Apa Itu Kertas atau Bahan Ivory? Yuk, Intip Kelebihannya!

Apa Itu Kertas atau Bahan Ivory? Yuk, Intip Kelebihannya!

Dalam dunia percetakan termasuk packaging produk, ada berbagai jenis bahan yang umum digunakan. Bahan kertas ivory dan duplex adalah beberapa yang paling banyak dipakai untuk pembuatan kemasan produk. Dengan berbagai kelebihannya, material ini mampu memberikan perlindungan yang mumpuni sekaligus tampilan menarik pada produk.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang bahan ivory, karakteristik serta kelebihan dan kegunaannya. Jika kamu sedang mempertimbangkan karton ivory untuk material packaging-mu, artikel ini wajib kamu baca sampai tuntas!

Apa itu Kertas atau Bahan Ivory

Jenis karton untuk kemasan: ivory

Bahan ivory adalah jenis kertas dengan sisi mengkilap dan doff, mirip dengan art carton dan matte paper. Ciri yang membedakan kertas ini dengan material lain yakni satu sisi punya tampilan mengkilap sementara sisi yang satunya lagi doff.

Ivory paper banyak digunakan untuk bahan kemasan dalam bentuk kotak, juga sebagai kemasan kosmetik. Jenis kertas ini memiliki kualitas yang kuat, mewah, dan elegan, serta tersedia dalam berbagai ukuran gramasi, mulai dari 210 gram hingga 400 gram.

Apa Saja Karakteristik Kertas atau Bahan Ivory?

Karateristik bahan ivory atau kertas ivory

Meski secara kegunaan bahan ini mirip dengan jenis kertas lain seperti art carton, ada beberapa karakteristik yang membedakannya dengan material lain dalam pencetakan. Simak detail karakteristiknya berikut ini!

1. Memiliki Warna Krem atau Putih Gading

Kertas ivory memiliki ciri khas berupa warna krem atau putih gading yang menciptakan tampilan elegan dan mewah. Ini membuat ivory memiliki dimensi visual yang menarik dalam dunia pengemasan. Karakteristik ini jugalah membuatnya menjadi pilihan populer untuk kemasan makanan dan kosmetik yang membutuhkan penampilan yang menarik dan berkualitas tinggi.

Baca Juga: Yuk, Gunakan Packaging Makanan Unik Biar Orderan Makin Naik!

2. Memiliki Tekstur yang Lembut dan Halus

Tekstur yang lembut dan halus dari kertas ivory membuatnya fleksibel digunakan untuk membuat berbagai jenis kemasan. Kamu bisa membuat box bahan ivory hingga paper bag yang terlihat premium dengan material ini

Baca Juga: Buat Sendiri Aja! Simak Nih, 6 Cara Membuat Paper Bag!

3. Memiliki Permukaan Doff dan Glossy

Kertas ivory menampilkan karakteristik unik dengan dua sisi yang berbeda. Sisi mengkilapnya menyerupai kertas foto atau art carton, cocok untuk cetak gambar yang tajam. Sementara sisi doff-nya memberikan kesan kasar, sering digunakan untuk bagian dalam kemasan. Perbedaan ini disebabkan oleh proses coating dengan bahan kimia pada tahap pembuatannya.

Sisi mengkilap ivory memiliki warna putih gading yang cerah, sedangkan sisi doff cenderung lebih gelap. Keunikan ini memungkinkan identifikasi mudah antara sisi luar dan dalam, serta memberikan fleksibilitas dalam penggunaan untuk menciptakan efek visual yang diinginkan.

4. Memiliki Gramatur Mulai dari 210 Hingga 400 Gsm

Kertas Ivory memiliki beragam gramatur, mulai dari 210 hingga 400 gsm, menunjukkan kekakuan dan ketebalannya yang cukup signifikan. Hal ini membuatnya cocok untuk digunakan sebagai bahan kemasan yang kuat dan tahan lama. Dengan berbagai ketebalan tersebut, kertas ini dapat memberikan hasil kemasan yang sesuai dengan kebutuhan estetika dan fungsionalitas yang diinginkan.

Apa Kekurangan Kertas atau Bahan Ivory?

Kekurangan bahan ivory atau kertas ivory

Meski dikenal memiliki tampilan menarik dan elegan, bahan ivory tetap memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Harganya Relatif Mahal

Kekurangan utama dari penggunaan bahan ivory adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan jenis kertas pada umumnya. Untuk ukuran dan gramatur yang sama, ivory biasanya dihargai hingga 25% lebih mahal daripada kertas biasa. Tingginya harga ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi para konsumen dan pelaku bisnis percetakan.

2. Perlu Di-Print Menggunakan Printer Injeksi untuk Hasil Optimal

Meskipun kertas ivory dapat dicetak dengan printer kertas biasa, proses cetaknya akan lambat, terutama jika desainnya full color. Oleh karena itu untuk mencetak pada kertas ivory dibutuhkan mesin printer injeksi agar hasil cetakannya maksimal dan detail. Mengingat biaya cetak injeksi relatif lebih mahal, maka perlu menjadi pertimbangan bagi konsumen dalam memilih bahan ivory ini.

