Apa Itu Kertas Duplex? Yuk, Kenalan Sama Bahan Satu Ini!

Apa Itu Kertas Duplex? Yuk, Kenalan Sama Bahan Satu Ini!

Ada banyak jenis kertas yang digunakan untuk kebutuhan packaging, baik dari segi warna maupun ketebalannya. Kertas duplex adalah salah satu pilihan karena memiliki daya tahan yang baik untuk kemasan produk hingga pembuatan box hampers maupun PR package.

Apa itu kertas duplex? Apa saja jenis-jenis kertas duplex yang bisa kamu jadikan pilihan pengemasan produk? Yuk, kita kupas tuntas dalam artikel ini!

Apa itu Kertas Duplex? 

Kertas duplex adalah kertas yang terbuat dari pulp kayu dengan lapisan yang berwarna putih (diputihkan) pada satu sisi. Karena terdiri dari dua lapisan dan cenderung lebih tebal dari kertas biasa, banyak yang menyebutnya sebagai papan atau karton duplex.

Bagian luar dari karton duplex dilapisi atau di-coating agar lebih tahan air dan terlihat lebih bagus. Ada juga duplex board yang tidak di-coating tapi masih cukup kuat untuk dibuat menjadi kemasan sekali pakai (disposable packaging). 

Tidak seperti corrugated board, karton duplex cenderung lebih ringan, kuat dan memberikan tampilan yang lebih cerah pada packaging. Kamu juga bisa dengan mudah menambahkan desain gambar, logo atau tulisan di permukaannya untuk membuat tampilan kemasan dari kertas duplex kamu semakin menarik.

Baca Juga: Bingung Pilih Emboss atau Deboss? Cek Perbedaannya di Sini!

Jenis Kertas Duplex Berdasarkan Warna 

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, jenis kertas duplex itu beragam. Baik dari segi warna maupun ketebalannya. Jika dilihat dari warnanya, ada 2 macam kertas duplex yakni:

1. Duplex Putih-Abu 

Duplex putih-abu merupakan varian kertas duplex yang sering digunakan dalam industri kemasan. Kertas ini memiliki dua lapisan, dengan satu lapisan berwarna putih dan lapisan lainnya berwarna abu-abu. Perbedaan warna memberikan kontras visual yang menarik, sementara kekuatan dan daya tahan kertas duplex memberikan perlindungan ekstra terhadap kerusakan fisik dan kelembaban. 

Popularitas duplex putih-abu tidak hanya karena tampilannya yang bersih, tetapi juga karena fleksibilitasnya dalam menyajikan produk dengan gaya yang profesional dan estetis.

2. Duplex Putih-Putih

Kertas duplex jenis duplex putih-putih memiliki keunggulan dengan kedua sisinya berwarna putih, memberikan tampilan yang bersih dan elegan. Keistimewaan ini membuatnya cocok untuk aplikasi kemasan yang memerlukan presentasi produk yang menarik dan elegan. 

Dengan kekuatan fisik dan kemampuan melindungi yang dimilikinya, kertas duplex ini menjadi pilihan yang populer untuk menciptakan kemasan yang memberikan kesan positif kepada konsumen.

Jenis dan Ketebalan Kertas Duplex Berdasarkan Tingkat Gramasi

Selain berdasarkan warna, kertas duplex juga bisa dibedakan berdasarkan ketebalan atau gramasinya. Jenis kertas duplex berdasarkan tingkat ketebalannya adalah sebagai berikut:

1. Duplex 250 GSM 

Kertas duplex 250 GSM merupakan varian paling tipis dari kertas duplex, dengan ketebalan 250 gram per meter persegi. Khusus digunakan untuk kemasan makanan ringan seperti keripik pisang, biskuit, atau kue kering, jenis ini memberikan perlindungan yang cukup tanpa menambah berat yang signifikan pada produk. 

Dengan ketebalan yang sesuai, kertas ini mendukung estetika kemasan ringan dan fungsional untuk dijadikan sebagai kemasan makanan unik.

2. Duplex 310 GSM 

Kertas duplex 310 GSM dikenal sebagai pilihan umum untuk kemasan, terutama dalam pembuatan kotak kemasan makanan dan kotak sepatu. Dengan ketebalan 310 gram per meter persegi, jenis kertas ini memberikan kekuatan yang cukup untuk melindungi barang-barang tersebut selama pengiriman dan penyimpanan.

Baca Juga: Seller Wajib Tahu! Ini Cara Packing Paket yang Benar dan Aman!

