Keren! Cara Membuat Hampers Box Dari Kardus dan Karton!

Keren! Cara Membuat Hampers Box Dari Kardus dan Karton!

Kalau kamu sudah punya ide hampers Natal atau acara Natal hal berikutnya yang tidak kamu butuhkan adalah mencari hampers box yang sesuai. Hampers box sendiri adalah kotak atau keranjang yang digunakan untuk memuat berbagai hadiah hampers baik itu makanan, minuman, produk kosmetik hingga perlengkapan hobi.

Sama seperti isinya, memilih desain hampers box yang tepat juga penting agar tampilan hadiah Natal-mu tidak begitu-begitu saja. Selain membeli, hampers box juga bisa dibuat sendiri dengan mengikuti tutorial cara membuat hampers box bahan daur ulang seperti kardus atau berbagai jenis karton bekas. Bagaimana cara membuat hampers box sendiri? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel ini!

Model-model Hampers Box

4 model-model hampers box

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuat hampers box, yuk kita lihat beragam pilihan model hampers box yang digunakan di pasaran! Ada hampers dengan tutup terpisah, dan ada juga yang tanpa tutup. 

  • Model Slip-On
    Tutupnya bisa diselipkan ke bagian atas box tanpa perlu ditempelkan secara permanen.
  • Model Penutup Full
    Tutupnya bisa diangkat seluruhnya dari box, menciptakan tampilan yang eksklusif. Biasanya box ini berbahan tebal dan bisa digunakan kembali.
  • Model Terbuka
    Hampers box ini didesain tanpa tutup dan memperlihatkan keseluruhan isi hampers. Cocok untuk hampers dengan tata letak dan item yang menarik.
  • Model Flip Top
    Bagian atas ada ‘jendela’ yang bisa dibuka dan ditutup kembali, memberikan akses yang mudah ke dalam isi hampers tanpa melepas tutup sepenuhnya.

Alat dan Bahan untuk Membuat Hampers Box

Alat dan bahan membuat hampers box

Sebelum kita membahas cara membuat hampers box, ada beberapa alat dan bahan yang perlu kamu persiapkan antara lain:

1. Kardus atau Karton

Kardus atau karton merupakan bahan utama pembuatan hampers box. Kardus dan karton ini akan menjadi kerangka utama yang memberikan kestabilan dan kekuatan struktural bagi kotak hampers. Dengan begitu, kotak bisa menampung berbagai jenis barang dengan aman.

Selain menggunakan kardus atau karton bekas, kamu juga bisa menggunakan berbagai jenis karton lain. Material yang biasa dipakai untuk membuat kotak hampers dan hadiah antara lain kertas duplex, kertas kraft, kertas ivory hingga yellow board.

2. Gunting

Gunting merupakan alat esensial untuk memotong dan membentuk kardus sesuai desain yang diinginkan, memastikan tampilan dan ukuran yang sesuai. Jika tidak ada gunting, kamu bisa menggantinya dengan pisau cutter. Pastikan pisaunya cukup tajam agar hasil potonganmu rapi, ya!

3. Lem atau Double Tape

Kedua barang ini berguna untuk menyatukan setiap bagian kardus secara kokoh, memberikan kekuatan pada sambungan dan menjaga bentuk hampers box agar tetap utuh.

4. Pita dan Pembungkus Kado

Pita dan kertas pembungkus kado berfungsi sebagai elemen dekoratif, menambahkan sentuhan estetika dan kesan kemasan yang elegan pada hampers box.

Baca Juga: Apa itu Kemasan Produk? Yuk Bahas Lengkap dari A Sampai Z!

5. Isi Hampers Sesuai Keperluan

Isi hampers adalah hadiah yang ingin kamu berikan kepada penerima. Ini berupa produk atau kumpulan produk yang dipilih dengan hati-hati dan disusun secara rapi dalam hampers box, menciptakan paket hadiah yang sesuai dengan selera dan kebutuhan penerima.

Baca Juga: Pasti Diingat, Ini Dia Hadiah Kenang-Kenangan yang Berkesan!

Cara Membuat Hampers Box dari Kardus Bekas 

Caption: Cara Membuat Box Hampers dari Kardus oleh Kado Wisudaku di YouTube

Setelah semua alat dan bahan dipersiapkan, mari kita lanjutkan prosesnya ke cara membuat hampers box dari kardus bekas. Langkah-langkanya sebagai berikut:

1. Ukur dan Potong Kardus Sesuai Ukuran

Gunakan pengukur untuk menentukan dimensi yang diinginkan. Pastikan ukurannya tidak terlalu besar atau terlalu kecil untuk hadiah yang ingin dimasukkan ke dalamnya.

