Apa itu Paper Bag? Simak Pengertian, Fungsi & Kelebihannya!

Apa itu Paper Bag? Packaging Stylish yang Jadi Alternatif Plastik!

Kemajuan teknologi tidak hanya memudahkan kita melakukan berbagai hal, tapi juga menyediakan lebih banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhan, termasuk kebutuhan packaging. Salah satu opsi packaging yang digunakan secara luas sejak ditemukan pertama kali pada tahun 1850 adalah paper bag.

Dalam artikel ini kita akan membahas apa itu paper bag, apa saja fungsi paper bag beserta kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu, kamu bisa memilih bahan packaging seperti apa yang cocok untukmu.

Apa itu Paper Bag?

apa itu paper bag

Meski sudah ditemukan sejak lama, penggunaan paper bag memang baru booming beberapa dekade ke belakang. Apa itu paper bag? Seperti namanya, paper bag adalah tas yang terbuat dari kertas. Paper bag sendiri merupakan tas serba guna yang digunakan sebagai pengganti dari kantong plastik.

Saat ini, paper bag dibuat dengan berbagai model dan warna yang bervariasi. Dari masa ke masa, desainnya terus berkembang seiring dengan semakin kreatifnya para desainer. Namun dari segi fungsi, sebenarnya paper bag sama kegunaannya dengan kantong plastik.

Paper bag biasanya dibuat dengan bahan kertas tebal yakni kertas hard cover, kertas kalender, kertas manila dan kertas karton. Yang terpenting, kertas yang digunakan untuk membuat paper bag cukup tebal dan tidak mudah robek. Karena bentuknya yang simpel, terlihat modern dan fungsional, paper bag lebih mudah dibawa dan lebih disukai ketimbang kantong plastik biasa.

4 Fungsi Utama Paper Bag

4 fungsi utama paper bag

Fungsi utama paper bag sebagai bahan packaging sebenarnya adalah untuk mengurangi sampah plastik. Beberapa fungsi paper bag yang perlu kamu ketahui antara lain adalah:

1. Sebagai Souvenir Bag Acara

Bagi kamu yang ingin mengadakan berbagai acara atau event, paper bag bisa menjadi pilihan wadah souvenir yang menarik. Selain mudah digunakan, tampilannya juga menarik. Kamu bisa mendesainnya sesuai kebutuhan. Desain paper bag yang cantik akan memberikan pengalaman yang berkesan bagi orang yang menerima souvenir.

Baca Juga: Bingung Cari Desain Paper Bag Pernikahan? Cek Inspirasi Unik Ini

2. Sebagai Alat untuk Mengemas Produk

Dengan berbagai ukuran yang tersedia, paper bag menjadi pilihan banyak produsen untuk mengemas produk mereka. Paper bag berukuran kecil biasanya digunakan untuk mengemas produk berukuran kecil seperti aksesoris dan kosmetik.

Sementara itu paper bag yang berukuran lebih besar dapat digunakan untuk membawa buku, baju, kertas, kain dan lain sebagainya.

Baca Juga: Takut Salah Pilih Ukuran Paper Bag? Ini Panduan Praktisnya!

3. Sebagai Pengganti Plastik untuk Mengemas Makanan

Dulu, kita lebih sering menemukan produk makanan dengan bahan kemasan plastik. Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap keberlangsungan lingkungan, bahan paper bag kini jadi pilihan.

Bahan paper bag tidak hanya praktis digunakan, tapi juga bisa menghindarkan kita dari bahaya bahan-bahan yang selama ini diketahui terkandung dalam kantong plastik. Yang lebih penting lagi, paper bag juga lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: 6 Jenis Kemasan Makanan Ramah Lingkungan! Yuk, Cintai Bumi!

4. Sebagai Media Branding Perusahaan

Bagi perusahaan yang ingin berpromosi, paper bag bisa menjadi media branding yang bagus. Dengan mencetak logo, slogan dan desain merek di bagian luar paper bag menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan brand awareness, menciptakan identitas merek yang kuat serta memberikan kesan profesional kepada konsumen atau klien.

Selain itu, paper bag yang dibuat dengan bahan berkualitas dan dirancang dengan baik dapat berfungsi sebagai media pemasaran bergerak yang mencolok. Jika digunakan di tempat umum dan dibawa ke mana-mana, ini juga bisa meningkatkan brand awareness. Kamu bisa mencetak nama perusahaanmu atau menempelkan stiker dan label produk di paper bag untuk meningkatkan branding.

Bagi kamu yang membutuhkan branding dengan cara ini, kamu juga bisa mencoba jasa pembuatan stiker dan label dari Paperlicious.