3. Duplex 350 GSM 

Duplex 350 GSM banyak digunakan untuk kemasan produk elektronik. Duplex jenis ini memberikan kekuatan tambahan untuk melindungi produk selama pengiriman dan penyimpanan. Dengan ketebalan yang optimal, duplex 350 GSM menjadi pilihan unggul dalam menciptakan kemasan yang kokoh dan aman bagi produk elektronik.

4. Duplex 400 GSM 

Kertas duplex 400 GSM merupakan varian paling tebal, umumnya dipilih untuk kemasan produk yang membutuhkan perlindungan ekstra, seperti kotak kemasan produk yang rentan terhadap benturan. 

Dengan ketebalan 400 GSM, kertas ini memberikan kekokohan yang diperlukan untuk melindungi barang selama proses pengiriman dan penyimpanan, menjadikannya pilihan ideal untuk kemasan produk yang sensitif.

Dengan mengetahui ketebalan kertas duplex, kamu bisa memilih jenis duplex mana yang cocok dengan kebutuhan pengemasanmu.

7 Karakteristik Kertas Duplex

Kertas duplex memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya unggul sebagai pilihan packaging dibandingkan dengan kertas atau karton lain. Karakteristik kertas duplex tersebut antara lain adalah:

1. Terdiri dari 2 Lapisan

Kertas duplex memiliki karakteristik utama dengan terdiri dari dua lapisan. Struktur dwilapis ini memberikan kombinasi kekuatan dan tampilan yang baik, membuatnya ideal untuk berbagai aplikasi kemasan. Keunggulan ini memberikan daya tahan tambahan dan memberikan presentasi yang lebih menarik pada produk.

2. Memiliki Kekuatan yang Cukup Baik 

Kertas karton dupleks memiliki kekuatan dan kekakuan yang luar biasa, sehingga mampu menahan tekanan eksternal selama penyimpanan, pengangkutan dan penanganan (handling). Rasio kekuatan terhadap beratnya yang tinggi memastikan produk ini dapat melindungi barang yang dikemas secara efektif.

3. Memiliki Fleksibilitas

Kertas duplex memiliki fleksibilitas karena terdiri dari lapisan kertas yang dilapisi dengan lapisan putih dari pulp kimia. Lapisan putih ini memberikan sifat lentur, memudahkan pembentukan kertas sesuai kebutuhan.

Fleksibilitas kertas duplex juga bisa dilihat dari sisi penggunaannya. Karena daya tahannya yang baik, duplex banyak digunakan dalam industri. Mulai dari bahan untuk pengemasan produk, paper bag sampai kemasan makanan dan hang tag.

Baca Juga: Mau Pakai Kemasan Serba Bisa? Yuk Coba Kemasan Fleksibel!

4. Harga Relatif Terjangkau 

Karakteristik kertas duplex mencakup harga yang relatif terjangkau. Kualitasnya yang baik dan daya tahan membuatnya menjadi pilihan ekonomis untuk kemasan. Harga yang terjangkau menjadikannya solusi yang hemat biaya namun efektif untuk berbagai kebutuhan pengemasan.

5. Tahan Lembap

Karakteristik kertas duplex yang tahan lembap membuatnya ideal untuk melindungi produk dari kelembapan. Kemampuannya menahan lembap menjaga integritas kertas, mencegah deformasi, dan memastikan kemasan tetap kokoh bahkan dalam kondisi lingkungan yang lembap.

6. Kaku

Kertas duplex memiliki karakteristik kekakuan yang membuatnya tahan terhadap tekanan eksternal. Kekuatan dan ketebalannya memberikan struktur yang kokoh, ini membuat duplex banyak jadi pilihan solid untuk berbagai aplikasi kemasan yang memerlukan daya tahan dan stabilitas.

7. Hasil Cetak Optimal

Kertas duplex menonjol dengan hasil akhir yang halus untuk semua jenis cetakan. Karakteristik ini membuatnya ideal untuk berbagai kebutuhan pencetakan, memberikan tampilan yang bersih dan profesional pada kemasan. 

Kemampuannya menghasilkan detail cetakan yang baik membuat kertas duplex cocok untuk menciptakan desain yang menarik dan mencolok, meningkatkan nilai estetika produk dan kesan positif pada konsumen.

Ingin membuat kemasan dengan menggunakan bahan kertas? Kertas duplex adalah salah satu pilihan terbaik. Paperlicious sebagai salah satu penyedia jasa pembuatan hardbox dan softbox siap membantumu membuat kemasan yang menarik dengan berbagai jenis kertas, termasuk jenis kertas duplex.

Hubungi Paperlicious sekarang juga dan konsultasikan kebutuhan pengemasanmu pada kami!

Write a comment