Sering Lihat Video Orang Buka Paket? Itu Dia Video Unboxing!

Sering Lihat Video Orang Buka Paket? Itu Dia Video Unboxing!

Pernahkah kamu melihat video seorang influencer yang sedang membuka PR package atau produk yang mereka beli di akun media sosial mereka. Detik demi detik ketika kita menyaksikan bagaimana kemasan itu dibuka memang bisa memberikan kepuasan tersendiri. Inilah yang disebut dengan video unboxing.

Sebenarnya, apa itu video unboxing? Kenapa orang suka menonton video unboxing barang dan bagaimana cara membuat video unboxing yang menarik? Yuk, kita bahas!




Apa itu Unboxing?

Apa itu video unboxing

Video unboxing adalah video yang merekam momen ketika seseorang membuka kemasan produk konsumen. Meskipun konsep ini terlihat sederhana, semakin banyak merek yang mengintegrasikan proses ini ke dalam pengalaman pelanggan mereka untuk meningkatkan kepuasan. Jadi, bukan sekadar membuka kado wisuda atau kado pernikahan saja, unboxing juga kerap dilakukan ketika membuka kemasan produk termasuk kemasan kosmetik yang ingin dipromosikan.

Karena banyak menarik perhatian audiens, banyak orang dan influencer mulai membagikan video dan gambar unboxing mereka di media sosial. Tujuannya adalah untuk menunjukkan desain produk dan kemasannya secara apa adanya, tanpa penyuntingan photoshop yang umumnya terjadi dalam iklan.

Banyak video unboxing juga disertai dengan ulasan tentang produk, kemasan, dan pengalaman secara keseluruhan. Dengan cara ini, penonton dapat mengetahui dengan pasti apa yang bisa mereka harapkan jika mereka membeli produk tersebut.

Mengapa Orang Menyukai Video Unboxing?

Alasan mengapa orang suka menonton video unboxing

Video unboxing adalah sesuai yang bikin ketagihan ketika ditonton. Melihat seseorang melakukan unboxing mainan akan memberikan kita kesempatan untuk menikmati juga ‘momen pertama’ melihat barang yang ada di dalamnya. 

Alasan lain yang membuat orang-orang suka menonton video unboxing barang adalah untuk melihat kondisi sebuah produk sebelum mereka benar-benar membelinya. Ini adalah cara yang praktis untuk mengecek kualitas produk tanpa harus membelinya sendiri.

Berbeda dengan iklan yang sudah diedit dan didramatisir, video unboxing umumnya tampil apa adanya. Tidak ada settingan kamera yang berlebih apalagi trik cahaya. Kamu bisa melihat produk nyata yang langsung keluar dari kotaknya. Selain mampu memamerkan produknya, video unboxing juga memberi gambaran kualitas pengemasan dan pengiriman produk tersebut.

Baca Juga: Biar Laris dan Menggugah, Gini Caranya Foto Produk Makanan!

Video Unboxing, Jenis-nya Ada Apa Saja?

Setelah mengetahui apa itu unboxing, kamu juga perlu mengetahui bahwa video unboxing itu ada banyak jenisnya, tergantung pada produk apa yang ada di dalam kemasan. Selain itu, cara serta langkah-langkah unboxing juga bisa berbeda-beda, tergantung jenisnya. Yuk, simak uraian berikut ini!

1. Video Unboxing Gadget

Video unboxing gadget sering menampilkan proses pembukaan dan peninjauan fitur-fitur terbaru dari perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, earphone, dan aksesori lainnya. Reviewer biasanya memberikan pendapat tentang performa, kelebihan, kekurangan, serta nilai tambah dari produk tersebut. Video unboxing gadget sangat dicari oleh konsumen yang ingin mendapatkan informasi mendalam sebelum membeli perangkat elektronik.

2. Video Unboxing Make Up dan Skin Care

Jenis video unboxing: video unboxing makeup dan skincare

Video unboxing make up dan skin care menjadi favorit bagi pecinta kecantikan. Para pembuat konten memperlihatkan proses membuka kemasan produk kosmetik dan perawatan kulit, serta memberikan tinjauan tentang kualitas, tekstur, formula, dan pengalaman penggunaan produk. 

Ulasan yang jujur dan detail dalam video unboxing ini membantu konsumen dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

3. Video Unboxing Mainan Anak

Video unboxing mainan anak tidak hanya menyenangkan untuk ditonton oleh anak-anak, tetapi juga berguna bagi orang tua yang mencari mainan yang aman dan bermanfaat untuk anak-anak mereka. Pembuat konten menampilkan proses membuka dan mengeksplorasi mainan seperti boneka, mobil-mobilan, puzzle, dan permainan lainnya. 

Video ini juga bisa dibuat untuk juga memberikan ulasan tentang keamanan, kualitas, keberlanjutan, dan kesesuaian usia produk, membantu orang tua dalam membuat keputusan pembelian yang tepat.

