Butuh Kertas yang Tebal? Kenalan Yuk dengan Kertas Art Carton!

Butuh Kertas yang Tebal? Kenalan Yuk dengan Kertas Art Carton!

Kalau kamu pernah membuat kerajinan tangan dari bahan kertas ketika masih sekolah, kamu pasti pernah mendengar jenis bahan art carton. Art carton disebut dengan kertas art atau seni karena sering digunakan dalam pembuatan barang seni dan kerajinan hingga proyek desain. Art carton biasanya memiliki berbagai ketebalan dan ukuran serta memiliki kestabilan yang baik.

Dalam dunia percetakan dan packaging (pengemasan), art carton juga sangat populer. Selain kertas duplex, yellow board, impraboard, dan corrugated board, art carton banyak dipakai untuk pembuatan kemasan produk dan pembuatan materi cetak seperti kartu nama, sampul buku, majalah hingga product tags

Art carton juga kerap disamakan dengan art paper. Untuk lebih memahami apa itu art carton dan apa perbedaan art paper dan art carton, mari kita bahas selengkapnya dalam artikel ini!

Apa itu Bahan Art Carton? Apakah Sama dengan Art Paper?

Contoh bahan art carton

Art carton adalah salah satu jenis kertas atau karton yang sering digunakan dalam konteks packaging. Bahan art carton memiliki permukaan yang licin, halus, dan cenderung mengkilap, menjadikannya pilihan yang populer untuk packaging yang ingin tampilan premium. 

Art carton sering dibandingkan dengan art paper karena keduanya memiliki karakteristik yang mirip, seperti permukaan yang mulus. Perbedaannya art carton dan art paper terletak pada ketebalannya; art carton biasanya lebih tebal daripada art paper. Namun, Art Carton sangat cocok sebagai material untuk menciptakan kemasan yang menarik dan berkualitas tinggi.

Lalu, bagaimana perbandingan ketebalan art carton vs art paper? Art carton paling tebal memiliki gramasi 310 gsm. Sementara art paper hanya 150 gsm. Art carton paling tipis gramasinya adalah 190 gsm sementara art paper cenderung lebih tipis yakni hanya 100 gsm saja.

Meskipun art carton gramasi cenderung lebih tebal dibanding art paper, tapi dari segi ukuran keduanya sama saja. Beberapa opsi ukuran yang akan kamu temukan di pasaran antara lain adalah:

  • Art Carton ukuran A3 = 29,7 cm x 42 cm
  • Art Carton ukuran A3+ = 32,9 cm x 48,3 cm
  • Art Carton ukuran A4 = 21 cm x 29,7 cm

Dengan mengetahui ukuran dan gramasi masing-masing jenis kertas, kamu bisa lebih mudah menentukan jenis kertas apa yang kamu butuhkan.

Apa Saja Ciri-Ciri Kertas Art Carton?

Ciri ciri atau karaterstik bahan art carton

Art carton adalah jenis karton yang memiliki karakteristik mirip dengan art paper. Kedua sisinya glossy berwarna putih dan bisa dicetak sesuai kebutuhan. Untuk lebih memahami mengenai karakteristiknya, simak penjelasan berikut ini!

1. Memiliki Tesktur yang Halus

Art carton memiliki tekstur yang halus dan licin, yang memudahkan penyerapan tinta saat proses pencetakan. Ini memungkinkan kamu untuk mencetak dengan resolusi tinggi dan menciptakan tampilan visual yang menarik. Kombinasi tekstur yang halus dan kemampuan penyerapan tinta membuatnya menjadi pilihan ideal untuk mencetak proyek dengan detail halus dan hasil cetakan berkualitas tinggi.

2. Bahan Tebal dan Kaku

Art carton memiliki karakteristik berupa ketebalan dan kekakuan yang khas. Kertasnya yang lebih tebal memberikan kekuatan struktural yang tinggi, ideal untuk membuat kemasan yang kokoh dan mampu menahan tekanan, menjadikannya pilihan unggul untuk keperluan packaging. Kamu bisa menjadikan art carton sebagai pilihan kemasan ramah lingkungan, kemasan kosmetik, hingga kemasan makanan (baik kemasan primer maupun sekunder).

3. Bahan Memiliki Fleksibilitas Tinggi

Meskipun bahannya tebal dan kaku, art carton masih memiliki fleksibilitas yang baik. Ini memungkinkannya untuk dengan mudah dibentuk menjadi berbagai bentuk packaging. Ini membuatnya sangat sesuai untuk desain packaging yang beragam dan menawarkan kebebasan dalam kreativitas desain.