Selanjutnya, gunting kardus bekas sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan. Untuk lebih memudahkan, kamu bisa membuat cetakan atau pola terlebih dahulu. Ini akan sangat berguna, terlebih jika kamu ingin membuat hampers box dalam jumlah banyak.

2. Lipat dan Rekatkan Sisi-Sisi Kardus

Lipat kardus di sepanjang garis yang telah diukur, dan rekatkan sisi-sisi dengan menggunakan lem atau double tape untuk membentuk bentuk box.

3. Beri Lem pada Bagian Samping Box

Sebenarnya kamu bisa melakukannya tanpa lem. Namun untuk memastikan kekokohan box, tetap berikan lem pada bagian samping kotak. Jangan lupa untuk memastikan semua sisi terhubung dengan kuat.

4. Hias Kardus Sesuai dengan Kreativitas

Tambahkan sentuhan personal dengan hiasan berupa pita atau catatan kreatif pada permukaan kardus, menciptakan tampilan yang unik dan menarik.

Lihat Produk: Greeting Card

5. Isi Box dengan Barang-Barang

Setelah kotak hampers selesai dibuat, saatnya menyusun barang-barang ke dalam kotak hampers. Agar lebih mudah ditata, kamu bisa menambahkan cacahan atau potongan kertas. Ini akan menjaga tata letak isi hampers tetap baik sampai ke tangan penerima.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kado Cakep untuk Pacar Wanita, Dijamin Unik!

6. Bungkus Rapi dengan Pembungkus Kado

Jika kotak hampers yang kamu buat adalah model tertutup, kamu bisa langsung membungkusnya dengan menggunakan pembungkus kado. Jika ingin dikirimkan ke luar kota lewat ekspedisi, cari tahu cara packing paket yang aman hingga sampai ke tujuan.

Apabila model kotak hampersnya adalah kotak terbuka, kamu bisa mengganti pembungkus kado dengan plastik transparan. Berikan pita sebagai pengikat bagian atas untuk tampilan yang lebih cantik.

Lihat Produk: Wrapping Paper

Cara Membuat Box Hampers dari Karton 

Caption: Cara Membuat Box Hampers dari Karton oleh Lili Journey di YouTube

Lalu, bagaimana cara membuat hampers box dari karton yang memiliki tutup terpisah (model penutup full). Simak langkah-langkahnya berikut in!

1. Cara Membuat Bagian Utama Hampers

Langkah-langkah membuat bagian utama atau bagian bawah hampers adalah:

  • Siapkan selembar karton yang cukup besar. Ukur dan tandai panjang, lebar dan tinggi yang diinginkan.
  • Gunakan pisau cutter atau gunting untuk memotong karton sesuai dengan tanda yang sudah dibuat.
  • Lipat karton di sepanjang garis yang sudah ditandai untuk membentuk sisi-sisi kotak. Pastikan setiap sisi kotak cukup kuat dan lipatannya rapi.
  • Rekatkan sisi-sisi kotak dengan lem atau double tape. Tambahkan karton lagi ke sudut-sudut kotak untuk memberikan kekuatan tambahan.

2. Cara Membuat Bagian Tutup Hampers Box

  • Dengan bahan karton yang sama, ukur dan potong pola tutup. Pastikan ukurannya sesuai dengan bagian utama kotak yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Buat lipatan pada bagian sisi-sisi yang akan menjadi bagian tepi. Pastikan lipatannya cukup lebar agar kotak dapat tertutup rapat.
  • Setelah tutup selesai dibuat, kamu bisa mengujinya dengan memasangkan bagian tutup ke bagian bawah kotak. Jika sudah sesuai, kamu bisa melanjutkan ke proses pengisian kotak.
  • Kalau sudah selesai, beri hiasan dekoratif dengan menggunakan pita atau stiker.

Kalau kamu merasa tampilan kotaknya terlalu polos, kamu bisa melapisi kotak dengan pembungkus kado agar tampilannya lebih menarik.

Itu dia beberapa referensi cara membuat hampers box yang bisa kamu tiru dan kamu coba di rumah. Kalau kamu sedang sibuk atau ingin membuat hampers box dengan desain yang menarik dalam jumlah banyak, kamu bisa menyerahkan proses pembuatannya pada tenaga profesional seperti Paperlicious. Kamu sendiri yang menentukan ukuran, bahan hingga desainnya. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapat jasa hampers box!

Write a comment