4 Jenis Bahan Paper Bag, Pilih yang Terbaik untuk Kemasanmu!

4 jenis bahan paper bag untuk digunakan

Ketika berbelanja di toko pakaian atau membeli makanan, kamu mungkin akan menemukan kemasan yang dibuat dari kertas. Kemasan ini dibuat dengan ukuran yang beragam, begitu juga bahan dan desainnya. Kemasan inilah yang kita kenal sebagai paper bag.

Apa itu paper bag? Paper bag seperti namanya adalah kantong kemasan yang dibuat dari bahan kertas. Paper bag ada yang dilengkapi dengan tali paper bag (biasanya digunakan untuk kemasan produk atau souvenir) dan ada juga yang tidak dipasangi tali (biasanya untuk kemasan makanan).

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang bahan paper bag yang bagus dan karakteristik masing-masing material. Simak sampai tuntas, ya!

4 Jenis Bahan Kertas yang Digunakan untuk Membuat Paper Bag

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, bahan paper bag ada beragam jenisnya. Biasanya, pilihan bahan yang digunakan tergantung pada kebutuhan orang yang ingin membuatnya. Jadi kalau kamu bertanya-tanya bahan paper bag yang bagus itu apa, jawabannya relatif. Pasalnya bahan paper bag makanan belum tentu cocok untuk pembuatan paper bag pakaian. Begitu juga sebaliknya.

Untuk lebih memudahkanmu dalam memilih, simak beberapa jenis material paper bag yang paling banyak digunakan berikut ini!

1. Kertas Kraft

Jenis bahan kertas untuk paper bag: kertas kraft

Kertas kraft merupakan jenis kertas yang paling banyak digunakan untuk membuat paper bag. Kertas ini dibuat dari bahan kayu lunak sulfat dengan warna cokelat kekuningan, cokelat muda, krem atau putih (dikenal dengan sebutan kertas white kraft). Berat kertas ini berkisar antara 60-120 gram.

Kertas ini memiliki daya tahan yang baik. Selain itu, secara visual, tampilannya pun menarik sehingga banyak brand yang menggunakannya sebagai material untuk mengemas produk mereka termasuk pembuatan tas belanja pada beberapa merek fashion terkenal. Ingin menggunakan bahan ini untuk pembuatan paper bag bisnismu? Kamu bisa menghubungi Paperlicious. Paperlicious menyediakan jasa cetak paper bag kraft dan cetak paper bag white kraft untuk berbagai kebutuhan.

Selain itu, bahan kraft juga banyak digunakan sebagai bahan amplop, tas rekam medis dan lain sebagainya. Daya tahannya yang cukup baik pada kelembapan tingkat rendah membuat kertas kraft cocok dipakai sebagai bahan kemasan makanan kering seperti roti, kue dan camilan. 

Kelebihan dan Kekurangan Kertas Kraft

Satu keistimewaan lagi dari kertas kraft adalah sifatnya yang ramah lingkungan. Jadi kalau kamu sedang berusaha membangun bisnis yang sustainable, bahan kertas kraft cocok dipilih untuk kebutuhan packaging yang ramah lingkungan. Kelebihan kertas kraft yang lain adalah:

  • Tampilan rustik. Tampilan kasar yang terkesan rustik adalah ciri khas dari kertas kraft. Inilah yang membuatnya jadi pilihan banyak orang untuk membuat seni kerajinan.
  • Mudah dicetak. Kertas kraft dapat dicetak dengan baik menggunakan berbagai metode termasuk metode stempel hingga tinta cetak. Ini akan memudahkan kamu untuk membuat desain menarik pada permukaan paper bag yang kamu buat.
  • Harganya terjangkau. Dibandingkan dengan beberapa jenis kertas premium yang lain harga kertas kraft lebih murah, ini menjadikannya pilihan ekonomis untuk berbagai kebutuhan.

Terlepas dari berbagai kelebihan di atas, kertas kraft tetap memiliki kekurangan. Apa saja?

  • Tampilan permukaannya yang cenderung kasar mungkin tidak cocok untuk kamu yang menginginkan paper bag dengan permukaan halus.
  • Kertas kraft juga cenderung lebih mudah rusak jika terkena air dibandingkan jenis kertas lainnya.

