunakan oleh perusahaan sebagai alat untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Kini tote bag juga menjadi item fashion yang timeless. Hampir semua produsen tas di berbagai belahan dunia meluncurkan tote bag sebagai salah satu varian dari produk mereka.

Apa Saja Perbedaan Tote Bag dan Paper Bag?

Perbedaan tote bag dan paper bag

Jika dilihat dari modelnya saja, tote bag memang akan mengingatkan kita pada paper bag. Keduanya sama-sama memiliki bukaan lebar dan handle sejajar di bagian atasnya. Namun, ada beberapa perbedaan tote bag dan paper bag yang perlu dipahami. Apa saja?

1. Perbedaan dari Segi Bahan

Perbedaan pertama antara tote bag dan paper bag adalah dari segi material yang digunakan untuk membuatnya. Tote bag umumnya terbyat dari bahan seperti kanvas, katun, dan denim yang tahan lama, memiliki ketahanan terhadap aus dan robek, serta mampu menahan air sehingga cocok digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Sementara itu, paper bag, yang umumnya terbuat dari kertas kraft, kurang tahan lama karena rentan terhadap kerusakan akibat kelembaban dan memiliki masa pakai yang lebih singkat dibandingkan tote bag.

Baca Juga: 4 Jenis Bahan Paper Bag, Pilih yang Terbaik untuk Kemasanmu!

2. Sekali Pakai vs Pemakaian Berulang

Tote bag dirancang untuk penggunaan berulang, dengan kekuatan yang memungkinkannya digunakan untuk membawa barang bawaan dalam jumlah besar berkali-kali. Sebaliknya, paper bag biasanya digunakan sekali pakai, meskipun ada kemungkinan untuk digunakan kembali. Paper bag lebih umum digunakan sebagai kemasan atau tas belanja untuk acara-acara khusus.

Baca Juga: Apa Itu Kemasan Disposable atau Sekali Pakai? Cari Tahu di Sini!

3. Ketahanan atau Kekuatan Tas

Meskipun saat ini ada banyak paper bag yang dibuat dengan bahan yang kuat atau handle yang tahan lama, namun secara umum kekuatan dan daya tahannya tetap tidak bisa melampaui tote bag. Tote bag memiliki kemampuan untuk menahan beban lebih berat seperti barang belanjaan, baju, laptop dan lain sebagainya.

Berbeda dengan paper bag yang lebih sesuai untuk membawa barang-barang ringan seperti produk digital printing (misalnya buku softcover atau souvenir kantor) atau barang belanjaan yang bobotnya tidak terlalu berat.

Apa Saja Fungsi Tote Bag?

Fungsi tote bag

Tote bag bukan sekadar tas kain biasa, lho! Tas serbaguna ini memiliki banyak fungsi yang bisa membantu aktivitas sehari-hari. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

1. Berfungsi Sebagai Pengganti Plastik Ketika Berbelanja

Tote bag menjadi alternatif ramah lingkungan untuk membawa belanjaan. Bahannya yang kuat dan dapat dicuci ulang membuatnya lebih ekonomis dan bijak dibandingkan plastik sekali pakai. Jadi kalau kamu ingin melakukan aktivitas belanja yang lebih ramah lingkungan, kamu bisa memilih mengunakan tote bag saja (alih-alih plastik sekali pakai).

Baca Juga: Cara Mengurangi Sampah Plastik Biar Cuaca Gak Makin Panas!

2. Tas Kerja atau Sekolah dengan Tampilan Stylish

Desain tote bag yang beragam dan trendy menjadikannya pilihan modis untuk tas kerja atau sekolah. Kamu bisa membawa laptop, buku, dan berbagai keperluan lainnya tanpa harus kehilangan kesempatan untuk bergaya dan tampil stylish.

3. Tas Gym atau Olahraga yang Mudah Dibersihkan

Tote bag yang terbuat dari bahan tahan air seperti kanvas cocok untuk membawa perlengkapan olahraga. Kapasitasnya yang besar dan mudah dibersihkan menjadikannya pilihan praktis untuk aktivitas gym atau olahraga.

Selain ketiga fungsi di atas, tas satu ini juga sangat fungsional untuk membawa barang-barang saat bepergian, menyimpan barang-barang yang ada di rumah sampai jadi media yang efektif untuk menunjukkan kreativitasmu. Kamu juga bisa menjadikan tote bag custom sebagai hadiah unik dan personal untuk keluarga dekat.

Agar hadiahmu semakin berkesan, jangan lupa kemas dengan menggunakan jasa pembuatan hardbox custom dari Paperlicious. Ditambah stiker atau label hang tag, hadiahmu pasti akan jadi semakin mewah. Hubungi Paperlicious untuk informasi selengkapnya, ya!

