Siap Jualan? Ayo Bikin Label Makanan Sendiri di Canva!

Siap Jualan? Ayo Bikin Label Makanan Sendiri di Canva!

Membuat label produk sendiri sekarang sangat mudah karena ada banyak program desain untuk umum, misalnya Canva. Cukup dengan membuka akun gratis, kamu sudah bisa mengakses berbagai fitur dan cara bikin label makanan dengan mudah. Hasilnya pun tidak kalah dengan pekerjaan desainer profesional!

Bikin label sendiri bisa jadi solusi untuk pemilik usaha kecil atau level rumah tangga. Kamu bisa membuat label yang menarik dan terlihat profesional tanpa keluar banyak uang. File gambarnya bisa kamu simpan dalam berbagai format dan langsung dicetak kapan saja kamu membutuhkannya.

Gunakan panduan cara bikin label makanan di Canva berikut ini agar produkmu terlihat cantik serta profesional!

Rahasia Cara Bikin Label Makanan yang Menarik

Label pada kemasan makanan berfungsi ganda, yaitu sebagai informasi produk sekaligus menarik masyarakat agar mau mencoba. Walau desainnya mungkin sederhana, pastikan label produk buatanmu memenuhi semua syarat ini:

1. Gunakan Kombinasi Warna dan Kontras Menarik

Gunakan kombinasi warna yang menarik untuk membuat label makanan

Kombinasi warna menarik akan membuat labelmu semakin mengundang orang untuk membeli. Secara umum, warna label sebaiknya mengikuti identitas bisnismu. Akan tetapi, secara universal, ada beberapa warna yang tepat untuk mempromosikan makanan, misalnya:

a. Merah

Restoran dan gerai makanan cepat saji banyak yang menggunakan warna merah pada label karena menarik perhatian. Merah juga dianggap mampu meningkatkan nafsu makan dan semangat karena warnanya memberi stimulasi pada otak.

b. Jingga

Jingga memadukan warna merah dan kuning sehingga tidak terlalu kuat. Cocok untuk mempromosikan makanan serta menunjukkan karakteristik seperti “optimisme” atau “keceriaan”.

c. Hijau

Hijau identik dengan makanan yang bertema alami, organik, atau sehat (misalnya rendah kalori, ramah vegan, atau berbahan dasar tanaman).

Jangan lupakan kontras antara warna label dengan huruf di atasnya. Pastikan semua orang bisa membaca teks pada label dengan jelas, bahkan saat produknya masih di rak.

2. Tambahkan Foto atau Ilustrasi Makanan

Cara membuat label makanan lebih menarik adalah dengan menambahkan gambar atau ilustrasi yang menarik. Jika labelnya cukup besar, kamu bisa menggunakan foto asli makanannya. Gunakan foto kualitas HD yang diambil sedemikian rupa sehingga makanannya terlihat menggiurkan.

Ide lainnya? Gunakan ilustrasi atau logo unik yang menggambarkan makananmu secara artistik. Misalnya, jika kamu menjual keripik pisang, gunakan logo bertema pisang yang imut atau menyolok.

Baca Juga: Biar Makin Laku, Yuk Gunakan Kemasan Keripik Pisang yang Unik!

3. Pilih Tipografi yang Menarik serta Mudah Dibaca

Contoh tipografi untuk membuat label makanan

Ketika membuat label makanan, kamu membutuhkan minimal dua tipografi untuk nama produk dan keterangannya.

Untuk nama produk, gunakan tipografi hias yang mencerminkan identitas produk tetapi mudah dibaca. Pastikan ornament pada hurufnya tidak mengganggu saat orang mencoba membacanya. Kamu bisa mengujinya dengan meletakkan contoh stiker label pada kemasan dan membacanya dari jauh.

Untuk keterangan produk, gunakan tipografi yang lebih standar dan mudah dibaca, misalnya dari keluarga sans serif. Hal serupa berlaku untuk informasi penting seperti kandungan bahan khusus atau peringatan.

Baca Juga: Bingung Vinyl atau Chromo? Yuk, Pilih Bahan Stikermu!

4. Tambahkan Slogan Menarik

Slogan menarik akan membuat calon konsumen lebih tertarik untuk mencoba produkmu. Kamu bisa membuat slogan berdasarkan identitas dan nilai utama produkmu.

Contohnya? Mungkin kalimat seperti, “100% Biji Kopi Kintamani Organik Bermutu!” atau, “Keripik Piscok Renyah, Bikin Ngemil Terus!”

5. Cantumkan Informasi Penting Terkait Produk

Label produk makanan wajib menyantumkan informasi penting demi kepentingan konsumen. Contohnya adalah label halal, kandungan bahan, serta komposisi nutrisi, gula, dan kalori. Kamu juga harus menyantumkan informasi penting seperti kandungan alergen.