3. Hasil Cetak Mungkin Berbeda dengan Jenis Kertas Lain

Meski bisa memberikan hasil cetak yang detail, tajam dan cerah, warna dasar kertas ivory tidak putih seperti kertas lainnya. Ini bisa saja membuat hasil cetak yang kamu inginkan tidak sesuai dengan harapan. Ketebalan dan gramatur kertas yang dipilih juga bisa berpengaruh pada hasil cetakan.

Karena itu, pastikan kamu melihat contoh akhir produk dengan material ivory terlebih dahulu sebelum memilihnya.

5 Contoh Penggunaan Bahan Ivory

Kertas ivory memiliki fleksibilitas yang tinggi sebagai material cetak. Beberapa contoh penggunaan bahan ivory yang bisa kamu pertimbangkan antara lain adalah:

1. Bahan Dasar untuk Membuat Kemasan Custom yang Kokoh

Contoh packaging dari bahan ivory

Kertas ivory yang cukup tebal, mudah dibentuk dan dicetak cocok digunakan untuk membuat kemasan produk kustom yang kokoh. Biasanya bahan ini digunakan untuk pembuatan packaging parfum, skincare, dan kosmetik. 

Ivory juga umum digunakan untuk kemasan makanan kertas. Ada jenis ivory PE atau food grade yang aman untuk langsung mengemas makanan, memberikan keamanan ekstra bagi konsumen. 

Kamu tidak perlu khawatir dengan keamanan produk makananmu bagi konsumen karena jenis kertas ini tidak akan membahayakan kesehatan. Cita rasa, warna dan aroma makanan juga dijamin tidak akan berubah sehingga tidak akan mengecewakan konsumenmu.

2. Membuat Cover Buku

Contoh cover buku dari bahan ivory atau kertas ivory

Bahan ivory adalah salah satu pilihan yang menarik untuk membuat cover atau sampul buku. Ini karena material ini bisa memberikan hasil cetak yang tajam dan jelas. 

Pilihan ivory sebagai bahan sampul buku populer karena kekakuan dan keberagaman gramaturnya. Ini memungkinkanmu menggunakannya tanpa lapisan laminasi tambahan. Meskipun cocok untuk semua jenis buku, kertas ivory sering dipilih untuk buku novel, pendidikan, dan keilmuan.

3. Cocok untuk Mencetak Kalender dan Undangan

Contoh undangan pernikahan dari bahan ivory atau kertas ivory

Ada banyak kalender dengan gambar tajam dan bentuk yang kokoh dibuat dengan menggunakan kertas ivory. Ivory juga sangat cocok dijadikan bahan untuk mencetak undangan, selain kalender meja dan dinding.

Kekakuan dan ketebalan gramasinya membuat kalender dan undangan yang dibuat dengan menggunakan material ini tidak mudah rusak dan lecek. Agar hasil cetaknya maksimal, kamu disarankan untuk menggunakan kertas ivory dengan gramasi antara 210 sampai 300 gram.

4. Bagus untuk Membuat Map Instansi dan Kartu Nama

Contoh kartu nama dari bahan ivory atau kertas ivory

Kertas ivory dapat digunakan untuk membuat map instansi atau perusahaan dengan hasil yang awet berkat kekakuan dan ketebalannya. Warna dasar putih kekuningan membuatnya lebih tahan lama dan tidak mudah robek. 

Selain itu material ini cocok juga untuk mencetak kartu nama, memberikan kesan premium dan eksklusif. Selain untuk pembuatan kartu nama, kamu juga bisa memanfaatkan kertas ini untuk membuat greeting card seperti kartu ucapan untuk keluarga, klien, kolega dan lain sebagainya.

5. Membuat Paper Bag dengan Tampilan Premium

Contoh paper bag dari bahan ivory

Paper bag atau tas kertas memerlukan bahan yang kokoh dan tahan lama untuk menghindari robekan. Kertas ivory, terutama yang memiliki gramatur tebal, sering dipilih untuk tujuan tersebut. 

Meskipun tidak sepopuler kertas art carton atau kraft untuk pembuatan paper bag custom, penggunaan material ivory dapat memberikan sentuhan premium dan membedakannya dari kompetitor. Cocok sekali untuk kamu yang ingin membuat paper bag untuk kebutuhan promosi seperti mengirimkan PR package atau souvenir kantor.

Baca Juga: 4 Jenis Bahan Paper Bag, Pilih yang Terbaik untuk Kemasanmu!

Itulah berbagai informasi lengkap seputar bahan ivory, karakteristik, kekurangan hingga kegunaannya. Membuat produk cetak seperti buku, kalender maupun kemasan membutuhkan ketelitian agar hasil akhirnya tidak mengecewakan. Bahan ivory sebagai salah satu pilihan material, bisa menjadi solusi bagi kamu yang membutuhkan kemasan maupun produk cetak yang unik dan elegan.

Jangan lupa, tetap percayakan proses pencetakan dan pembuatan packaging produkmu pada mitra tepercaya seperti Paperlicious. Hanya di Paperlicious, kamu bisa menemukan material terbaik dengan desain yang bisa kamu pilih sendiri sesuai kebutuhan. Jangan ragu lagi, hubungi Paperlicious sekarang untuk mengkonsultasikan kebutuhan pengemasan produkmu, cetak paper bag, hingga kebutuhan packaging lainnya. Yuk, lesatkan bisnismu bersama Paperlicious!

Write a comment