9 Jenis Tali Paper Bag Hits yang Bikin Paper Bag Makin Stylish!

9 Jenis Tali Paper Bag Hits yang Bikin Paper Bag Makin Stylish!

Seperti namanya, paper bag adalah wadah tas yang terbuat dari kertas. Paper bag biasanya digunakan untuk pengemasan produk dan sebagai media promosi. Dalam berbagai kesempatan seperti seminar atau acara pernikahan, paper bag juga menjadi pelengkap untuk mengemas souvenir acara pernikahan atau goodies

Selain material paper bag itu sendiri, bagian yang tidak kalah penting dari paper bag adalah talinya. Tali paper bag memiliki beragam bentuk dan terbuat dari berbagai jenis material. Masing-masing jenis tali paper bag bisa memberikan kesan yang berbeda. Memilih tali paper bag yang cocok tidak hanya akan meningkatkan fungsionalitas dari paper bag itu sendiri, tapi juga menambah nilai estetikanya.

Apa Itu Tali Paper Bag dan Apa Saja Fungsinya?

Tali paper bag dan fungsinya

Tali paper bag merupakan tali yang biasanya digunakan sebagai pegangan pada paper bag. Fungsinya adalah untuk memudahkan orang membawa paper bag dengan nyaman. Tali ini biasanya diikatkan pada bagian atas paper bag dan membentuk pegangan yang memungkinan orang untuk menenteng atau menggendongnya dengan mudah.

Secara umum, fungsi dari tali paper bag adalah sebagai berikut:

  • Memudahkan penggunaan. Tali pada paper bag memungkinkan pengguna atau pembeli untuk membawa paper bag tersebut tanpa harus menggenggam langsung pada bagian kertasnya.
  • Estetika dan branding. Desain dan jenis tali yang dipilih untuk paper bag bisa berkontribusi pada estetika paper bag secara keseluruhan. Bentuk tali kur dan macam-macam tali kur yang digunakan pada paper bag misalnya, bisa memberikan kesan yang berbeda pada paper bag. Kalau kamu menggunakan pita twill sebagai tali paper bag, kamu juga bisa mencetak hand tag untuk melengkapi kebutuhan branding.
  • Kenyamanan. Tali yang baik dan kuat akan memberikan kenyamanan saat dibawa oleh pengguna.
  • Memberikan fleksibilitas desain. Tali paper bag bisa dibuat dari berbagai jenis bahan mulai dari kertas, kain, plastik atau rafia. Ini memberikan fleksibilitas dalam desain dan penggunaan sesuai kebutuhan.

Pilihan jenis tali paper bag yang dipasangkan pada paper bag dapat dipilih sesuai kebutuhan dan tujuan penggunaannya. Selain fungsional, tali ini juga bisa menjadi elemen desain yang menarik.

Jenis-jenis Tali Paper Bag

Seperti yang sudah disebutkan dalam pembahasan di atas, ada berbagai jenis tali paper bag yang bisa kamu pilih. Simak beberapa opsinya berikut ini!

1. Paper Bag dengan Tipping Rope Handle

Caption: Jenis Tali Paper Bag Tipping Rope Handles

Paper bag ini adalah kantong kertas yang dilengkapi dengan pegangan dari tali. Istilah “tipping” dalam konteks ini mengacu pada cara pemasangan tali yang diikatkan pada bagian atas paper bag.

Tali pegangan jenis ini biasanya dibuat dari bahan seperti tali rafia atau tali anyaman lain. Menggunakan tipping rope handle akan memberikan sentuhan alami nan estetik yang berbeda pada paper bag. Desain ini juga akan membuat tampilan paper bag kamu jadi lebih unik dan elegan.

2. Paper Bag dengan PP Rope Handles

Caption: Jenis Tali Paper Bag PP Rope Handles

Paper bag dengan PP rope handles dilengkapi dengan pegangan berupa tali yang terbuat dari bahan yang disebut PP rope. PP sendiri adalah singkatan dari polypropylene yakni jenis plastik yang banyak digunakan dalam berbagai jenis aplikasi, termasuk pembuatan tali.

Jadi, PP rope handles adalah pegangan paper bag yang terbuat dari anyaman serat polypropylene. Salah satu kelebihan dari material PP untuk pembuatan tali paper bag adalah daya tahannya yang baik dan tahan lembap.

PP rope handles juga bisa memberikan sentuhan modern yang clean pada desain paper bag. Material ini juga bisa dibuat dengan warna yang berbeda-beda sehingga sangat fleksibel digunakan sebagai media branding.

3. Paper Bag dengan Plaited Rope Handles

Caption: Jenis Tali Paper Bag Plaited Rope Handles

Plaited rope handles adalah istilah yang mengacu pada pegangan paper bag yang dibuat dari plaited rope. Plaited rope sendiri merupakan tali yang terbuat dari beberapa serat yang dianyam atau disilangkan untuk membentuk tali yang lebih besar dan kuat.