Baca Juga: Bingung Sama Simbol di Kemasan Makanan? Ini Lho Artinya!

6. Pastikan Ukuran Label Pas

Ukuran label harus sesuai dengan bentuk dan ukuran kemasan, tidak terlalu besar atau kecil. Label bundar, misalnya, akan memiliki dimensi berbeda dari yang berbentuk persegi atau lonjong. Kamu sebaiknya sudah memiliki contoh kemasan sebelum memilih label yang pas.

Label pada kemasan minimal harus ada dua, masing-masing untuk bagian depan dan belakang. Pastikan semua elemen penting masuk, mulai dari merek dan slogan, nama produsen dan nomor produksi, hingga logo halal dan kandungannya.

Cara Membuat Label Makanan di Canva 

Metode berikut adalah langkah dasar dalam membuat label. Kamu bisa memodifikasinya dengan berbagai pilihan template dan fitur yang tersedia. Pastikan kamu sudah punya akun Canva sebelum mencobanya.

Inilah cara bikin label makanan dengan Canva:

1. Membuat Label Makanan dengan Template

Buat label makanan di Canva dengan template

Canva menawarkan berbagai template atau konsep desain yang bisa langsung kamu gunakan atau modifikasi. Caranya, kamu bisa ke menu Design Spotlight di bagian atas kiri halaman muka, lalu pilih Labels.

Pada halaman Labels, kamu bisa memilih berbagai bentuk contoh stiker label seperti lingkaran, persegi panjang, atau oval. Setiap template label memiliki desain untuk mencetak minimal 10 hingga 12 lembar.

Tidak ingin repot? Cukup ketik “label” pada kotak pencarian dan kamu akan melihat banyak template menarik. Kamu bahkan bisa mendapat banyak template gratisan, lho! Cukup modifikasi desainnya agar lebih sesuai dengan bisnismu.

2. Membuat Label Makanan dengan Dimensi Custom

Buat label makanan di Canva dengan dimensi custom

Jika kamu tahu cara bikin label makanan sendiri dari awal, kamu bisa mendesain dengan dimensi spesifik. Misalnya, jika kamu membuat label merek untuk kemasan box panjang, kamu bisa buat label dengan dimensi ukuran 5 x 10 cm.

3. Membuat Label Makanan dengan Gambar dari Canva

Buat label makanan di Canva dengan gambar desain dari Canva

Canva punya banyak elemen desain seperti logo, stiker, foto, hingga bingkai. Kamu bisa menggunakannya untuk menghias label agar menarik secara visual. Caranya, cukup klik menu Elements di bagian samping desain baru.

Baca Juga: Cobain Stiker Makanan Unik Ini Supaya Makananmu Makin Laris!

4. Membuat Label Makanan dengan Gambar atau Logo Sendiri

Buat label makanan di Canva dengan mengupload gambar sendiri

Bagaimana jika kamu sudah punya gambar atau logo sendiri untuk label? Cukup gunakan template polosan dan tambahkan file kamu sendiri. Klik menu Uploads di samping desain barumu dan mulailah mengunggah file milikmu. Gambar tersebut akan muncul di layar dan ukuran serta posisinya bisa kamu atur sendiri.

5. Menambahkan Teks ke Label Makanan

Buat label makanan di Canva dengan menambahkan teks

Menambahkan teks di Canva sangat mudah. Jika kamu menggunakan template, kamu tinggal mengganti kata-kata di template tersebut dengan logo atau sloganmu sendiri. Kamu juga bisa mengatur ukuran dan posisinya.

Bagaimana jika kamu ingin menambahkan teks sendiri? Buka fitur Text di sebelah kiri halaman file desain. Klik Font yang kamu inginkan dan ganti teks serta ukurannya sesuai kebutuhan.

6. Mengunduh Hasil Desain Label Makanan

Unduh hasil label makanan dari Canva

Setelah selesai membuat desain label, klik tombol Full Screen di sudut kanan bawah untuk melihat labelmu secara keseluruhan. Apabila sudah sesuai, unduk label dengan klik Share, lalu Download

Cara membuat label makanan ringan dengan Canva cukup mudah karena kamu tidak perlu jadi desainer. Tetapi, jika ingin lebih praktis lagi, kamu bisa pesan jasa cetak stiker dan label, misalnya di Paperlicious. Mudah, tidak ribet, dan kamu bisa tentukan sendiri desain yang kamu mau!

Mengetahui cara bikin label makanan dengan Canva sekarang sudah menjadi keahlian dasar untuk pelaku bisnis kecil. Cobalah bereksperimen dengan berbagai ide desain dan langsung cetak sesuai keinginanmu. Agar lebih klop, pesan kemasannya di jasa pembuatan box Paperlicious, dan buat produkmu lebih menarik saat ditaruh di rak!

Related Posts

Write a comment