Jangan Sampai Salah Pilih! Inilah, 3 Jenis Ukuran Paper Bag!

Jangan Sampai Salah Pilih! Inilah, 3 Jenis Ukuran Paper Bag !

Paper bag atau tas berbahan kertas saat ini tidak hanya berfungsi sebagai pengganti kantong plastik yang elegan, tetapi juga telah menjadi bagian branding produk. Jika kamu tertarik menggunakannya, pastikan kamu telah menentukan ukuran paper bag yang sesuai sebelum menggunakannya.

Mungkin kamu bertanya-tanya, seberapa besar paper bag yang sebaiknya digunakan? Bagaimana dengan jenis bahannya? Atau mengenai ketahanannya? Dan apakah ada tempat print paper bag yang dapat melayani dengan cepat? Artikel ini akan menjawab semua pertanyaan tersebut untukmu!

Berapa Sih Ukuran Paper Bag yang Tepat?

Jawabannya tergantung pada kebutuhan dan jenis barang yang akan dimasukkan. Jika barangnya adalah paper bowl maka kamu memerlukan paper bag dengan ukuran yang lebih besar. Namun, jika barangnya adalah kemasan kosmetik, mungkin ukuran sedang atau kecil sudah mencukupi.

Berikut adalah berbagai macam ukuran paper bag dalam satuan centimeter (cm) berdasarkan kegunaannya:

1. Ukuran Paper Bag untuk Makanan

Ukuran paper bag untuk makanan

Saat menentukan ukuran paper bag untuk makanan, yang pertama perlu diperhatikan adalah jenis kemasan makanannya. Misalnya, untuk kemasan makanan seperti nasi kotak, kamu dapat menggunakan ukuran 24x12x28 cm, yang termasuk ukuran paper bag sedang.

Hal penting lainnya adalah material paper bag-nya. Saat membawa makanan hangat seperti nasi dan berbagai lauknya, penting untuk menggunakan bahan yang tepat. Pastikan kamu memilih kertas dengan bahan samson kraft atau ivory agar makanan tetap terbungkus dengan aman.

Baca Juga: Bingung Pilih Karton? Kenali Perbedaan dan Karakteristiknya Dulu!

Selain itu, perlu mempertimbangkan jumlah makanan yang akan dibawa. Jika kamu membutuhkan paper bag untuk hajatan atau acara besar, ukuran besar seperti 30 cm x13 cm x 41.5 cm mungkin lebih sesuai.

2. Ukuran Paper Bag untuk Sepatu

Ukuran paper bag untuk sepatu

Seperti halnya kebutuhan untuk packaging makanan, ukuran paper bag untuk sepatu juga bermacam-macam. Tergantung jenisnya, berikut ukuran yang paling tepat:

A. Sepatu Bayi dan Anak-anak

Untuk sepatu bayi dan anak-anak, kamu tidak perlu menggunakan tas kertas berukuran besar. Karena produknya kecil, ukuran paper bag sekitar 11 cm x 5 cm x 19 cm hingga 18cm x 8 cm x 25 cm lebih cocok digunakan.

B. Sepatu Olahraga dan Formal

Termasuk sepatu kets, sepatu remaja, dan pantofel. Tas berbahan kertas yang diperlukan sebaiknya berukuran sedang, berkisar antara 19 cm x 9 cm x 32 cm hingga 26 cm x 11 cm x 41.5 cm.

C. Sepatu Boot dan Keselamatan

Khusus untuk sepatu boot dan sepatu keselamatan yang biasanya digunakan oleh pekerja tambang, proyek lapangan, atau operator kilang minyak lepas pantai, ukuran paper bag yang paling cocok berkisar antara 30 cm x 13 cm x 41.5 cm hingga 28 cm x 13 cm x 35 cm.

Untuk memberikan kesan yang lebih berkesan, jangan lupa menyertakan hand tag di dekat tali paper bag. Hand tag ini dapat membantu pelanggan mengingat bisnismu setiap kali mereka membutuhkan bantuan lagi.

3. Ukuran Paper Bag untuk Kantong Belanja

Ukuran paper bag untuk kantong belanja

Bagi pemilik distro, toko retail, atau toko kosmetik, paper bag dapat digunakan sebagai kemasan untuk pelanggan yang berbelanja. Tas berbahan dasar kertas ini bisa dicetak dengan desain unik, logo bisnis, atau tagline yang akan membuat pelanggan selalu mengingat toko-mu.