2. Kertas Ivory

Bahan berikutnya yang bisa kamu pilih untuk pembuatan paper bag adalah ivory. Ivory sendiri adalah kertas yang memiliki warna dasar lembut. Warnanya krem mirip dengan kulit gading atau ivory. Karena itulah kertas ini disebut dengan ivory paper

Kertas ivory memiliki tekstur yang halus dan lembut. Permukaannya licin dan mudah dicetak dengan gambar maupun teks. Kamu bisa mencetak logo atau nama bisnismu dengan menggunakan mesin laser atau inkjet. Hasil cetaknya pun akan terlihat berkualitas. Karena tampilannya yang terlihat mewah, banyak orang yang menggunakan kertas ivory untuk pembuatan undangan, buku catatan dan masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Kertas Ivory

Seperti halnya kertas kraft, kertas ivory juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihan kertas ivory antara lain adalah:

  • Tampilannya terlihat elegan dan berkelas. Cocok digunakan untuk membuat paper bag acara resmi seperti seminar atau souvenir pernikahan.
  • Kemampuan pencetakannya baik sehingga kamu bisa mencetak desain grafis maupun foto dengan mudah pada permukaan paper bag berbahan ivory.
  • Tekstur halusnya membuat hasil cetak juga tampak halus.

Sementara itu kekurangan kertas ivory yang juga perlu kamu pertimbangkan adalah:

  • Karena tampilannya mewah, kertas ini kurang cocok untuk pembuatan paper bag yang minimalis.
  • Harganya lebih mahal dibandingkan kertas kraft.
  • Lebih rentan terkena noda.

3. Kertas Art Carton

Jenis bahan kertas untuk paper bag: kertas art carton

Kertas berikutnya yang juga sering digunakan untuk pembuatan paper bag adalah kertas art carton. Kertas ini memiliki kualitas tinggi dengan ketebalan dan daya tahan yang lebih baik daripada kertas biasa. Selain untuk membuat paper bag, kertas art carton juga dimanfaatkan untuk kebutuhan cetak poster, pembuatan kartu pos, packaging mewah dengan efek emboss hingga seni lukis.

Kertas art carton memiliki beberapa karakteristik antara lain kemampuan yang baik dalam menyerap tinta, daya tahan yang mumpuni terutama untuk material paper bag dan tekstur yang cocok untuk berbagai aplikasi.

Kelebihan dan Kekurangan Kertas Art Carton

Sebagai bahan paper bag, kertas art carton memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Kelebihan kertas art carton sebagai bahan baku paper bag antara lain adalah:

  • Kualitasnya premium sehingga memberikan tampilan mewah dan eksklusif pada paper bag.
  • Tahan lama dan kuat sehingga bisa digunakan berulang kali atau untuk membawa barang yang berat.
  • Bisa dengan mudah dicetak dengan berbagai desain kreatif dan logo merek.

Sedangkan kekurangan dari kertas art carton adalah:

  • Dibandingkan beberapa opsi bahan lainnya, kertas art carton harganya lebih mahal.
  • Lebih berat. Jika paper bag akan dikirimkan lewat ekspedisi, ini akan memengaruhi biaya pengiriman dan handling-nya.
  • Lebih rentan terhadap keriput terutama jika terpapar air atau udara lembap.

4. Kertas Samson

Jenis bahan kertas untuk paper bag: kertas samson

Kertas samson adalah jenis kertas yang umum digunakan untuk pembuatan amplop surat dan paper bag. Kertas ini diolah melalui proses daur ulang sehingga lebih ramah lingkungan. Kertas samson sangat mudah ditemukan di toko alat tulis, toko buku sampai koperasi. Kertas ini hadir dalam dua warna yakni cokelat dan putih.

Kelebihan dan Kekurangan Kertas Samson

Kertas samson memiliki beberapa kelebihan antara lain:

  • Warna cokelatnya memberikan kesan klasik dan natural.
  • Tersedia dalam beberapa pilihan ketebalan dan kualitas yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.
  • Cukup kuat sebagai bahan paper bag, pembungkus, bahan dasar hand tag hingga pembuatan amplop surat.

Sementara kekurangan dari kertas samson yang perlu kamu ketahui adalah:

  • Kertas ini tergolong tipis karena dibuat dengan kompresi serat yang berasal dari pulp.
  • Karena lebih tipis, paper bag dari kertas samson lebih cocok untuk penggunaan sekali pakai atau untuk menyimpan barang yang bobotnya tidak terlalu berat.
  • Jika ingin digunakan sebagai bahan dasar kemasan, sebaiknya dicetak dengan 1 atau 2 warna saja agar kualitas cetakannya tetap cerah dan jelas.

Itu dia beberapa pilihan bahan paper bag yang perlu kamu ketahui. Untuk kamu yang membutuhkan jasa pembuatan paper bag ataupun pembuatan box atau jasa pembuatan hardbox, Paperlicious siap membantu proses desain hingga produksinya. Hubungi kami untuk informasi selengkapnya!

Related Posts

Write a comment