Apa Jenis-Jenis Tote Bag Berdasarkan Bahannya?

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, tote bag adalah tas yang bisa dibuat dengan menggunakan berbagai jenis material. Simak jenis-jenis tote bag berdasarkan bahannya berikut ini!

1. Tote Bag dari Bahan Kanvas

Jenis tote bag dari bahan kanvas

Tote bag dari bahan kanvas dikenal karena kekuatannya dan kemampuannya menahan berat. Bahan ini juga mudah dicetak, membuatnya cocok untuk dipersonalisasi dengan berbagai desain. Tote bag kanvas sering digunakan sebagai tas belanja, tas sekolah, atau bahkan tas kantor karena daya tahan dan kemampuan menyimpan barang-barang dalam jumlah besar.

2. Tote Bag dari Bahan Cotton atau Kain

Tote bag dari bahan cotton atau kain biasanya lebih ringan dan fleksibel dibandingkan dengan kanvas, namun tetap cukup kuat untuk digunakan sehari-hari. Bahan ini memberikan tampilan yang lebih halus dan sering kali lebih cocok digunakan untuk keperluan yang lebih kasual seperti piknik atau perjalanan santai.

3. Tote Bag dari Bahan Kulit

Jenis tote bag dari bahan kulit

Bahan tote bag dari kulit menawarkan tampilan yang elegan dan mewah. Kulit yang berkualitas tinggi memberikan kekuatan dan daya tahan yang luar biasa, membuat tote bag ini cocok untuk digunakan dalam acara formal atau sehari-hari. Ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai fashion dengan sentuhan gaya klasik dan timeless.

Baca Juga: Bingung Pilih Emboss atau Deboss? Cek Perbedaannya di Sini!

4. Tote Bag dari Bahan Nylon

Tote bag dari bahan nylon dikenal karena ringannya dan kemampuannya menahan air. Bahan ini sering digunakan untuk tote bag yang dirancang untuk kegiatan luar ruangan atau perjalanan karena kemampuannya yang mudah dibersihkan dan tahan terhadap cuaca buruk.

5. Tote Bag dari Bahan Tenun atau Anyaman

Jenis tote bag dari bahan tenun atau anyaman

Tote bag dari bahan tenun atau anyaman memberikan sentuhan alami dan ramah lingkungan. Bahan ini sering kali terbuat dari serat alami seperti jerami atau rami, memberikan tampilan yang unik dan tekstur yang menarik. Tote bag anyaman cocok digunakan untuk kegiatan santai atau sebagai aksesori fashion untuk gaya yang lebih bohemian.

Mau Beli atau Buat Tote Bag? Berapa Ukuran Tote Bag yang Tepat?

Ukuran tote bag

Setelah membahas dengan lengkap apa itu tote bag, kamu mungkin penasaran berapa ukuran tote bag yang bisa kita buat? Sebenarnya, untuk membuat tote bag tidak ada aturan baku karena kamu bisa mendesain sendiri secara custom. Namun, secara garis besar, kita bisa membedakan tote bag menjadi 3 ukuran yakni kecil, sedang dan besar. 

  • Ukuran Tote Bag Kecil. Cocok untuk membawa barang-barang ringan seperti dompet, kunci, dan handphone
  • Ukuran Tote Bag Sedang. Cocok untuk membawa buku, laptop, atau bekal makan siang
  • Ukuran Tote Bag Besar. Cocok untuk membawa barang belanjaan, perlengkapan olahraga, atau pakaian untuk bepergian.

Untuk detail ukuran masing-masing jenis tote bag di atas, kamu bisa menyimaknya pada tabel berikut ini!

Ukuran Tote BagLebar TasTinggi TasKedalaman Tas
Kecil30 cm33 cm10 cm
Sedang41 cm38 cm13 cm
Besar56 cm38 cm20 cm

Caption: Tabel Ukuran Tote Bag

Ukuran yang disebutkan di atas adalah perkiraan standar dan dapat bervariasi tergantung pada model serta merek dari tote bag yang kamu pilih. Penting untuk memilih ukuran tote bag yang sesuai dengan kebutuhanmu. Pertimbangkan jenis dan jumlah barang bawaan yang akan kamu masukkan ke dalamnya saat memilih ukuran yang tepat. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, kamu dapat memastikan bahwa tote bag yang dipilih akan memenuhi kebutuhanmu dengan optimal, baik dalam hal fungsionalitas maupun kenyamanan penggunaan. Yuk, mulai gunakan tote bag!

Write a comment