Tas kertas yang tahan lama, didukung oleh desain menarik, bisa mendorong pelanggan untuk menggunakan tas tersebut untuk berbagai keperluan lainnya, membantu strategi branding kamu. Ukuran paper bag yang sesuai dengan produk dari bisnismu dapat dilihat di bawah ini:

A. Produk Perhiasan, Kacamata atau Jam Tangan

Ukuran yang paling kecil cocok untuk produk yang tidak memakan banyak tempat, seperti jam tangan, kacamata, atau perhiasan. Ukuran dapat bervariasi dari 12 cm x 6 cm x 19.5 cm hingga 18 cm x 8 cm x 25 cm.

B. Produk Kosmetik dan Kaos Distro

Satu set produk kosmetik biasanya memerlukan ruang yang cukup besar, begitu juga dengan kaos distro yang perlu disimpan tanpa terlalu dilipat agar kualitasnya tetap terjaga. Oleh karena itu, ukuran tas kertas yang sesuai adalah sekitar 22 cm x 10 cm x 27 cm hingga 25 cm x 11 cm x 30 cm.

C. Produk Retail

Bisnis retail yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari akan menemukan paper bag ukuran sedang sebagai pilihan yang tepat. Ukuran ini cocok untuk menampung produk berukuran sedang seperti buku, majalah, alat tulis, peralatan elektronik kecil, mainan, dan hadiah.

Ukuran paper bag bervariasi, mulai dari ukuran besar sekitar 44 cm x 36 cm x 14 cm, ukuran sedang sekitar 30 cm x 29.5 cm x 13 cm, hingga ukuran kecil sekitar 25 cm x 19 cm x 10 cm.

Bagaimana Cara Mencari Ukuran Paper Bag yang Tepat?

Cara mencari ukuran paper bag yang tepat

Setelah memahami apa itu paper bag dan ukuran yang sesuai berdasarkan kegunaannya, sekarang kamu perlu mengetahui cara mengukur paper bag yang tepat. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa desain, bahan, dan pengerjaan sesuai dengan anggaran yang kamu miliki.

Tas berbahan dasar kertas ini biasanya hadir dalam dua jenis: horizontal dan vertikal. Berikut cara mengukur produk agar kamu tidak akan merugi ketika memutuskan untuk membuat paper bag untuk produk-mu:

1. Tentukan Ukuran Ekonomisnya

Paper bag berbeda dari kemasan lain seperti hampers atau hard box. Kemasan dengan bahan kertas berbentuk lembaran akan mengalami proses pemotongan terlebih dahulu, kemudian dicetak desainnya, dan akhirnya diproses hingga menjadi tas kertas.

Oleh karena itu, pastikan ukuran paper bag tidak terlalu besar, karena potongan yang tidak digunakan akan tetap terhitung dalam biaya produksi, yang dapat membuat biaya produksi meningkat.

2. Ketahui Rasio Ukuran Berdasarkan Bentuk

Ada dua bentuk paper bag, yaitu vertikal dan horizontal. Mengetahui perkiraan rasio ukuran untuk masing-masing bentuk dapat menghemat waktu saat mencari ukuran yang sesuai. Berikut perkiraan ukuran berdasarkan bentuknya:

A. Bentuk Vertikal

Kami merekomendasikan ukuran terbaik untuk bentuk ini adalah 16 cm x 8 cm x 21 cm, 25 cm x 11 cm x32 cm, dan 31 cm x 12 cm x 40 cm.

B. Bentuk Horizontal

Ukuran paper bag terbaik dengan bentuk ini adalah 13 cm x 9 cm x 3 cm, 20 cm x 14,5 cm x 5 cm, dan 45 cm x 34 cm x 8 cm.

3. Cocokkan dengan Ukuran Kemasan

Jika ukuran di atas tidak cocok dengan produk kamu, jadikan saja produk kamu sebagai acuannya. Paper bag yang terlalu besar atau terlalu kecil dibandingkan dengan produk selain menyulitkan pembeli, juga secara estetika tidak menarik. Bahkan, yang lebih buruk, kamu dapat dianggap tidak memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Sangat berbahaya jika pelanggan memiliki pandangan negatif terhadap bisnismu. Ini bisa merusak reputasi bisnismu. Sebaliknya, dengan cermat memilih ukuran paper bag yang sesuai dengan ukuran produkmu, kamu dapat menciptakan kesan bahwa kamu sangat memperhatikan detail. Pelanggan pasti akan menghargai hal ini.

Jadi, apakah kamu sudah memutuskan untuk menggunakan ukuran paper bag sesuai kebutuhan kamu? Jika belum, kamu dapat berkonsultasi langsung dengan ahli di Paperlicious. Tim kami akan membantu kamu memilih ukuran yang tepat dan bahkan dapat membantu dalam proses pembuatannya. Jika kamu juga membutuhkan jasa pembuatan box untuk produkmu, Paperlicious siap membantu!

Related Posts

Write a comment