4 Beragam Kelebihan Paper Bag

4 kelebihan paper bag

Sebagai salah satu pilihan untuk kebutuhan packaging, paper bag memiliki sejumlah kelebihan. Apa saja kelebihan paper bag

1. Ramah Lingkungan Dibandingkan Plastik

Paper bag dibuat dari material kertas yang mudah terurai di alam. Kertas butuh waktu 2 sampai 6 minggu saja untuk terurai. Berbeda dengan kantong plastik yang bisa memakan waktu belasan sampai puluhan tahun untuk terurai. 

Selain itu bahan kertas dari paper bag juga bisa terurai secara alami (biodegradable atau sampah yang bisa diurai dengan proses biologi). Ini membuatnya tidak meninggalkan jejak polusi plastik yang bisa merusak lingkungan.

2. Bahan yang Kuat dan Tahan Lama

Kertas secara umum mungkin dikenal sebagai material yang mudah robek. Namun paper bag saat ini sudah diproduksi dengan bahan kertas tebal yang umumnya cukup kuat untuk membawa berbagai barang mulai dari barang belanjaan sampai makanan. Paper bag juga lebih tahan terhadap robekan yang umumnya dialami oleh kantong plastik.

3. Bisa Didaur Ulang Menjadi Hal Baru

Kertas dari paper bag yang sudah tidak terpakai bisa didaur ulang menjadi kertas baru atau produk lainnya. Hal ini dapat membantu mengurangi penebangan pohon yang menjadi bahan baku kertas sekaligus meminimalisasi limbah yang dibuang ke lingkungan.

Baca Juga: Cara Mengurangi Sampah Plastik Biar Cuaca Gak Makin Panas!

4. Bahan yang Lebih Aman Untuk Digunakan

Paper bag terutama yang didesain untuk mengemas makanan biasanya diproduksi dengan cara yang sehat sehingga tidak mengandung bahan berbahaya atau kimia beracun yang bisa terlepas ke makanan atau barang lain yang ada di dalamnya.

Dengan berbagai kelebihan ini, paper bag merupakan opsi packaging yang lebih baik untuk mendukung keberlangsungan lingkungan atau sustainability.

2 Kelemahan Paper Bag Untuk Dipertimbangkan

2 kelemahan paper bag

Selain berbagai kelebihan, paper bag juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut kekurangan-kekurangan paper bag yang juga perlu kamu pertimbangkan:

1. Tidak Cocok untuk Barang yang Membutuhkan Kemasan Waterproof

Paper bag merupakan bahan yang mudah rusak jika terkena air atau udara lembab. Ini membuat paper bag kurang cocok untuk membawa barang-barang yang rentan rusak karena air. Misalnya produk yang mudah busuk atau barang-barang elektronik (air dari luar bisa merembes dan merusak isi di dalamnya).

Namun, jika kamu perlu mengemas makanan basah, paper bowl bisa menjadi alternatifnya. Dengan memilih paper bowl yang berlapis plastik atau lilin, makanan basah bisa dikemas dengan baik tanpa khawatir tumpah atau bocor.

Baca Juga: Bingung Sama Ukuran Rice Bowl? Cek Ukuran Paper Bowl di Sini!

2. Memiliki Kapasitas Terbatas

Paper bag memang cenderung tidak sefleksibel kantong plastik. Daya tampungnya pun umumnya lebih kecil. Artinya jika memiliki banyak barang untuk dibawa, kamu mungkin perlu menyiapkan lebih banyak paper bag. Hal ini tentu agak merepotkan.

Namun, apabila kamu tetap ingin menggunakan paper bag, kamu dapat memperkuat paper bag dengan menggunakan jenis tali paper bag yang berkualitas. Dengan tali paper bag yang kuat, paper bag bisa menjadi cukup kuat untuk membawa beban berat meski ukurannya standar. Jadi, pastikan untuk selalu menggunakan tali paper bag yang bagus agar daya angkut paper bag menjadi lebih optimal.

Sebagai pilihan kemasan, paper bag bisa menjadi opsi yang bagus untuk dipilih. Dengan berbagai informasi tentang apa itu paper bag dan berbagai kelebihan serta kekurangannya, kamu bisa memutuskan apakah paper bag cocok untuk bisnismu atau tidak.

Untuk kamu yang sedang membutuhkan jasa pembuatan paper bag ataupun jasa pembuatan box untuk kebutuhan pengemasan maupun branding, Paperlicious siap membantu kamu. Kami menyediakan beragam pilihan bahan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. 

Kalau kamu sudah punya desain sendiri, kamu bisa mengirimkannya untuk dicetak. Tapi kalau belum, Paperlicious akan membantu mendesainkan dengan biaya terpisah yang pasti tetap terjangkau. Yuk, hubungi Paperlicious sekarang juga!

Related Posts

Write a comment