Baca Juga: Bikin Acara untuk Anak? Ini Ide Bingkisan Ultah Sederhana!

4. Video Unboxing Kado

Jenis video unboxing: video unboxing kado

Video unboxing kado sering diunggah di platform media sosial seperti TikTok dan Instagram, menampilkan momen spesial saat seseorang menerima hadiah ulang tahun, kado seserahan pernikahan, atau hadiah lainnya. Konten ini tidak hanya memperlihatkan pembukaan kemasan, tetapi juga reaksi dan apresiasi dari penerima kado, menciptakan pengalaman yang hangat dan menghibur bagi penonton.

Baca Juga: Mau Kasih Kado Murah tapi Berkesan? Ini Ide Tukar Kado 50 Ribu

5. Video Unboxing Produk Fashion

Video unboxing produk fashion menjadi sumber inspirasi bagi mereka yang tertarik dengan dunia fashion dan gaya. Pembuat konten memperlihatkan proses membuka kemasan pakaian, sepatu, aksesoris, dan barang-barang lainnya, serta memberikan pendapat tentang desain, kualitas material, kesesuaian ukuran, dan gaya produk tersebut. 

Video-video ini membantu konsumen dalam memilih pakaian dan aksesoris yang sesuai dengan gaya dan preferensi mereka, serta memberikan gambaran yang lebih baik tentang produk sebelum melakukan pembelian.

Baca Juga: Apa Itu Tote Bag? Ini Info Jenis Tote Bag dan Variasi Ukurannya!

Cara Bikin Video Unboxing yang Simple dan Mudah Diikuti

Cara buat video unboxing

Sampai saat ini, video unboxing masih menjadi salah satu jenis konten yang menarik untuk disaksikan di media sosial. Brand maupun konten kreator perlu mempertimbangkan untuk membuat video unboxing karena bisa membantu memberikan pengalaman langsung kepada penonton tentang produk yang dibuka. Ini memungkinkan untuk menampilkan desain produk dan kemasan secara nyata, membangun kepercayaan dan minat konsumen. 

Selain itu, video unboxing juga memungkinkan untuk memberikan ulasan langsung tentang kualitas, kelebihan, dan kekurangan produk, meningkatkan kesadaran merek dan mempengaruhi keputusan pembelian. Lantas, bagaimana cara bikin video unboxing yang menarik? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

1. Tahapan Persiapan

  • Siapkan produk. Pastikan produk dalam kondisi baru dan belum dibuka
  • Siapkan alat. Kamera, tripod, microphone (opsional), dan pencahayaan yang baik
  • Buat skrip. Buat poin-poin penting yang ingin disampaikan dalam video
  • Siapkan intro dan outro. Buat intro dan outro yang menarik untuk video kamu.

2. Proses Perekaman

  • Mulai dengan menunjukkan produk dari luar kemasan. Jelaskan detail kemasan, seperti logo, nama produk, dan spesifikasi
  • Buka kemasan dengan hati-hati. Tunjukkan proses membuka kemasan dengan jelas dan detail
  • Tunjukkan produk dari berbagai sudut. Jelaskan fitur-fitur produk dan cara kerjanya
  • Berikan pendapat kamu tentang produk. Bagikan pengalamanmu saat menggunakan produk dan berikan penilaian.

3. Tahapan Editing

  • Potong bagian-bagian yang tidak perlu. Edit video agar ringkas dan menarik
  • Tambahkan musik latar dan efek suara. Musik latar yang sesuai dapat membuat video lebih menarik
  • Tambahkan teks dan grafik. Gunakan teks dan grafik untuk menjelaskan poin-poin penting
  • Buat thumbnail yang menarik. Thumbnail yang menarik akan meningkatkan CTR video kamu
  • Kamu bisa menyimak salah satu contoh setup video unboxing di sini.

Itulah berbagai hal penting yang perlu kamu ketahui tentang apa itu unboxing dan cara tepat untuk membuat video unboxing. Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa unboxing tidak hanya memberikan wawasan tentang produk, tetapi juga memengaruhi keputusan pembelian dan membangun kesadaran merek. 

Dengan langkah-langkah yang tepat, membuat video unboxing yang menarik dapat menjadi strategi efektif untuk memperluas jangkauan dan keterlibatan audiens di media sosial. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan eksplorasi berbagai produk melalui video unboxing!

Ingin memberikan pengalaman unboxing yang lebih menarik? Kamu bisa melakukannya dengan mendesain hardbox yang unik untuk produkmu. Desain yang indah dan menarik tidak hanya memberikan kesan pertama yang positif tapi juga dapat membuat unboxing jadi momen yang spesial. Buat hardbox terunik yang kamu mau bersama jasa pembuatan hardbox dari Paperlicious. Hubungi Paperlicious sekarang juga dan konsultasikan kebutuhan kemasanmu!

Write a comment