Baca Juga: Mau Pakai Kemasan Serba Bisa? Yuk Coba Kemasan Fleksibel!

4. Tidak Mudah Sobek 

Art carton memiliki karakteristik ketebalan dan serat kuat yang membuatnya tidak mudah sobek. Meskipun tidak sekuat kardus, bahan ini lebih tahan terhadap sobekan daripada bahan lain seperti art paper atau kraft paper. Ini membuatnya ideal untuk aplikasi packaging yang membutuhkan ketahanan ekstra terhadap kerusakan fisik.

5. Bahan yang Awet 

Karakteristik art carton berikutnya adalah keawetannya. Ini karena bahan dasar dari art carton memang sudah bagus. Ditambah finishing pelapis di kedua permukaannya, kemasan dari bahan art carton cenderung tahan lama saat digunakan.

6. Dapat Dicetak Menggunakan Berbagai Jenis Tinta 

Pada dasarnya, art carton juga sangat fleksibel dari sisi jenis tinta yang bisa digunakan untuk mencetak di atas permukaannya. Kamu bisa menggunakan tinta air, tinta pigment, tinta cetak offset dan berbagai jenis tinta lainnya, tergantung pada kebutuhan. Kamu bisa memilih menggunakan tinta yang tahan air seperti tinta pigment untuk kebutuhan pembuatan kemasan sekunder yang lebih tahan lama.

Apa Fungsi dan Kegunaan Kertas Art Carton

Fungsi dan kegunaan kertas art carton

Karena fleksibilitas nya, kertas art carton banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti:

  • Kemasan makanan. Art carton bisa dipakai untuk membuat kemasan kotak untuk produk seperti kue kering, keripik pisang, atau kemasan sekunder untuk soft cookies agar tampilannya lebih premium
  • Kemasan kosmetik. Parfum atau krim wajah bisa lebih terlihat mewah dan aman sampai ke tangan konsumen dengan kemasan tambahan dari art carton
  • Box souvenir. Art carton juga merupakan opsi yang menarik untuk pembuatan box souvenir pernikahan atau hampers
  • Kemasan untuk promosi. Kamu juga bisa membuat PR package atau gift box untuk klienmu dengan bahan art carton
  • Kemasan farmasi. Art carton umum digunakan sebagai kemasan sekunder untuk mengemas beberapa botol atau strip obat-obatan
  • Kemasan elektronik. Barang-barang elektronik yang dikemas dengan bahan art carton cenderung lebih kuat dan tampil lebih menarik.

Selain kemasan, art carton juga kadang digunakan untuk membuat kartu nama, brosur, undangan dan masih banyak lagi. 

Berapa Ketebalan Kertas Art Carton?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, art carton memiliki ketebalan dan ukuran yang berbeda-beda, sehingga membuat harga art carton di pasaran bervariasi. Perlu diperhatikan bahwa selain memiliki variasi, harga art carton juga dapat mengalami perubahan di pasar. Simak detailnya dalam tabel berikut!

Ukuran dalam GSMPenggunaanHarga Per Lembar untuk Ukuran A3+
190 gsmKartu nama, poster, brosurRp 2.000
210 – 230 gsmKartu nama, brosur (tebal), kalender, map perusahaanRp 2.100 – Rp 2.600
260 gsmPaper bag, brosur, company profileRp 2.600
310 gsmBerbagai kemasanRp 3.000
360 gsmKemasan produk Rp 9.500
400 gsmKemasan produk Rp 11.000

Caption: Ketebalan kertas art carton dan harga kertas art carton

Perlu diketahui bahwa harga yang tertera di atas sifatnya hanya estimasi saja. Harga mungkin akan berbeda tergantung di toko mana kamu membelinya. Untuk informasi lebih detail, kamu bisa mengeceknya langsung di situs marketplace populer yang tersedia.

Itu dia berbagai hal yang perlu kamu ketahui seputar art carton. Membutuhkan jasa untuk cetak paper bag atau kemasan dari bahan art carton? Paperlicious siap membantu kamu mewujudkannya dengan desain dan hasil cetak terbaik yang kamu butuhkan. Hubungi kami sekarang juga dan konsultasikan kebutuhanmu pada Paperlicious!

Write a comment