Plaited rope bisa dibuat dari berbagai bahan mulai dari kain, rafia atau bahan sintetis lain yang dapat dianyam menjadi tali yang kokoh. Tali ini kemudian diikat atau dipasangkan di bagian atas paper bag untuk menciptakan pegangan yang kokoh dan estetik. Sama seperti PP rope handles, pegangan dari plaited rope juga sangat fleksibel dan bisa dibuat dengan berbagai desain maupun warna.

4. Paper Bag dengan Tali dari Ribbon (Pita)

Caption: Jenis Tali Paper Bag dengan Tali dari Ribbon

Selain dengan menggunakan pegangan dalam bentuk tali kur, kamu juga bisa memanfaatkan ribbon atau pita sebagai pegangan untuk paper bag-mu. Pita ini biasanya dibuat dengan bahan kain atau material lain yang fleksibel dengan berbagai warna dan desain. 

Pita sebagai pegangan biasanya dipasang dengan cara diikatkan di bagian atas paper bag. Penggunaan ribbon sebagai pegangan akan memberikan sentuhan elegan dan dekoratif pada desain paper bag. Untuk kamu yang ingin menambahkan elemen branding, logo atau nama juga bisa dengan mudah dicetak di permukaan ribbon.

5. Paper Bag dengan Handles dari Plastik

Caption: Jenis Tali Paper Bag dengan Handles dari Plastik

Bahan plastik yang digunakan sebagai pegangan pada paper bag biasanya berbentuk pipih dan elastis sehingga mudah dipasang. Plastic handles ini bisa dibuat dari berbagai jenis plastik mulai dari PP (polypropylene) hingga PE (polietilena).

Handle dari bahan plastik memiliki sejumlah keunggulan antara lain kemampuannya dalam menahan beban yang dimasukkan ke dalam paper bag. Tali dari material ini juga lebih tahan terhadap kelembapan dan cuaca. Bentuknya bisa didesain sesuai kebutuhan, begitu juga dengan warnanya. Ini akan memberikan fleksibilitas tinggi dalam pembuatan desainnya.

6. Paper Bag dengan Flat Fabric Handles

Caption: Jenis Tali Paper Bag dengan Flat Fabric Handles

Selain dengan pita atau ribbon, kamu juga bisa mendesain paper bag dengan handle atau pegangan yang lebih fleksibel menggunakan flat fabric handles. Bahan kain ini bisa ditempelkan atau dijahit pada bagian atas paper bag untuk memudahkan orang membawanya.

Tali paper bag dari bahan kain ini bisa dipilih sesuai kebutuhan dan preferensi. Kalau kamu ingin tali yang bercorak batik, kamu bisa membuatnya dari kain batik. Begitu juga kalau kamu menginginkan corak khusus yang sesuai dengan branding bisnismu. Fleksibilitasnya inilah yang membuat flat fabric handles banyak disukai.

7. Paper Bags dengan Paper Flat Handles

Caption: Jenis Tali Paper Bag denga Paper Flat Handles

Kalau kamu menginginkan paper bag dengan tampilan yang seragam antara material kantung dengan talinya, kamu bisa menggunakan paper flat handles. Pegangan ini berbentuk datar dan terbuat dari kertas. Biasanya pegangan kertas ini merupakan bagian yang terintegrasi langsung dengan struktur paper bag itu sendiri.

Selain memberikan konsistensi bahan dan tampilan secara visual, bahan dari kertas ini juga lebih ramah lingkungan dan lebih mudah dicetak.

8. Paper Bag dengan Twisted Handles

Caption: Jenis Tali Paper Bag dengan Twisted Handles

Pegangan dari twisted handle dibuat dari bahan berupa tali yang dihasilkan dari teknik twisting kertas. Handle ini biasanya dibuat dari serat kertas yang dikepang atau dipilin bersama-sama untuk membentuk tali yang kokoh.

Twisted handle memiliki daya tahan yang cukup baik, simpel dan sangat fleksibel untuk didesain. Kalau kamu menginginkan jenis paper bag yang ramah lingkungan, melengkapinya dengan twisted handle adalah ide yang bagus.

Baca Juga: 6 Jenis Kemasan Makanan Ramah Lingkungan! Yuk, Cintai Bumi!

9. Paper Bag dengan Die-Cut Handles

Caption: Jenis Tali Paper Bag dengan Die-Cut Handles

Paper bag dengan die-cut handles biasanya tidak memiliki tali terpisah. Pegangan pada paper bag dibuat dengan cara memotong atau melubangi bagian atas paper bag dengan teknik yang disebut die-cut. Paper bag dengan pegangan ini sering digunakan untuk menciptakan tampilan yang eksklusif dan menarik untuk berbagai kebutuhan.

Lihat Produk: Paper Bag Premium

Itu dia beberapa jenis tali paper bag dengan karakteristik, kelebihan maupun kekurangannya. Pesan paper bag kamu dengan tali pilihanmu hanya di Paperlicious!

Related Posts

Write a comment